Dunia Games

Lore Naruto: Awal Terbentuknya Sharingan dan Sejarah Panjang Uchiha

Dari mana terbentuknya Sharingan dan Klan Uchiha? Simak pembahasan Lore Naruto dari DuniaGames kali ini!

 

Klan Uchiha memang sangat terkenal karena kekuatan dojutsu-nya yang bernama Sharingan. Merupakan keturunan dari Klan Otsutsuki yang memiliki kemampuan yang sangat hebat, anggota Klan Uchiha tidak hanya mendapatkan Sharingan -- tetapi juga kutukan siklus kebencian yang tersimpan dalam hati mereka.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai salah satu keluarga ninja paling populer, mari simak pembahasan Lore Naruto satu ini: "Awal Terbentuknya Sharingan dan Sejarah Panjang Uchiha"!

 

Asal Muasal Sharingan

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Sharingan merupakan keturunan dari kekuatan Rinne Sharingan, mata ke-3 yang dimiliki oleh Kaguya Otsutsuki saat dia memakan Buah Chakra yang tumbuh dari Pohon Dewa. Menurut prasasti milik Klan Uchiha, barang siapa yang memiliki kekuatan Rinne mendatangi Bulan, maka mata tersebut akan tercermin di permukaan Bulan dan mimpi tiada akhir akan terbuka.

Wujud turunan Rinne ini sendiri kemudian baru berhasil dimanifestasikan oleh Otsutsuki selanjutnya: Hagoromo dan anak sulungnya, Indra. Melalui warisan "mata" Hagoromo, anak cucu Indra juga mendapatkan kekuatan spiritual dan chakra luar biasa. Dan Klan Uchiha merupakan pewaris kekuatan ini.

Akan tetapi sisi buruknya, mereka juga diwarisi "kutukan Kebencian", di mana saat anak cucu Indra dibanjiri oleh luapan emosi -- entah saat menerima ancaman terhadap saudara atau teman dekat maupun kehilangan -- maka seorang Uchiha akan mampu membangkitkan Sharingan. 

 

Perjalanan Panjang Klan Uchiha

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Sejarah Uchiha sudah berlangsung selama berabad-abad sebelum serial kisah Naruto dimulai. Selama periode tersebut, Uchiha memiliki persaingan erat terhadap Klan Senju -- saudara jauh mereka yang merupakan keturunan Ashura Otsutsuki, anak bungsu Hagoromo.

Sampai akhirnya pada Periode Perang Saudara, nama Uchiha dan Senju berhasil muncul sebagai 2 Klan shinobi terkuat di seluruh daratan. Hingga saat suatu kerajaan menyewa salah satunya sebagai pasukan, maka kerajaan lawan akan memilih sang rival sebagai tandingannya. Pertempuran tiada habis antara ke-2 keluarga besar ini pun menumbuhkan rasa kebencian antara satu sama lain.

Namun, konflik yang berjalan selama berabad-abad ini mulai memudar; saat Madara Uchiha dan Hashirama Senju kecil berteman karena mereka bermimpi masa depan damai di mana anak-anak tidak perlu hadir di medan perang. Tapi merasa tidak mampu merealisasikannya di usia belia, Madara memutuskan melupakan impian tersebut.

 

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Kemudian suatu saat, anak laki-laki Tajima Uchiha tersebut menjadi Uchiha pertama yang berhasil membangkitkan Mangekyo Sharingan berkat hasratnya mengalahkan Hashirama dan didukung dari kompetisi bersama sang adik, Izuna. Dengan kekuatan barunya, dia menjadi pemimpin baru Klan Uchiha.

Di saat yang sama Hashirama yang juga telah menjadi pemimpin Klan Senju berusaha mendamaikan 2 Klan ini dan meraih impiannya akan dunia ninja yang damai. Akan tetapi saat Izuna tewas di tangan Tobirama Senju, Madara menolak raihan tangan Hashirama dan menantangnya untuk terakhir kali.

Kalah dan masih bersikeras menolak permintaan damai, Madara mengatakan baru akan memikirkannya jika Hashirama membunuh dirinya sendiri terlebih dahulu. Hashirama seketika menyetujui permintaan lawannya tersebut.

