Just For Fun

Lima Misteri Tameng Captain America yang Tidak Banyak Diketahui Penggemar Marvel

Siapa sangka kalau tameng yang digunakan oleh Captain America ternyata memiliki beberapa misteri yang jarang diketahui penggemar Marvel, apa saja?

Captain America memang memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa, namun superhero satu ini bukan apa-apa bila tanpa tamengnya. Tameng ini terbuat dari Vibranium, bahan yang diyakini lebih kuat dibanding Adamantium, logam pembentuk tulang dan cakar Wolverine. Saking kuatnya bahkan tameng Captain America nyaris tak dapat dihancurkan. Bahkan hantaman Hulk atau palu Thor, Mjolnir, seperti dalam adegan film pertama The Avengers tidak dapat menghancurkan tameng tersebut.

Tapi tahukah kamu kalau tameng Captain America memiliki banyak misteri sebelum akhirnya menjadi 'gimmick' pada superhero khas Paman Sam tersebut? Penasaran bukan apa saja? Yuk simak sama-sama berikut ini gaes.

5. Tameng Captain America Pertama Tidak Berbentuk Bundar

screenrant.com

Pada awal kemunculan Captain America, tamengnya berbentuk segitiga menyerupai badge dan terbuat dari bahan anti-peluru. Namun muncul kritik dari penerbit lain karena tameng itu bentuknya mirip dengan desain baju tokoh superhero mereka, The Shield yang terbit 14 bulan sebelum Captain America. Akibat kritik tersebut kemudian bentuk tamengnya diubah menjadi lingkaran seperti sekarang, yang terbukti ternyata lebih disukai penggemar Captain America.

4. Diduga Terbuat dari Vibranium Curian

screenrant.com

Banyak teori yang menyebutkan kalau tameng Captain America terbuat dari Vibranium yang dicuri dari Wakanda. Vibranium menjadi logam terkuat di Bumi dan hanya bisa ditemukan di Wakanda. Karena banyak yang mengincarnya, membuat Wakanda menyembunyikan Vibranium dan menjaganya dengan ketat. Sehingga untuk bisa mendapatkannya, terjadilah perdagangan gelap yang melibatkan kreator tameng Captain America, Myron MacLain dengan salah satu oknum yang menjual Vibranium. Namun, teori terbantahkan kalau Vibranium tersebut hasil dari transaksi legal yang dilakukan oleh MacLain langsung dengan T'Chaka, pemimpin Wakanda. T'Chaka memang diketahui pernah menjual logam Vibranium untuk mengembangkan negaranya.

3. Pernah Digunakan untuk Kejahatan

screenrant.com

Siapa sangka kalau Captain America pernah dikisahkan membelot dan bergabung dengan Hydra. Lewat komik Captain America: Steve Rogers Vol. 2: The Trial of Maria Hill yang rilis tahun 2017, dikatakan kalau Steve Rogers melakukan kejahatan dengan tamengnya akibat pengaruh dari Red Skull. Memanfaatkan kekuatan yang dimiliki oleh Kobik, seorang gadis kecil biasa yang tercipta dari serpihan Cosmic Cube. Gadis kecil ini mampu memanipulasi pikiran seseorang, termasuk Captain America. Sehingga Captain America akhirnya pernah menjadi anggota Hydra dan menjadi inspirasi banyak meme saat itu.

Lanjut ke halaman berikutnya yuk.

Baca Juga >> Pensiun, 5 Karakter Ini Bisa Gantikan Nama Captain America dan Nggak Kalah dari Steve Rogers