Dunia Games

Tumbangkan Goku dan Vegeta, Seberapa Besar Kekuatan Broly Sebenarnya?

Sudah nonton film Dragon Ball Super: Broly? Penasaran seberapa kuat Broly -- dan Gogeta -- sebenarnya? Yuk coba kita jawab bersama-sama!

Kamu sudah menyaksikan film Dragon Ball Super: Broly di bioskop? Seru banget kan, bagaimana Broly seorang bisa menghadapi Goku, Vegeta, dan juga Frieza sampai dua Saiya itu harus bergabung jadi Gogeta? Tapi mungkin hal itu membuatmu bertanya-tanya: seberapa kuat Broly sebenarnya?

Apalagi kalau kamu perhatikan saat masih kecil power level Broly selalu naik-turun, tercatat paling rendahnya adalah 920 dan paling tinggi 10.000; luar biasa tinggi bahkan dari standar keturunan keluarga kerajaan sampai-sampai membuat Raja Vegeta takut.

Sebagai perbandingan, menurut buku panduan Daizenshuu Edisi 7 Goku di usia 5 tahun saja hanya memiliki power level sebesar 10 -- dan 100 saat berubah menjadi Ozaru!

Nah maka dari itu setelah menyaksikan kebrutalan Broly tanpa henti, mari kita telusuri sebenarnya seberapa kuat sang sosok Super Saiya Legendaris yang hanya muncul 1.000 tahun sekali itu.

5. Broly Ozaru = Gohan Ozaru

Akira Toriyama/Toyotaro/Shueisha/Toei Animation

Ketika seorang Saiya berubah menjadi Ozaru maka mereka akan mendapatkan peningkatan kekuatan 10 kali lipat meski harus kehilangan akal. Maka power level Broly di wujud ini setidaknya mencapai angka 100.000.

Kekuatan ini setara dengan kekuatan Gohan di usia 5 tahun. Menurut informasi dari film Dragon Ball Z: Super Battle in the World/Tree of Might dan game Dragon Ball Z: Kyoushuu! Saiya, Gohan juga sudah memiliki power level sebesar 10.000 dan sempat berubah menjadi Ozaru.

Karena ekornya dipotong dan tidak bisa lagi berubah ke Ozaru, maka dibahas paling awal.

4. Broly Wujud Biasa = Goku Super Saiya 3

Akira Toriyama/Toyotaro/Shueisha/Toei Animation

Bisa diperkirakan setidaknya wujud biasa Broly -- tanpa perubahan sedikit pun -- mempunyai kekuatan setara dengan Goku di wujud Super Saiya 3. Kenapa? Karena Broly sukses memaksa Vegeta berubah dari Super Saiya ke wujud Super Saiya God agar dia bisa menaklukkan Broly dengan mudah. Sementara Super Saiya 3 adalah transformasi Super Saiya biasa yang paling kuat sehingga bisa jadi patokan paling mudah.

Sosok dewasa Broly sudah lebih unggul dari Super Saiya tapi masih belum bisa menyentuh Super Saiya God. Perihal perhitungan power level:

  • Pendeteksi kekuatan milik Babidi di Saga Buu menyebutkan kalau Goku memiliki 3.000 kili;
  • Menurut majalah V-Jump Edisi 2004, 1 kili = 50.000 BP (power level biasa);
  • Maka di Saga Buu, Goku mempunyai power level sebesar 150.000.000 -- perlu diingat ini adalah informasi terakhir jumlah power level Goku paling jelas;
  • Dikalikan 400 dari transformasi Super Saiya 3 = 6.000.000.000 BP;
  • Sekurang-kurangnya itulah batas kekuatan Broly di wujud biasa.

3. Mengamuk = Goku Super Saiya Blue

Akira Toriyama/Toyotaro/Shueisha/Toei Animation

Hal ini terbukti dari pertempurannya melawan Goku dalam wujud Super Saiya God; meski sempat menghentikan gerakannya dengan aura ki merah, Broly melawan balik dan sempat membungkus tubuh Goku dengan ki hijau miliknya. Setelah itu bahkan Goku dibanting-banting sampai tidak berdaya.

Goku yang sempat lunglai (dan dikomentari Piccolo) kemudian terpaksa berubah menjadi Super Saiya Blue agar bisa mengimbangi kekuatannya. Berapa besar kekuatan Broly di sini?

  • Super Saiya Blue dibilang mempunyai kekuatan 50 kali lipat lebih besar dari Super Saiya God, yang 200 kali lipat lebih kuat dari Super Saiya 3, maka:
  • Goku x Super Saiya 3 x Super Saiya God x Super Saiya Blue = 150.000.000 x 400 x 200 x 50;
  • Maka power level Broly saat mengamuk, sekurang-kurangnya adalah: 600.000.000.000.000 BP.

Lalu, seberapa besar batas kekuatan Broly dalam wujud Super Saiya Legendaris? Lanjut ke halaman dua.

Baca Juga >> Tersibak! Inilah 7 Perbedaan Broly Zaman Dulu dengan Versi Film Dragon Ball Super: Broly

Halaman : 1 2

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}