Dunia Games

Gamer Harus Tahu, Inilah Daftar 5 Publisher Game Paling Nge-Top Se-Indonesia!

Perkembangan game di Indonesia tak akan bisa sesukses sekarang tanpa ada kontribusi dari publisher-publisher game ini!

Dalam sebuah komunitas game, ada begitu banyak pihak yang memiliki peran penting untuk menjaga ekosistem baik itu individu maupun instansi. Salah satunya adalah publisher. Publisher adalah mereka-mereka yang berperan sebagai penyalur, pemasar, atau penerbit dari produk-produk game, entah itu game lokal maupun game luar. 

Menjadi publisher game bukanlah hal yang mudah. Selain harus mempunyai kompetensi dalam mengelola dan memasarkan suatu produk, para publisher juga ditantang untuk selektif dalam memilih game apa yang akan mereka publish. Seperti yang dilakukan oleh lima publisher game paling top di Indonesia ini!

*sebagai catatan, daftar ini tidak mengurutkan dari paling bawah ke paling atas ataupun sebaliknya.

5. Garena Indonesia

Sumber: garena indonesia

Perusahaan yang berbasis di Singapura ini belakangan tengah naik daun namanya di Indonesia. Sempat besar dan berkembang di kawasan Asia Tenggara, Garena membuat gebrakan ketika membeli game Point Blank dari Gemscool. Namanya pun semakin besar setelah memegang lisensi dari salah satu game MOBA mobile populer yaitu Arena of Valor.

4. Lyto

Sumber: lytogame

Kalian semua pasti setuju jika Lyto merupakan salah satu publisher game yang melegenda di Indonesia. Puncak kejayaan Lyto ada di tahun 2000-an ketika mereka sukses dengan game Ragnarok Online. Tak hanya RO saja yang sukses, beberapa game lain yang berada di bawah naungan Lyto pun terbilang berjaya di tanah air seperti Luna Online, Rising Force Online, dan Granado Espada.

3. MainGames

Sumber: maingames

Nama publisher yang satu ini mungkin kurang familiar di telinga kalian. Maklum, MainGames bisa dibilang publisher paling muda dibanding publisher-publisher game lainnya. Mereka hadir sejak tahun 2011 dan benar-benar fokus ke game mobile. Salah satu game andalannya adalah Dress Up Diary dan juga Conquest 3 Kingdoms yang mencapai 1 juta download di Indonesia.

Dua publisher lagi ada di halaman selanjutnya ya!

Baca Juga >> [OPINI] XcN dan Counter-Strike, Awal Mula Bangkitnya eSports Indonesia

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}