Dunia Games

Kota Para Penjahat, Inilah 7 Fakta Menarik Kota Gotham yang Jarang Diketahui Penggemar Batman

Bukan hanya disebut sebagai kota penjahat, kota Gotham dalam komik Batman juga memiliki beberapa fakta menarik yang jarang diketahui

Jika kalian mengikuti kisah Batman tentu tidak asing lagi dengan sebuah kota bernama Gotham. Kota ini merupakan kota kelahiran Bruce Wayne yang akhirnya menjadi Batman. Tidak hanya itu, Gotham juga merupakan kota fiksi yang ada digambarkan sangat buruk karena berisikan berbagai macam penjahat yang siap menyusahkan warganya. Uniknya, dalam komik DC kota Gotham ternyata dikisahkan berada di negara bagian New Jersey.

Selain beberapa fakta yang sudah disebutkan ternyata kota Gotham masih memiliki fakta menarik yang jarang diketahui penggemar Batman. Apa saja fakta menarik dari kota penuh penjahat ini? Yuk simak sama-sama berikut di bawah ini.

7. Batman Bukan Superhero Pertama di Gotham

cbr.com

Sebelum kota Gotham melekat dengan Batman, ternyata ada sosok superhero sebelumnya yang sudah lebih dulu muncul pada kota tersebut. Pada masa keemasan DC Comics, Green Lantern alias Alan Scott pernah dikisahkan bermukim di kota Gotham dan berjuan membasmi berbagai tindak kejahatan. Green Lantern mendapatkan bantuan dari Dinah Drake, superhero Black Canary yang pertama. Tak lama kemudian, Dinah Lance, seorang warga asli kota Gotham melanjutkan tugas Black Canary. Dengan membentuk sebuah grup superhero bernama Justice Society of America abad ke-20. Sayangnya mereka semua dikisahkan gagal memberantas kejahatan di kota Gotham.

6. Kota Gotham Awalnya Dibangun Oleh Empat Keluarga

cbr.com

Sebelum kota Gotham berdiri semegah seperti sekarang, kota tersebut ternyata pada awalnya didirikan oleh prajurit bayaran yang berasal dari Norwegia dan direbut oleh orang Inggris. Di masa revolusi Amerika, kota Gotham menjadi tempat terjadinya perang besar. Seusai perang tersebut, kota ini menjadi hancur berkeping-keping. Hingga akhirnya muncul empat keluarga; di antaranya keluarga Crowne, keluarga Wayne, keluarga Kane, dan Keluarga Cobblepot yang sangat berjasa dalam membangun kembali kota Gotham.

5. Kata Gotham Berasa dari Buku Telepon

cbr.com

Siapa yang sangka kalau ternyata kata Gotham ternyata berasal dari sebuah buku telpon. Penulis komik Batman, Bill Finger saat itu telah menyiapkan beberapa nama untuk jadikan nama kota fiksi buatannya. Namun ketika ia sedang membuka buku teleponnya, ia menemukan kontak 'Gotham Jewelers' disana. Merasa pas dengan kata itu, ia menjadikan ‘Gotham’ sebagai nama kota kelahiran Batman. Kata 'Gotham' sendiri memiliki arti kota kambing. Dalam Detective Comics #880, Joker membuatnya sebagai lelucon. Joker mengatakan bahwa Kota Gotham adalah Surga bagi para kambing.

Lanjut ke halaman berikutnya yuk.

Baca Juga >> Tujuh Fakta Menarik Batcave, Markas Rahasia Batman yang Tidak Kalah dengan Markas Avengers