Dunia Games

Bikin Virtual Reality Ketinggalan Zaman, Microsoft Pamerkan Headset "Mixed Reality”

Bekerjasama dengan produsen PC ternama macam Asus, Acer, Lenovo, dan Dell, Microsoft kembangkan teknologi headset canggih “mixed reality”!

Sumber: msnbc.com

 

Teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) sudah basi nih! Pada salah satu acara pameran komputer terbesar di dunia, Computex 2017 yang diadakan di Taipei dari 30 Mei sampai 3 Juni besok, perusahaan raksasa komputasi Microsoft telah secara resmi meluncurkan teknologi yang disebut sebagai "Mixed Reality"!

Pihak Microsoft ingin memopulerkan teknologi virtual baru ini di kalangan awam dengan menggandeng manufaktur PC ternama, di antara dari mereka adalah:

  1. Acer
  2. Asus
  3. Lenovo
  4. Dell
  5. HP
  6. dan 3Glasses, perusahaan teknologi asal Tiongkok

Dilengkapi desain yang ciamik nan apik, namun sebenarnya, apa yang membuat Mixed Reality -- alias "MR" -- berbeda dari VR dan AR? Microsoft memberikan penjelasan singkatnya melalui video di bawah:

 

 

Sudah selesai nonton? Atau masih nggak ngerti? Oke, DuniaGames bakalmencoba menjelaskannya lagi nih secara singkat.

Sesuai namanya, teknologi MR menggabungkan 2 dunia: Virtual Reality, yang merupakan dunia digital yang cuma bisa kamu lihat melalui headset; dan Augmented Reality, penambahan visual baru pada tampilan sehari-hari saat dilihat dengan headset (contoh paling gampang adalah saat kamu menangkap Pokemon di Pokemon Go).

Namun visual atau benda-benda yang tampil lewat headset akan mampu membaca lingkungan secara nyata; sehingga benda virtual yang kamu munculkan bukan cuma bisa bertabrakan dan berinteraksi dengan meja atau layar yang ada di kamarmu. Memunculkan anjing virtual, dia bisa melompat ke atas tempat tidur dari lantai misalnya.

Begitu pula dengan menampilkan karakter milik temanmu saat sedang chatting. Bakal serasa seperti mengobrol biasa.

Ditambah melalui Mixed Reality, kamu juga bisa mengubah penampilan kamarmu sendiri melalui headset! Mau serasa mengobrol dengan teman di bulan? Atau di Desa Konoha? Mungkin saja terjadi. Keren banget, kan?

 

thenextweb.com

 

Menurut kabar yang sudah tersebar, rencananya Microsoft akan meluncurkan lini headset Mixed Reality ini pada musim liburan akhir tahun 2017 mendatang, dengan versi Acer dibanderol $299 USD dan versi HP pada $329 USD -- lebih murah 4-5x daripada headset VR HTC Vive, lho!

Headset dari produsen lain belum menyusul, tapi dikabarkan akan diberi harga pada kisaran yang serupa. Tertarik memasuki dunia Mixed Reality pada akhir tahun ini, teman-teman?

 

kiri-kanan: headset Asus dan Dell, theverge.com

 

Sumber: Pcgamer.com / Theverge.com

 

Baca Juga:

>> Asyik, Laptop Gaming Bakal Seramping Ultrabook Berkat Nvidia Max-Q

 

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}