Dunia Games

Terungkap, Ini Arti Simbol yang Terdapat di Stik Playstation

Kamu pasti tahu dong konsol game Sony Playstation milik produsen terkenal Sony? Nah, kamu tahu gak apa arti simbol-simbol di kontrolernya?

Sumber:youtube.com/CtrlAltDefeatTV

 

Guys pasti kamu tahu dong konsol game PlayStation milik produsen terkenal Sony? Kalau kita main PlayStation, pasti kita familiar sama kontrolernya yang unik. Biasanya orang Indonesia menyebut kontroler ini dengan istilah ‘stik PS’.  Asal kamu tahu stik PS ini ternyata ada beragam jenisnya, ada yang pakai tombol analog ada juga yang biasa alias nggak pakai analog.

Ada berbagai macam tombol di stik PS, mulai dari tombol L1, L2 ,R1, R2, L3, R3, Start, Select, Analog, tanda arah kanan, kiri, atas, bawah dan ada juga tombol dengan simbol silang, kotak, segitiga, lingkaran. Masing-masing tombol ini memiliki fungsinya sendiri-sendiri, pasti gamer Playstation udah paham banget deh dengan fungsi tombol-tombol tersebut.

 

Sumber:readtiger.com

 

Berhubungan dengan simbol di stik PS, ada hal yang unik nih yang mungkin saja bagi sebagian gamer belum banyak yang tahu. Pernah nggak sih kamu bertanya kenapa simbol yang digunakan di stik PS memakai tanda silang, kotak, segitiga, dan lingkaran? Hayo, pernah mikirin hal ini nggak guys?

Menurut sang desainer kontroler PlayStation, Teiyu Goto, setiap simbol baik tanda silang, kotak, segitiga, dan lingkaran memiliki arti masing-masing.  Tanda-tanda tersebut dipakai untuk membedakan dari kontroler lainnya yang sudah ada sebelumnya, sebut saja seperti Nintendo dan Sega yang menggunakan huruf ABC XYZ.

Teiyu Goto menjelaskan penggunaan tanda silang, kotak, segitiga, dan lingkaran akan membuat gamer lebih cepat mengingat. Sebab, orang akan lebih cepat mengingat simbol dari pada huruf. Maka dari itulah, PlayStation lebih memilih memakai simbol ketimbang huruf di kontrolernya.

 

Sumber:gamesradar.com

 

Terus apakah di setiap simbol yang digunakan memiliki arti sendiri selain sebagai memudahkan untuk mengingat? Teiyu Goto pun menjelaskan kalau setiap simbol tersebut mempunyai maknanya sendiri-sendiri. Misalnya saja simbol segitiga yang berwarna hijau memiliki arti sudut pandang atau penunjuk arah ke depan, simbol kotak mengacu pada selembar kertas yang mewakili menu atau dokumen, sehingga diberikan warna yang lebih menonjol. Sedangkan lingkaran dan tanda silang memiliki arti ‘Ya’ dan ‘Tidak’, hal ini mengacu pada tataran budaya Jepang yang mengartikan tanda lingkaran itu setuju dan tanda silang itu tidak setuju. Oalah ternyata ini toh arti simbol-simbol yang ada di stik PS.


Nah kira-kira begitu guys arti tanda silang, kotak, segitiga, dan lingkaran pada kontroler PlayStation. Semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk kalian yang main PS ya! Tanyakan juga pada teman-temanmu apakah mereka sudah tahu arti simbol di stik PlayStation?

 

Sumber artikel:inet.detik.com, teknologi.inilah.com

 

Baca Juga:

>> 9 Kejadian Ini Bikin Kamu Kangen Main Game di Rental PlayStation

 

FANPAGE: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

 

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}