Dunia Games

Ragnarok Eternal Love Pay-To-Win? Ini 4 Alasan Kenapa Pemain Gratisan Susah Bersaing dengan yang Bayar

Walau sempat mengisi kehampaan MMORPG mobile, Ragnarok Eternal Love kini terasa pay-to-win alias menguntungkan pemain berbayar saja!

Sejak zaman nenek moyang kita menginjakkan kaki di dunia maya, para gamer gratisan kerap kesulitan saat berusaha mengejar pemain berbayar di sebuah MMORPG. Tampaknya hal ini juga berlaku di Ragnarok Eternal Love.

Ya, bisa dibilang Ragnarok Eternal Love merupakan MMORPG yang benar-benar pay-to-win alias jadi-gampang-kalau-keluar-uang! Mungkin pemain yang 'berhemat' bisa menjadi sekuat mereka, tetapi memerlukan waktu yang jauh lebih lama. Dan rasanya kita bisa melihat kalau empat hal berikut ini merupakan alasannya:

4. Equipment Endgame Kebanyakan dari Gacha

Ya, benar. Equipment yang bisa dibuat di Ragnarok Eternal Love sangat terbatas. Celakanya, banyak equipment rias (alias kosmetik; bagian wajah, sayap, ekor, mulut, dan kepala) hanya bisa didapatkan dari gacha berbayar. Pihak pengembang tidak memberikan jalan lain untuk mendapatkan equipment tersebut, jalan satu-satunya adalah melakukan gacha.

Lebih parahnya lagi, chance rate dari gacha yang disediakan MMORPG mobile ini juga sangat, amat kecil. Pernah diberitakan, ada seorang yang sudah menghabiskan hampir Rp4.500.000 untuk mendapatkan barang incarannya-- tapi hingga kini tetap tidak kunjung meraih impiannya. Barang yang ia cari adalah Canon Champagne yang sangat cocok digunakan untuk Job tipe Critical.

3. Fitur Unlock dan Deposite yang 'Keterlaluan'

Masih ada sangkut pautnya dengan yang pertama, gacha equipment yang bejibun tersebut jika kalian dapatkan akan meningkatkan status permanen bagi pemainnya. Keterbatasan free player untuk melakukan gacha inilah yang menjadi dinding pembatas yang kuat.

Lebih parahnya, setiap bulan ada dua mesin gacha baru yang tersedia. Itu belum termasuk jika ada event eksklusif lengkap dengan equipment berbayar yang juga meningkatkan status permanen bagi pemainnya.

Jika diperhatikan, dalam sebulan dua mesin gacha yang tersedia itu memiliki kesempatan untuk menghadirkan headgear dan kostum langka. Jika kalian mendapatkan headgear dan melakukan Deposite maka kamu akan mendapatkan ATK dan MATK 1 persen; sementara jika mendapatkan kostum secara otomatis mendapatkan ATK dan MATK 1 persen.

Maka dalam sebulan, pemain akan ketinggalan status ATK dan MATK sebesar 2 persen!

Hal ini pun sudah terbukti karena penulis mendapatkan equipment tersebut. Pada status ATK total 2.500-an, karakter penulis akan mendapatkan ATK tambahan 25 ketika melakukan Deposite 1 persen ATK dari equipment gacha. Nah, bisa kamu bayangkan jika game ini berlangsung selama 2 tahun? Seberapa besar dinding pembatas antara free player dan paid player akan terus berkembang?

Lanjut ke halaman dua.

Baca Juga >> Tujuh Alasan Ragnarok Eternal Love Mulai Ditinggalkan Para Pemainnya, Apa Kamu Juga?