Tergerak atas pengorbanan Hashirama, hati Madara akhirnya terenyuh. Dengan menghentikan kunai yang nyaris menembus perut pemimpin Klan Senju dengan tangannya sendiri, Klan Uchiha pun berdamai dengan Senju.

 

Berdamainya Uchiha dan Senju

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Setelah bersatu, ke-2 Klan tersebut membuat perjanjian dengan Negara Api untuk membentuk sebuah "desa ninja tersembunyi" di wilayahnya; yang kemudian dikenal sebagai Konohagakure. Tidak memakan waktu lama, klan-klan ninja lain ikut bergabung.

Kekacauan yang melanda Periode Perang Saudara juga ikut terhenti saat sistem Desa Konohagakure diadaptasi juga oleh daerah-daerah dan berbagai Klan ninja lainnya di seluruh dunia.

Tetapi perdamaian antara Uchiha dan Senju mulai kembali bergumul saat penduduk Desa Konoha memilih Hashirama sebagai Hokage Pertama. Meski berusaha mengumpulkan keluarganya untuk menantang kekuasaan Senju dan mengambil alih desa, Madara terpaksa mengasingkan diri karena anggota Uchiha lain sudah lelah bertempur dengan satu sama lain.

Saat akhirnya kembali ke Desa Konoha, Madara dan Hashirama bertarung untuk terakhir kalinya di lokasi yang kemudian menjadi Lembah Akhir.

Dengan wafatnya Madara, Hashirama berharap tindakan pemberontakan teman lamanya tidak mempengaruhi persepsi warga Konoha atas seluruh Klan Uchiha. Sayangnya bahkan Tobirama yang kemudian diangkat sebagai Hokage Ke-2 masih tidak memercayai keluarga pemilik Sharingan tersebut.

 

Runtuhnya Kekuatan Para Pemilik Sharingan

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Saat Tobirama Senju menjabat sebagai Hokage Ke-2, Klan Uchiha ditugaskan sebagai Satuan Polisi Militer Konoha. Meski merupakan posisi penting, banyak anggota Uchiha yang merasa mereka terasingkan dari urusan Desa Konoha secara keseluruhan.

Jumlah Uchiha yang merasa Senju dan penduduk desa berusaha mengucilkan mereka pun terus dan kian bertambah.

Keadaan semakin bertambah kacau saat Siluman Ekor 9 memorak-porandakan Konohagakure. Menilai Klan Uchiha tidak terlihat membantu melawan balik sang siluman (karena sibuk menyelamatkan warga desa lain yang tidak bisa bertempur) serta Sharingan mampu mengendalikan Ekor 9, pemerintahan desa mencurigai keterlibatan Uchiha terhadap serangan fajar tersebut. 

Merasa muak terhadap perlakuan yang tidak adil, di bawah kepemimpinan Fugaku Uchiha, Klan berlambang kipas ini berencana melakukan kudeta terhadap Hokage Ke-3. Meski begitu, tidak semuanya setuju dengan rencana tersebut, di antaranya adalah Shisui dan Itachi Uchiha.

 

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Shisui Uchiha berusaha menghentikan situasi menggunakan kekuatan Mangekyo Sharingan-nya, Kotoamatsukami, namun dia tewas saat berhadapan dengan Danzo Shimura. Lalu Danzo memberikan ultimatum pada Itachi: biarkan Klan Uchiha melakukan kudeta dan dibantai habis, atau habisi sebagian Uchiha sebelum terjadi kudeta dan Sasuke bisa hidup.

Dibantu oleh Tobi, yang dipercaya sebagai Madara, Itachi membantai seluruh anggota Klan Uchiha dalam 1 malam. Itachi pun menutupi keterlibatan Konoha dan membuat Sasuke, adiknya sendiri, menaruh dendam pada dirinya agar dia bisa menjadi lebih kuat. Itachi juga meninggalkan Sasuke kepada Hokage Ke-3, yang menginginkan penyelesaian damai atas konflik Uchiha dan Konoha.

 

Baca Juga:

>> Lore Naruto: Asal Mula Ninja, Pohon Chakra, dan Klan Otsutsuki

 

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

 

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}