Dunia Games

Hasil Gotong-Royong, 7 Game Keren Ini Ternyata Tercipta Berkat Penggalangan Dana

Siapa sangka kalau beberapa game keren ini ternyata dikembangkan dari hasil penggalangan dana, loh. Yuk cek di sini.

Kini telah muncul trend baru dalam proses pembuatan suatu game -- crowdfunding atau penggalangan dana. Apabila sebelumnya game hanya dibuat oleh studio yang disponsori oleh publisher terkenal, sekarang game pun juga dapat dibuat oleh studio independen.

Proses pembuatan video game oleh studio independen atau indie ini cukup unik; biasanya mereka mengumpulkan dana melalui situs seperti Kickstarter.com atau Indiegogo.com.

Nah di pembahasan ini penulis akan membicarakan beberapa judul game yang sukses dibuat dengan cara crowdfunding. Tidak hanya judul game luar saja, tapi juga ada beberapa game dalam negeri, loh!

7. Mighty No.9 - Concept USA

gamerevolution.com

Tahun 2013 lalu, salah satu pencipta serial Mega Man Keiji Inafune mengumumkan bahwa ia tengah mengerjakan game penerusnya: Mighty No. 9. Sontak para penggemar langsung mendukungnya.

Dalam game ini kamu berperan sebagai android bernama Beck yang harus mengalahkan pasukan robot jahat. Lewat penggalangan dana, Mighty No.9 berhasil memperoleh dana sebesar US$3.845.170 atau sekitar Rp53.332.507.900.

6. Pillars of Eternity - Obsidian Entertainment

gamerevolution.com

Pillars of Eternity dianggap sebagai penerus dari game RPG klasik seperti Baldur’s Gate dan Icewind Dale yang dikembangkan pada tahun 2012. Dalam game ini kamu hanya ditugaskan untuk memecahkan fenomena misterius Hollowborn yang membuat penderitanya tidak memiliki jiwa.

Tidak hanya memiliki kualitas grafis yang mantap, game ini juga sangat mengedepankan taktik dan strategi sehingga cukup menantang untuk dimainkan. Pillars of Eternity berhasil mengumpulkan dana lewat Kickstarter sebesar US$3.986.929 atau sekitar Rp55.298.705.230.

5. Shenmue III - Ys Net

gamerevolution.com

Proyek Shenmue III bisa dibilang sebagai game crowdfunding dengan dana terbesar. Game ini pertama kali diumumkan pada festival E3 2015 kemarin oleh sang kreator Yu Suzuki. Sejak pertama kali diumumkan, penggalangan Shenmue III berhasil mengumpulkan sebesar USD6.333.295 atau sekitar Rp87.842.801.650.

Shenmue III nantinya akan melanjutkan cerita dari game Shenmue II, masih meneruskan petualangan sang karakter utama Ryo Hazuki untuk mencari pembunuh ayahnya.

Lanjut ke halaman dua yuk.

Baca Juga >> Catat Gan, 7 Game Menggunakan Tema Bencana Maha Dahsyat Ini Segera Meluncur Tahun 2019

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}