Dunia Games

Akatsuki, Organisasi Misterius Beranggotakan 10 Shinobi Berbahaya!

Kali ini, DuniaGames membongkar rahasia di balik organisasi misterius Akatsuki!

 

Akatsuki yang memiliki arti "fajar" atau "bulan merah" merupakan kelompok ninja yang sangat ditakuti. Akatsuki beraksi di luar sistem pemerintahan desa-desa tersembunyi ninja, sehingga sulit dideteksi dan anggotanya berisi ninja dengan rangking S; ninja yang dianggap terkuat.

Mereka juga sulit ditemukan karena selalu berpindah-pindah dan memiliki beragam tempat persembunyian di seluruh dunia, yang tidak bisa diakses dengan mudah karena sangat terpencil ataupun memiliki pertahanan rahasia.

 

Akatsuki saat Dipimpin Yahiko

Sumber: Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Akatsuki awalnya didirikan oleh Yahiko bersama dengan Nagato dan Konan di masa Perang Dunia Shinobi Ketiga. Sebagai yatim-piatu dari perang sebelumnya, mereka membuat Akatsuki untuk menjauhkan Amegakure dari peperangan dan membawa kedamaian ke negara mereka yang sering terlibat dalam konflik 5 Negara Shinobi.

Namun seiring berkembangnya Akatsuki, mereka juga mulai mendapat perhatian dari beberapa pihak yang berbahaya. Salah satunya adalah Tobi (yang menyamar sebagai Madara) yang ingin memanfaatkan mereka.

Lalu Hanzo sang pemimpin Amegakure sendiri, merasa posisinya terancam dengan kehadiran Akatsuki yang mendapat banyak simpati dari rakyatnya. Dia pun bekerja sama dengan Danzo dari Konoha untuk menghabisi Yahiko dan kawan-kawan.

Hanzo pun meminta "bantuan" Akatsuki untuk menjadi pihak ketiga dalam suatu pertemuan antara Konoha, Iwa, dan Sunagakure. Tapi saat Yahiko, Nagato, dan Konan tiba di lokasi, mereka tiba-tiba diserang oleh pasukan Anbu Danzo dan Hanzo yang mengakibatkan tewasnya Yahiko. Anggota lain yang berusaha menyelamatkan mereka pun dibantai oleh Tobi. Nagato mengamuk dan menghabisi para lawannya dengan memanggil Patung Gedo -- walau Hanzo berhasil kabur.

 

Baca Juga:

>> Daftar 7 Pedang Legendaris Kirigakure Beserta Para Pemilik Pedangnya

 

Akatsuki saat Dipimpin Nagato

Sumber: Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 3/Bandai Namco/CyberConnect 2

 

Terpukul keras dan berduka karena kematian Yahiko, Nagato memutuskan bahwa satu-satunya cara membuat perdamaian dunia adalah dengan memberikan kehancuran dan kematian yang sangat dahsyat hingga seluruh penduduk dunia tidak mampu melihat konflik lagi. Untuk itu dia membutuhkan kekuatan dari para Bijuu.

Nagato pun memakai alias "Pain" dan membentuk Rikudo Pain dan memakai mayat Yahiko (dan 5 ninja lain yang ternyata pernah bertemu dengan Jiraiya) sebagai simbol kelompok ini. Dia juga mencari Tobi alias Obito dan akhirnya menerima "bantuannya".

10 missing-nin (ninja-ninja yang kabur dari desanya) dengan rangking S mulai direkrut ke dalam organisasi. Dan setelah mendapatkan 10 anggota, mereka mulai menangkapi Bijuu sambil menjalankan 3 tahap demi menguasai dunia:

  1. Mendapatkan uang untuk mendukung organisasi mereka,
  2. Memberikan layanan sebagai tentara bayaran dengan harga murah untuk mematikan bisnis desa-desa ninja lain. Dengan menangkap para Bijuu, Akatsuki bisa memulai dan menghentikan peperangan dengan mudah,
  3. Saat semua negara shinobi sudah dibubarkan, Akatsuki akan menguasai dunia.

Berisi kumpulan kriminal, mereka tidak selalu akrab. Seperti Deidara yang dipaksa bergabung setelah bertarung terlebih dahulu, Kakuzu yang sering membunuh rekannya sendiri dan mengambil hati mereka untuk memperpanjang nyawanya dengan Kinjutsu, dan juga Orochimaru yang sempat ingin mencuri tubuh Itachi.

Misi mereka menangkap Bijuu akhirnya mengakibatkan banyak anggota mereka yang gugur; termasuk Nagato sendiri; dan malah mendukung majunya Persatuan Shinobi setelah gagal menangkap Killer B dan Naruto, Jinchuuriki Ekor Delapan dan Sembilan.

