Dunia Games

Haki, Kekuatan Misterius Bajak Laut One Piece untuk Mengalahkan Musuh-Musuhnya!

Apa itu Haki, dan bagaimana cara kerja serta kemampuan dari kekuatan misterius ini? Mari simak pembahasan DuniaGames!

Sumber: Pinterest.com

 

Haki merupakan kekuatan misterius yang dimiliki dalam tubuh semua makhluk hidup di dunia One Piece, namun hampir semua orang tidak menyadari kalau mereka memiliki atau gagal membangkitkan Haki mereka.

Istilah "Haki" bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia memiliki artian sejenis "ambisi", "kemauan", "dorongan", "semangat", "aspirasi" dan istilah lain yang menggambarkan kekuatan dari dalam diri. Selain itu, Haki merupakan nama salah satu Raja Laut Skandinavia (istilah untuk bajak laut terkuat) di mitologi Nordik.

Kekuatan jiwa ini sendiri terbagi menjadi 3: Kenbunshoku Haki, memberikan indera keenam untuk mendeteksi semua hal di sekitarnya; Busoshoku Haki, yang membuat tubuh dan pukulan menjadi lebih keras dari baja; serta tipe terakhir Haoshoku Haki, mampu "menundukkan" jiwa orang lain yang lebih lemah.

Biasanya, setiap orang memiliki kelebihan pada jenis Haki tertentu, namun penguasaan tipe lain juga bisa dilatih.

 

Jenis-Jenis Haki di One Piece

1. Kenbunshoku Haki

 

Kenbunshoku Haki merupakan jenis yang membuat penggunanya mampu mendeteksi enerji spiritual atau keberadaan makhluk lain meski mereka tersembunyi atau tidak terlihat. Saat digunakan, penggunanya akan bisa melihat orang lain sebagai sebuah aura berbentuk siluet. Enerji spiritual orang lain seperti emosi dan sifat dalam diri mereka juga bisa dibaca.

Selain itu, pengguna Kenbunshoku Haki mampu memprediksi dan menghindari gerakan lawan dengan lebih mudah (seperti Sharingan di Naruto). Semakin buas serangannya, maka akan semakin mudah diprediksi. Akan tetapi ada cara untuk membuat pengguna Haki kesulitan membaca serangan, salah satunya dengan menyerang acak seperti saat Luffy memantulkan tinju karetnya ketika melawan Enel. Kemampuan menghindar juga masih terbatas pada kecepatan pengguna bergerak.

Haki ini juga dikenal sebagai "Mantra" oleh penduduk Skypiea.

 

Baca Juga:

>> 10 Anggota Marinir Terhebat dan Terkuat di One Piece

 

2. Busoshoku Haki

Sumber: Eiichiro Oda/Shueisha

 

Kemudian ini jenis yang paling sering dipakai dalam cerita One Piece. Busoshoku Haki mampu memberikan pelindung tidak terlihat di sekitar tubuh mereka. Jika penggunaannya lebih terkonsentrasi, maka aura hitam akan menyelimuti bagian tubuh mereka.

Pelindung ini juga bisa dipakai untuk mengeraskan tinju penggunanya dan memberikan kekuatan tambahan saat bertempur -- atau bahkan disalurkan ke senjata yang mereka gunakan, seperti yang dilakukan oleh Vergo dan Zoro. Ahli pedang umumnya melakukan hal tersebut untuk menjaga pedang mereka agar tidak mudah rusak.

Melalui Haki ini, seseorang juga bisa menembus pertahanan atau perubahan tubuh yang dimiliki pemakan Buah Iblis Logia dan Paramecia. Kizaru yang bisa mengubah tubuhnya menjadi cahaya mampu ditepis oleh Silvers Rayleigh, misalnya. Namun berbeda dengan Seastone, kemampuan Buah Iblis masih tetap aktif dan dipakai oleh lawan untuk bertarung.

Namun kemampuan ini tidak cocok dipakai melawan orang lain yang juga memiliki Busoshoku Haki, apalagi jika mereka lebih kuat, karena Haki yang lebih lemah akan ditembus oleh yang lebih kuat. Penggunaan yang lama dan terus menerus juga akan mengurangi efektifitas dan jangka waktu pemakaiannya.

 

3. Haoshoku Haki

Sumber: Eiichiro Oda/Shueisha/Toei Animation

 

Terakhir adalah Haoshoku Haki. Ini merupakan Haki paling langka dan tidak bisa didapatkan dari latihan. Hanya satu dari sejuta orang yang mempunyai kemungkinan memiliki kekuatan ini dan dikatakan orang tersebut memiliki kualitas yang cocok untuk menjadi Raja.

Memberikan kemampuan untuk mendominasi "jiwa" orang lain, biasanya Haki ini dipakai untuk membuat pingsan orang-orang biasa atau bajak laut lemah. Pengguna yang lebih ahli bahkan bisa memilih orang tertentu untuk dibuat pingsan dalam suatu kerumunan besar. Tentunya, efek ini tidak akan berpengaruh pada orang-orang dengan jiwa yang kuat.

Selain itu, kemampuan ini bisa dipakai untuk menjinakkan hewan buas.

 

Baca Juga:

>> Gorosei, 5 Tetua "Penjaga Kedamaian" Dunia One Piece

 

Pengguna Haki di One Piece

Selain Yonko and anggota bajak lautnya, Shichibukai, Worst Generation, dan bajak laut tangguh lainnya, terdapat beberapa orang lain di One Piece yang bisa menggunakan Haki. Di antaranya adalah semua anggota Marinir di atas pangkat Wakil Laksamana dan sebagian penduduk Skypiea yang bisa menggunakan Mantra.

 

FANPAGE: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

 

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}