Dunia Games

Ini Dia Profesi-Profesi Penting Dibalik Kesuksesan Seorang Cosplayer

Ternyata ada banyak orang yang membantu seorang cosplayer untuk sukses lho! Siapa aja sih?

Sumber : feimo.deviantart.com

Cosplay adalah kegiatan mempresentasikan karakter dari sebuah anime, manga, video game, ataupun film. Walaupun kegiatan ini sebenarnya bukan berasal dari Jepang, namun saat ini cosplay lebih dikenal sebagai sebuah pop-culture dari Jepang.

Jika kalian berpikir menjadi seorang cosplayer profesional adalah hal yang mudah, kalian salah besar. Karena selain si cosplayer-nya sendiri harus pandai memerankan karakter tersebut, terdapat orang-orang atau profesi lain yang mendukungnya untuk membuat karakter tersebut menjadi nyata. Ingin tahu siapa saja orang atau profesi di belakang seorang cosplayer? Yuk kita bahas satu per satu.

 

Costume Maker

 

Sumber : kaorinusantara.or.id

 

Pasti kalian setuju dong kalau pembuat kostum adalah salah satu orang yang berperan penting untuk mewujudkan sebuah karakter menjadi nyata. Mereka harus dapat membuat sebuah kostum berikut aksesorisnya semirip mungkin dengan sebuah karakter Mereka juga harus memperhatikan detil-detil yang ada pada kostumnya. Karena jika mereka tidak memperhatikan hal-hal tersebut, para cosplayer akan sangat kesulitan untuk mempresentasikan karakternya. Orang yang melihat akan mengganggap cosplayer tersebut separuh hati untuk menjadi karakter yang mereka mainkan, dan feel akan karakter tersebut tidak akan terasa.

 

Make Up Artist

 

Sumber : boredpanda.com

 

Make up artist di sini adalah orang yang bertugas membuat make up cosplayer seperti karakter aslinya. Karena setiap karakter memiliki bentuk wajah, mata, model rambut, warna rambut, dan warna kulit yang unik otomatis seorang make up artist harus dapat menyesuaikan hal-hal tersebut dengan bentuk wajah si cosplayer, sehingga cosplayer tersebut dapat bertransformasi menjadi karakter yang mereka perankan.

 

Fotografer

 

Sumber : cosplayphotographers.com

 

Apa kalian pernah mendengar ungkapan “Sebuah foto dapat menceritakan 1000 cerita”? Walaupun pada gambar tersebut sang cosplayer tidak bergerak tetapi kalian dapat membayangkan kalau cosplayer tersebut sedang melakukan suatu adegan atau pose khas seorang karakter. Fotografer yang hebat dapat mengambil angle mana yang paling sempurna ketika melakukan pengambilan gambar cosplayer yang sedang beraksi.

 

Koreografer

 

Sumber : en.rocketnews24.com

 

Profesi penting lainnya adalah koreografer. Profesi inilah yang mengatur gaya, ekspresi, cara berjalan, dan lain sebagainya dari seorang cosplayer. Seperti tim Crusnik, mereka mengungkapkan salah satu alasan mereka dapat menjadi juara pada ajang World Cosplay Championship 2016 adalah karena koreografi mereka yang unik, yaitu teknik sulap membelah diri. Coba kalian bayangkan jika ada seorang cosplayer yang memerankan karakter L dari Death Note, tapi mereka berperilaku konyol, hal tersebut pastinya akan menjadi aneh dan merusak karakter L bukan?

 

Visual Efek

 

Sumber : xlightphotography.com

 

Hasil foto yang bagus saja tidak cukup untuk dapat menghasilkan foto cosplay yang sempurna tanpa sentuhan dari efek visual. Karena terkadang seorang karakter memiliki kemampuan yang tidak masuk akal di dunia nyata, seperti kemampuan listrik, membekukan sesuatu, terbang, dan lainnya, atau karakter tersebut sedang berada di tempat yang aneh. Dengan adanya visual effect foto yang kurang sempurna pun bisa diperbaiki menjadi lebih baik, menjadikan karakter yang diperankan semakin nyata.

 

Komposer Musik

 

 

Komposer musik biasanya berperan untuk membantu cosplayer membuat musik ataupun efek suara dalam sebuah background video. Merekalah yang memasukkan backsound seperti suara petir, senapan, pertarungan, dan suara-suara lainnya.


Nah, ternyata menjadi seorang cosplayer profesional tidak semudah yang dibayangkan ya. Ada banyak orang dan profesi pendukung di belakangnya. Kalau kamu sendiri tertarik dengan profesi yang mana?

 

Baca Juga:

>> Akibahara? Basi! Mending ke Den Den Town! Surganya Para Otaku Dari Osaka

 

FANPAGE: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}