Dunia Games

Pelindung Kepala Ninja, Apa Fungsinya?

Para ninja di dunia Naruto selalu memakai ikat kepala ini, sebenarnya apa fungsinya?

Sumber: Masashi Kishimoto/Shueisha

 

Selain perlengkapan dan senjata ninja, terdapat hal penting lain yang selalu dibawa-bawa oleh seorang Shinobi: yakni pelindung kepala -- atau Hitai-ate dalam bahasa Jepang. Pelindung kepala ninja ini biasanya berbentuk ikat kepala dengan pelat metal di tengahnya. Pelat metal tersebut memiliki ukiran bergambar simbol desa mereka.

Di anime-nya terlihat kalau penggunaan pelindung kepala seperti ini sudah dipakai sejak zaman Asura Otsutsuki, namun pada masa itu pelat metalnya belum diukir-ukir seperti sekarang.

 

Sumber: Masashi Kishimoto/Shueisha

 

Pelindung kepala ini menandakan di mana kesetiaan dari seorang shinobi berada, menunjukkan posisi yang sederajat, dan sebagai tanda kebanggaan akan desa asal mereka. Para ninja biasa menganggapnya sebagai tradisi dan selalu memakainya ke mana-mana, terutama saat sedang berlatih. Benda ini juga berguna untuk melindungi kepala mereka saat bertempur, walaupun bukan menjadi fungsi utama.

Oleh karena itu, agar seseorang dianggap sebagai ninja secara resmi, mereka harus bisa mendapatkan ikat kepala tersebut saat lulus dari Ujian Genin.

 

Baca Juga:

>> 6 Ragam Pedang Shinobi Terkuat di Dunia Naruto

 

Sumber: Wikia.com

 

Di saat yang sama, "kehilangan" atau "rusaknya" ikat kepala juga menandakan ketidaklayakan seseorang untuk menjadi ninja di desanya. Contoknya seperti saat Naruto mengambil ikat kepala milik Boruto karena melakukan kecurangaan di Ujian Chuunin. Kemudian para anggota Akatsuki yang kabur dari desanya mencoret lambang desa di ikat kepala mereka, menunjukkan kalau mereka sudah tidak berafiliasi lagi dengan desa mereka.

Dalam persiapan Perang Dunia Shinobi Keempat, samurai dari Negara Besi Mifune mendesain ikat kepala baru untuk Pasukan Aliansi Shinobi dengan lambang berupa tulisan kanji untuk "shinobi" (忍), yang menggambarkan sekarang mereka bertempur di bawah satu bendera untuk tujuan yang sama.

 

Sumber: Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Meski memang namanya disebut sebagai "pelindung kepala", penanda ninja ini bisa dipakai dalam berbagai gaya dan juga warna. Seperti Sakura yang memakainya sebagai bando dengan warna merah, Gai dan Rock Lee yang memakainya sebagai sabuk, Shikamaru yang mengikatnya di lengan, bahkan ikat kepala Kakashi multifungsi juga sebagai penutup mata.

 

Sumber: Pinterest.com

 

Baca Juga:

>> Manga Lain Karya Masashi Kishimoto Yang Wajib Kamu Tahu

  

FANPAGE: facebook.com/duniagames
INSTAGRAM: instagram.com/duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

 

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}