 

Akatsuki saat Dipimpin Obito

Sumber: Gambarnaruto.com

 

Setelah kematian Nagato, secara resmi Obito pun mengambil alih organisasi ini. Dengan anggotanya yang tinggal sedikit, gagal menangkap Killer B dan Naruto, serta munculnya Aliansi Shinobi, Obito pun mengambil langkah drastis dengan memulai Perang Dunia Shinobi Keempat.

Semua ini dilakukan oleh Obito demi mengeluarkan Infinite Tsukuyomi, genjutsu yang memerangkap semua umat manusia dalam mimpi sehingga tidak ada peperangan lagi -- yang mana menjadi tujuan hidup Obito setelah melihat tewasnya Rin.

Dibantu oleh Kabuto, Akatsuki mendapatkan pasukan berupa kloningan Zetsu Putih dan ninja-ninja yang dihidupkan kembali dengan Edo Tensei untuk bertempur dalam perang. Namun akhirnya mereka kalah, meskipun Madara berhasil melaksanakan Infinite Tsukuyomi.

 

Baca Juga:

>> Inilah 9 Klan Ninja Paling Terkenal di Desa Konoha!

 

 

Akatsuki saat Dipimpin Shin Uchiha

Sumber: Gambarnaruto.com

 

Meskipun kalah dan hancur, beberapa orang masih menganggap tujuan Akatsuki mendapatkan kedamaian dunia sebagai hal yang patut dilaksanakan. Di antaranya adalah Ryuha Armament Alliance dan Gengo. Gengo ingin menyatukan benua dan membiarkan kaum shinobi untuk menguasai dunia, karena percaya bahwa dengan kekuatan yang didapat dari chakra shinobi memiliki derajat yang lebih tinggi dari orang-orang biasa maupun para daimyo.

Kemudian 15 tahun setelah Perang Dunia Shinobi Keempat, seorang mantan subjek percobaan Orochimaru mengambil nama Shin Uchiha setelah terobsesi dengan Itachi. Dia membentuk kembali Akatsuki baru (yang anggotanya diisi oleh klon dari dirinya) karena menganggap perang yang berkelanjutan merupakan cara sempurna untuk memusnahkan orang-orang yang dianggap lemah.

 

Cincin Akatsuki

Sumber: Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Di bawah kepemimpinan Nagato, setiap anggota Akatsuki mendapat 1 cincin yang harus dipakai di jari tertentu. Selain menunjukkan keanggotaan mereka, cincin tersebut tampaknya berguna untuk menyegel Bijuu ke dalam Patung gedo. Tapi saat Obito mengambil alih, dia membuang cincinnya sendiri.

Inilah berbagai cincin Akatsuki:

  • Jempol kanan: "nol"; dipakai oleh Pain dan berwarna abu-abu keunguan.
  • Telunjuk kanan: "biru"; dipakai oleh Deidara dengan warna biru muda.
  • Jari tengah kanan: "putih; dipakai oleh Konan dengan warna putih.
  • Jari manis kanan: "merah delima"; dipakai oleh Itachi Uchiha dan berwarna merah.
  • Jari kelingking kanan: "tanda babi hutan" (δΊ₯, gai); dipakai Zetsu dan berwarna hijau.
  • Jari kelingking kiri: "langit"; dipakai Orochimaru dengan warna biru tua.
  • Jari manis kiri: "utara"; dipakai oleh Juzo Biwa dan Kisame, berwarna kuning.
  • Jari tengah kiri: "utara"; dipakai oleh Kakuzu, berwarna hijau tua.
  • Telunjuk kiri: "tiga"; dipakai oleh rekan Kakuzu yang kemudian digantikan Hidan. Berwarna oranye.
  • Jempol kiri: "permata"; dipakai Sasori dan digantikan Tobi. Berwarna ungu.

 

Baca Juga:

>> Inilah 3 Alasan Kenapa Sasuke Memilih Tangannya Tetap Buntung!

 

 

Anggota Akatsuki:

Sumber: Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Anggota Akatsuki biasa disusun dalam regu berisi dua orang. Kadang regu dibuat berdasarkan kemiripan; seperti Itachi dan Kisame yang sama-sama membantai penduduk desanya sendiri; atau memang memiliki jurus yang cocok dengan satu sama lain; seperti Hidan dan Kakuzu. Meski begitu biasanya mereka saling membenci satu sama lain.

  1. Nagato
  2. Yahiko
  3. Konan
  4. Kie
  5. Kyusuke
  6. Daibutsu
  7. Deidara
  8. Hidan
  9. Juzo Biwa
  10. Itachi Uchiha
  11. Kakuzu
  12. Kisame Hoshigaki
  13. Orochimaru
  14. Sasori
  15. Tobi
  16. Zetsu
  17. Obito Uchiha
  18. Sasuke Uchiha
  19. Shin Uchiha

 

FANPAGE: facebook.com/duniagames
INSTAGRAM: instagram.com/duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

 

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}