Dunia Games

7 Tips Asyik ala Naruto dalam Menghadapi Bulan Puasa

Ternyata, ada beberapa hal yang kamu bisa pelajari dari anime Naruto untuk memperkuat dirimu selama Bulan Ramadhan ini lho!

Sumber: theprofmie.blogspot.com

 

Membaca dan menonton Naruto memang seru. Tapi jangan salah, Naruto tidak cuma menghibur dari adegan-adegan pertempuran yang penuh aksi saja, tetapi ada juga pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari kisah ninja karangan Masashi Kishimoto ini.

Dan selama Bulan Ramadhan ini, ternyata ada 7 hal yang bisa kamu petik dari petualangan Naruto untuk memperkuat mentalmu selama menjalankan ibadah puasa!

Penasaran, kan? Yuk simak tips dan trik asyik berpuasa ala Naruto dari DuniaGames yang satu ini!

 

1. Jangan Pernah Menyerah

bedaunik.com

 

Sifat no. 1 yang dimiliki ninja bandel asal Konohagakure yang patut kamu tiru adalah sifat pantang menyerah! Dan tentunya dengan menjalani puasa secara khusyuk, kamu juga secara langsung melatih dan menerapkan kemampuan untuk menjadi seseorang yang tidak akan menyerah dalam menghadapi sebuah cobaan.

 

2. Yang Sabar!

pictaram.com

 

Dalam menjalankan ibadah puasa ini, kesabaran merupakan kunci yang sangat penting. Tentunya bukan cuma bersabar menunggu adzan Maghrib saja, tetapi juga bersabar dalam menjaga emosi serta hawa nafsu.

Kalau kamu berhasil bersabar, maka "tujuan akhir" yang kamu inginkan akan bisa kamu raih dengan perasaan puas -- entah itu menikmati hidangan berbuka, puasanya nggak ada yang bolong, atau bahkan mendapat rezeki dari perbuatan masa lalu/masa kini di masa yang akan datang.

Jangan berharap semua hal baik akan terjadi secara instan, memangnya masak mi rebus?

 

3. Jangan Buka yang "Aneh-aneh"

Masashi Kishimoto/Kenji Taira/Shueisha

 

Yang ini sudah jelas, dong! Jangan sampai kamu terbawa nafsu membuka situs yang nggak-nggak dengan dalih bosan dan mengurangi aktivitas selama berpuasa.

Sebaiknya gunakan waktu untuk perbanyak ibadah. Atau malah main saja dengan teman-teman selama ngabuburit!

 

4. Lebih Baik Memaafkan Orang Lain

 

Kalau kata Jiraiya, "memaafkan adalah kunci untuk memutuskan rantai kebencian", yang mana ada benarnya.

Dengan memaafkan perbuatan orang lain dan bersabar, maka kamu akan menghentikan konflik berkepanjangan atau bahkan pertempuran yang tidak perlu. Apalagi kalau masalahnya nggak penting seperti berantem cuma karena saling ledek-ledekan saja.

Mengontrol emosi dan nafsu merupakan kunci penting dalam menjalankan puasa secara baik dan benar.

 

5. Jangan Ngegas Saat Ngobrol di Medsos

imgrum.net

 

Bicara soal sabar dan memaafkan orang lain, salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah saat mengobrol atau berdiskusi dengan orang lain di internet.

Seringkali perbedaan pendapat membuat kamu ataupun lawan bicara menjadi ngotot dan malah emosi. Sebaiknya hindari hal tersebut dengan menerima kalau pendapat kalian tidak akan cocok dan berhenti berbicara. "Setuju untuk saling tidak setuju", bahasa kerennya!

 

6. Jangan Memaksakan Diri

 

Dilihat sekilas, mungkin judul dan 2 kutipan dalam gambar ini terdengar tidak ada hubungannya. Tapi jangan salah!

Soal "bohong pada diri sendiri" bersangkutan dengan persepsimu pada kemampuan dirimu sendiri. Dalam hal berpuasa, ini berarti kamu harus sadar diri dan menanyakan, "Apakah aku sebenarnya kuat berpuasa seharian atau sebulan penuh?"

Jangan memaksakan diri! Karena jika kamu sakit karena memaksakan diri puasa, berarti kamu membohongi dirimu sendiri serta tujuanmu berpuasa untuk beribadah sudah gagal. Jika memang tidak kuat di bulan ini, kamu bisa membayar puasamu yang bolong pada kesempatan lain.

Ingat: Kamu berpuasa hanya untuk Allah SWT semata, bukan agar dilihat oleh orang lain kamu kuat berpuasa.

 

7. Berbuka dengan Makanan Hangat

artstation.com

 

Nah yang terakhir dan nggak kalah penting, ada baiknya kamu memakan makanan yang hangat untuk berbuka puasa. Kenapa? Karena makanan hangat lebih mudah dicerna dan merangsang enzim pencernaan, sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi selama masa berpuasa seperti ini.

Tapi jangan keseringan makan mi instan ya, kalau yang itu makan kebanyakan malah nggak sehat! Kecuali kamu bisa ketemu sama Kedai Ramen Ichiraku, hehehe.

 

Baca Juga:

>> Awas Batal! Hindari 8 Anime Ini Selama Kamu Berpuasa!

 

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}