Dunia Games

3 Alasan Itachi Selalu Menjadi Karakter Nomor Satu di Naruto!

Kali ini DuniaGames berusaha mengoprek apa alasan dibalik kepopuleran Itachi Uchiha!

Sumber: Duniaku.net

 

Penggemar berat Naruto pastinya sadar kalau Itachi Uchiha, kakak Sasuke, merupakan karakter yang paling disukai oleh banyak penggemar anime bertema ninja ini. Kira-kira kenapa, ya?

Nah, selain karena menyandang nama Uchiha serta kemampuan dojutsu Sharingan, Itachi sebenarnya adalah salah satu tokoh anime yang selalu bertindak tanpa pamrih. Dia kerap kali mementingkan kebutuhan Desa Konoha serta adiknya dalam setiap tindakannya -- meski hal tersebut membuat Itachi jadi terbuang dari desa kesayangannya tersebut.

Oleh karena itu, mari bersama-sama kita tilik kisah di balik pengorbanannya tersebut dan yang juga menjadi pengaruh mengapa orang-orang sangat menyukai karakter Itachi Uchiha!

 

1. Mementingkan Kepentingan Orang Banyak dan Selalu Berpikir Panjang

Sumber: Pinterest.com

 

Pertama-tama, kita harus membahas konflik yang terjadi antara Klan Senju dan Uchiha sebelum berdirinya Konoha. Kedua Klan tersebut selalu bersiteru sampai akhirnya Hashirama Senju dan Madara Uchiha berhasil menghentikan perang beberapa generasi ini dan mendirikan Desa Konoha bersama-sama dengan tujuan memulai era perdamaian yang baru.

Akan tetapi Madara merasa Klan Uchiha tidak memiliki tempat di Konoha. Meski Hashirama ingin Madara menjadi Hokage, penduduk desa memilih Hashirama. Kecurigaan ini terus menurun selama beberapa generasi bahkan setelah kematian Madara, membuat Klan Uchiha selalu menjadi penduduk kelas dua dan tidak pernah mendapatkan posisi tinggi di pemerintahan Desa Konoha.

Hal tersebut pun membuat mereka semakin membenci kondisi desa dan pada satu titik para Uchiha memutuskan untuk memberontak secara diam-diam; dipimpin oleh ayah Sasuke, Fugaku Uchiha.

 

 

Hokage Ketiga Hiruzen Sarutobi dan para tetua Konoha termasuk Danzo mengetahui rencana Uchiha dan memutuskan untuk menghancurkan Klan tersebut, takut jika rencana mereka berhasil maka akan terjadi perang tanpa henti seperti dulu lagi.

Namun mereka tidak bisa menggunakan sembarang ninja untuk melaksanakan tugas ini. Karena bila diketahui bahwa komplotan Senju berusaha menghabisi Uchiha, para Uchiha akan mendapatkan alasan untuk memulai perang dan memakan korban jiwa dalam jumlah besar termasuk penduduk tidak bersalah.

Maka dari itu Hokage Ketiga pun memutuskan untuk menugaskan sesama Uchiha untuk membantai Klannya sendiri – tidak lain dan tidak bukan adalah Itachi Uchiha.

 

Sumber: Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Itachi, bersama temannya Shisui Uchiha, dari awal sudah tidak setuju akan rencana ini dengan alasan sama yang ditakutkan oleh Hokage Ketiga. Memilih untuk melindungi seluruh penduduk desa yang dia cintai dari konflik berdarah yang tidak diperlukan dan hanya didorong oleh ego para petinggi Klan Uchiha, Itachi pun harus membantai seluruh anggota keluarganya sendiri dengan darah dingin.

Dengan rela dia membiarkan dirinya dicap sebagai penjahat dan dibuang oleh orang-orang yang tidak mengerti kondisi sebenarnya serta membuat hati adiknya dipenuhi rasa dendam. Semua demi kedamaian bersama.

 

Baca Juga:

>> Inilah 3 Alasan Kenapa Sasuke Memilih Tangannya Tetap Buntung!

 

2. Ninja Jenius yang Sangat Kuat

Sumber: Youtube.com

 

Tentunya Hokage Ketiga dan para tetua Konoha tidak hanya memilih Itachi karena dia seorang Uchiha, tapi juga karena mereka tahu hanya dia lah yang bisa menuntaskan tugas berat tersebut.

Itachi adalah ninja yang teladan. Saat masih di Akademi dia selalu bisa mendapat nilai yang sangat bagus, dengan nilai-nilai tertinggi di Akademi Ninja hanya di belakang Minato Namikaze. Dia juga mampu belajar beragam teknik ninja secara otodidak, bahkan ninjutsu level tinggi kelas Jonin.

