Dunia Games

Gogeta vs Vegetto, Fusion Mana Sih yang Sebenarnya Lebih Kuat? Ini Jawaban Resminya!

Pertanyaan terbesar penggemar Dragon Ball: "Gogeta vs Vegetto, siapa yang lebih kuat?". Mari intip fakta Fusion Dance dan Potara dari sumber resminya!

"Gogeta vs Vegetto, siapa yang lebih kuat?" Sebagai penggemar Dragon Ball, mungkin kamu sering menanyakan ini. Mana sosok yang lebih kuat, kombinasi Goku dan Vegeta melalui Fusion Dance atau anting Potara? Dengan hadirnya Vegetto di Dragon Ball Super dan Gogeta di film terbarunya, jelas pertanyaan ini kembali berkecamuk.

Nah berkat penjelasan dari seorang warganet pengguna situs Twitter.com bernama Herms98 yang telah mengumpulkan beragam sumber resmi, kita pun bisa mempelajari kekuatan Gogeta maupun Vegetto dengan lebih seksama!

Kekuatan Fusion Potara Menurut Akira Toriyama

Maksud 'menurut Akira Toriyama' di sini adalah semua yang tertulis dalam manga Dragon Ball Z -- yang memang dia karang sendiri, tidak seperti anime atau sumber lain yang dia hanya sekadar bertugas menjadi pengawas naskah/cerita saja.

Saat memberikan Potara pada Goku, Old Kai mengatakan kalau Potara "efeknya melampaui Fusion [Dance]" (効果はフュージョン以上, kouka wa Fusion ijou); meskipun tanpa penjelasan lebih lanjut. Barulah setelahnya terungkap bahwa pemakai anting Potara tidak bisa melepaskan diri satu sama lain kecuali terjadi hal-hal tertentu.

Entah apakah itu arti 'melampaui' yang dibilang Old Kai, tapi yang jelas Kibito Kai (Fusion Shin dan Kibito) saja sampai terkejut mendengarnya.

Ada pula sedikit argumen atau informasi tambahan mengenai kedua teknik kombinasi ini:

  • Fusion Dance membutuhkan kekuatan seimbang antara kedua orang gabungan, sementara Fusion Potara tidak memerlukannya; walaupun saat Fusion sudah terjadi, sepertinya tidak perlu lagi menahan kekuatan.
  • Khusus di manga-nya sendiri tidak pernah disebutkan bahwa Fusion Dance dapat menyatukan kekuatan/pikiran lebih baik dari memakai Potara.
  • Sejauh ini berdasarkan kemampuan Gotenks, diceritakan bahwa efek Fusion Dance hanya bertahan selama 30 menit maksimal dan bisa menurun tergantung seberapa banyak luka yang dia terima.

Perbandingan Fusion Dance dan Potara

Setelah bahan-bahan dari manga klasiknya habis, kita coba mengambil kesimpulan dari sejumlah material tambahan -- entah itu buku panduan, merchandise, atau bahkan anime Dragon Ball Super dan GT.

Apakah Fusion Potara alias Vegetto yang Lebih Kuat...?

Berdasarkan buku panduan Daizenshuu 7 terbitan 1996, tertulis jelas bahwa Fusion Potara "lebih hebat" dari Fusion Dance -- alias Vegetto lebih hebat dari Gogeta.

"Aksesoris telinga yang dikenakan para Kaioshin dan asistennya selama beberapa generasi. Meski dipakai begitu saja, mereka sebenarnya benda penambah kekuatan yang hebat! Old Kai memberikannya pada Goku untuk mengalahkan Majin Buu.

Karakteristik Spesial: Untuk memakainya dua orang yang ingin bergabung cukup mengambil masing-masing anting dan dipasang ke telinga kanan dan kiri satu sama lain. Terlebih lagi, setelah bergabung kekuatannya lebih hebat dari Fusion [Dance]!
Namun kedua orang itu akan langsung menyatu begitu memasang antingnya, dan secara teori mereka tidak bisa terpisah lagi, jadi pemakaiannya harus penuh hati-hati. Orang yang bergabung baru bisa terpisah saat menyentuh udara di dalam tubuh Majin Buu.
Ditambah, jika lewat Fusion [Dance] bajunya akan memakai pakaian tradisional bangsa Planet Metamor, maka gabungan Potara akan menyatukan pakaian penggunanya, tidak hanya tubuh mereka. Secara menyedihkan, Kaioshin Timur dan asistennya menyatu tanpa mengetahui apapun soal anting Potara."

Akira Toriyama/Toyotaro/Shueisha/Toei Animation

Lalu argumen yang mirip juga muncul di serial Dragon Ball Super. Di Episode 114 (2017), ketika Kale dan Caulifla bergabung menjadi Kefla memakai Potara, Vados mengatakan kekuatan mereka meningkat hingga 'puluhan kali lipat' (数十倍, suujyuu bai). Jelas di saat yang sama hal itu berlaku juga untuk Vegetto...

Lalu bagaimana dengan argumen kekuatan Gogeta? Lanjut ke halaman dua!

Baca Juga >> Nama 7 Karakter Dragon Ball yang Diduga Lebih Kuat dari Goku, Benarkah?

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}