Dunia Games

Selain Sword Art Online, Inilah 6 Judul Anime Game Online Terbaik!

Kalau kamu suka Sword Art Online, kamu pasti bakal suka 6 anime game online berikut ini!

 

Selain Sword Art Online, sebenarnya masih ada berbagai anime dengan tema game MMO (Massive Multiplayer Online), yang pastinya bakal kita bahas di kesempatan kali ini!

Tapi untuk pembahasan ini, saya sengaja menyeleksi daftar anime game online dengan "agak ketat" dan hanya memasukkan anime yang benar-benar memakai suatu game online sebagai poin utama cerita -- jadi anime seperti Grimgar yang lebih berat ke unsur fantasi namun memiliki job-job mirip sebuah game dan No Game No Life yang memakai unsur game secara umum -- sengaja tidak dipilih.

 

6. Phantasy Star Online 2 The Animation

Sumber: SEGA

 

Serial anime satu ini merupakan adaptasi dari game online Phantasy Star Online 2 buatan SEGA, yang mungkin kurang akrab di telinga gamer Indonesia tapi cukup populer di Jepang.

Anime-nya menceritakan murid Seiga (haha) Academy bernama Itsuki Tachibana yang ahli di segala mata pelajaran dan selalu bisa menggantikan teman-temannya yang tidak bisa hadir dalam kegiatan ekstrakulikuler. Tapi oleh ketua OSIS Rina Izumi dia dipaksa menjadi wakil ketua dan mempelajari apakah bermain game Phantasy Star Online 2 dapat mempengaruhi performa belajar seorang siswa sekolah!

Plot yang aneh memang, tapi lumayan unik.

 

5. Netoge no Yome wa Onnanoko ja Nai to Omotta

Sumber: Imgur.com

 

Sang karakter utama, Hideki "Rusian" Nishimura, pernah jatuh cinta kepada pemain hode (cowok yang memakai karakter cewek) dan sejak saat itu dia tidak mempercayai perempuan di game online lagi. Namun suatu hari, pemain bernama "Ako" mengungkapkan perasaannya kepada Hideki. Awalnya tidak percaya, Hideki akhirnya mengalah selama karakter online-nya terlihat manis.

Tapi yang membuat heboh, setelah berdiskusi dengan teman-teman Guild-nya, dia mengetahui bahwa Ako dan mereka semua satu sekolah dengannya -- dan ternyata mereka semua adalah perempuan!

Ya, terlihat dari rangkuman cerita kalau Netoge no Yome wa Onnanoko ja Nai to Omotta memang lebih berat di unsur komedi dan romansanya dibandingkan Sword Art Online dan judul-judul lain di sini.

 

Baca Juga:

>> 7 Dunia Anime Paling Asyik Buat Ditinggali!

 

4. .hack

Sumber: Pixcelation.com

 

Salah satu judul anime yang mempopulerkan genre "anime bertema MMO". Serial .hack ini merupakan waralaba multimedia yang dibuat oleh Bandai Namco, sehingga memiliki dunia/kisah/lore yang luas yang diceritakan melalui berbagai judul game, novel, anime, dan manga.

Judul pertama anime-nya .hack//Sign yang rilis pada 2002 silam, menceritakan pemain game online The World bernama Tsukasa yang menderita amnesia dan entah kenapa tidak bisa keluar dari game online tersebut. Selain .hack//Sign, ada 9 judul anime lainnya:

  • .hack//Legend of the Twilight
  • .hack//Liminality
  • .hack//Gift
  • .hack//Roots
  • .hack//G.U. Trilogy
  • .hack//G.U. Returner
  • .hack//Quantum
  • .hack//The Movie
  • Thanatos Report

 

3. Accel World

Sumber: Forum-animeindo.com

 

Karangan lain penulis cerita Sword Art Online Reki Kawahara menceritakan siswa bernama Haruyuki Arita yang gendut dan hobi bermain game, tapi dia di-bully oleh teman-temannya di sekolah. Suatu ketika, semua skor di game online-nya dikalahkan oleh Kuroyukihime, wakil ketua OSIS yang populer.

Kuroyukihime pun memperkenalkan Haruyuki pada permainan Brain Burst, untuk membantunya naik hingga level maksimal, mengalahkan para Six Kings of Pure Color dan akhirnya bertemu dengan pembuat program tersebut.

 

2. Log Horizon

Sumber: Enterbrain/Satelight

 

Suatu hari, para pemain game online Elder Tale tiba-tiba tidak bisa keluar dari game! Namun sang tokoh utama, Shiroe, memutuskan memanfaatkan saat ini untuk bertualang dan menjelajahi batasan-batasan yang dimiliki game online ini, didukung oleh kedua sahabatnya Naotsugu dan Akatsuki.

Di beberapa sisi cerita anime ini agak lambat, tapi yang membuatnya cukup berbeda adalah penggambaran dunia game online yang detil dan terasa seperti game sungguhan serta karakter utama yang lebih condong pada tipe pemikir/strategis dan bukan tipe petarung.

 

Baca Juga:

>> Wow! Accel World VS Sword Art Online Bakal Rilis Versi Inggris!

 

1. Overlord

Sumber: Alphacoders.com

 

Game online populer Yggdrasil akan segera tutup server. Namun pemain bernama Momonga, ketua Guild terkuat Ainz Ooal Gown, memutuskan untuk menghabiskan detik-detik terakhir game favoritnya sendirian. Tapi secara tidak diduga, dia malah terjebak dalam game online tersebut dan melihat semua karakter NPC jadi "hidup"!

Tidak bisa keluar dari permainan dan penasaran dengan apa yang menyebabkan kejadian aneh ini, Momonga pun memutuskan untuk bertualang dan menguasai dunia baru ini -- serta mencari apakah ada pemain-pemain lain juga yang terjebak.


Sekianlah beberapa judul anime yang memakai dan menelusuri tema bermain game online. Mana sajakah yang jadi favoritmu, DG Friends?

 

FANPAGE: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

 

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}