Tidak hanya mengasah kemampuannya, Itachi juga senang belajar sejarah. Dari situ dia mempelajari masa lalu Klan Uchiha dan mulai mengkhawatirkan masa depan perdamaian di Desa Konoha.

Pada usia 7 tahun, Itachi lulus dari Akademi dengan nilai tertinggi di kelasnya. Kemudian pada 10 tahun, dia berhasil lulus Ujian Chuunin dan menjadi anggota Anbu setahun berikutnya. Jabatannya pun dinaikkan menjadi kapten Anbu di usia 13 tahun. Keberhasilan akademis dan karir tersebut menjadi kebanggaan terbesar keluarganya.

 

Sumber: Artstation.com

 

Setelah kematian teman dekatnya, Shisui Uchiha, Itachi berhasil membangkitkan Mangekyo Sharingan yang memberikannya genjutsu Tsukuyomi serta api hitam yang tak bisa padam Amaterasu. Selain itu dia juga memiliki Susanoo yang dilengkapi Pedang Totsuka, yang dapat menyegel semua orang dengan jika tertusuk; dan Cermin Yata, tameng yang dapat membalikkan semua serangan. Keduanya membuat Susanoo Itachi terbilang tidak terkalahkan.

Berkat semua teknik dan keahlian tersebut semua orang menganggap Itachi adalah salah satu ninja terhebat di dunia. Orochimaru, anggota Sannin, mengaku Itachi jauh lebih kuat dari dirinya. Obito mengklaim Itachi masih dapat menghabisi Sasuke dengan mudah jika dia mau meski sedang sakit parah. Dan Shisui, yang disebut-sebut sebagai Uchiha terkuat di masanya, mengatakan kalau Itachi suatu saat akan melampauinya dan menjadi orang yang melindungi nama Uchiha

Kekuatannya tidak hanya dari even kemampuan ninjutsu dan bertarungnya saja, tetapi juga "hatinya". Menyadari konsekuensi jika memilih untuk tidak ataupun menghabisi nyawa kedua orang tuanya sendiri, Itachi mampu melakukannya meski tangannya gemetar dan hatinya dipenuhi rasa sakit yang luar biasa.

 

Baca Juga:

>> 7 Ragam Senjata Jarak Jauh Favorit Para Ninja Naruto Shippuden

 

3. Sangat Menyayangi Keluarga dan Adiknya

Sumber: Unlimitedninja.help

 

Dan yang paling utama, meski memang fakta di lapangan adalah Itachi menghabisi semua anggota Klan Uchiha, sampai akhir hayatnya dia sangat sayang dengan keluarganya. Begitu pula sebaliknya, walaupun dia membelot terhadap Klan Uchiha sendiri, kedua orang tuanya tidak memendam prasangka buruk dan sangat bangga terhadap anak sulungnya tersebut karena mampu melaksanakan tugas sesulit ini. Sebelum tewas, mereka pun meminta Itachi untuk menjaga Sasuke.

Hal tersebut sebenarnya sudah dia lakukan saat memilih untuk menghabisi Klan Uchiha. Pada satu titik, Danzo merasa kelakuan Uchiha sudah berada di ambang batas dan tidak ada cara lain untuk menghentikan pemberontakan Klan Uchiha. Dia pun memberikan dua pilihan pada Itachi: mendukung pemberontakan dan membiarkan seluruh anggota Klan dibantai termasuk Sasuke, atau menghabisi mereka semua sebelum rencana bisa berjalan dan Sasuke boleh dibiarkan hidup. Jelas bukan dia memilih yang mana?

 

Sumber: Pinterest.com

 

Kemudian setelah tugasnya selesai, Itachi dengan sengaja mengisi hati dan pikiran Sasuke dengan kebencian dan pembalasan dendam agar suatu saat Sasuke dapat menguasai Mangekyo Sharingan. Selain itu saat dirinya dihabisi oleh Sasuke, Itachi akan memberikan mata Sharingan-nya dan memberikan Mangekyo Sharingan Abadi; serta dengan membunuh Itachi, Sasuke akan bisa membersihkan nama Klannya dan dianggap sebagai pahlawan Konoha. Dia juga mengancam Danzo karena tidak bisa dipercaya, mengatakan akan membocorkan hal ini ke Desa-Desa Ninja lain jika dia berani menyentuh Sasuke.

Bahkan demi memastikan semua rencana itu bisa berjalan mulus, saat terkena penyakit fatal Itachi berusaha terus bertahan hidup dengan obat seadanya dan semangat hidupnya saja.

 

 

Saya rasa itulah alasan-alasan mengapa Itachi Uchiha selalu menjadi karakter paling favorit di kalangan penggemar Naruto. Bagaimana denganmu sendiri, DG Friends, apakah kamu setuju atau punya alasan lain (mungkin cuma karena dia ganteng)? Mari kita diskusikan bersama di kolom komentar ya!

 

FANPAGE: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

 

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}