Anime

Lore Naruto: Silsilah Turun-temurun Kekuatan Hagoromo dan Hamura

  • Sidharta F. Rasidi
  • 14 June 2017

Mari kita jabarkan warisan dan keturunan dari Hagoromo Otsutsuki, sang Rikudo Sennin!

Sumber: Kanal Youtube Anderson Diascalmon

 

Hagoromo Otsutsuki disebut-sebut sebagai "ayah" shinobi dan ninjutsu. Mendamaikan dunia penuh konflik dan memberikan manusia teknik untuk bertahan hidup dan bertarung melalui pengolahan chakra, Hagoromo pun dipuja-puja sebagai "Rikudo Sennin" -- Petapa 6 Langkah.

Dari kemampuan natural luar biasa tersebut, para keturunan Keluarga Otsutsuki ikut mendapat warisan kesaktian diri Hagoromo. Kali ini, mari kita coba tilik bersama-sama, klan ninja apa yang merupakan bagian dari keluarga besar Otsutsuki.

 

Silsilah Keluarga Hagoromo Otsutsuki, sang Rikudo Sennin

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Hagoromo dan Hamura, adik kembarnya, lahir dari hubungan Kaguya Otsutsuki dengan seorang raja Negara Leluhur bernama Tenji. Akan tetapi mereka tidak pernah mengetahui siapa ayah mereka, karena Tenji tewas di tangan kekasihnya sendiri saat berusaha menghentikan kekuatan Kaguya yang dianggap terlalu berbahaya.

Di masa mudanya, Hagoromo dan Hamura sama sekali tidak menyadari bahwa sang ibu menggunakan kekuatan Tsukuyomi-nya untuk memperalat manusia demi melindungi Pohon Dewa dan Buah Chakra miliknya; sumber kekuatan yang menjadi rebutan seluruh Klan Otsutsuki. Sampai akhirnya Hagoromo mengetahuinya dari kodok Gunung Myoboku bernama Gamamaru dan wanita yang dia cintai, Haori, menghilang.

Bersama adiknya, akhirnya Hagoromo berhasil menghentikan rezim Kaguya yang kejam dengan cara menyegel ibu mereka sendiri yang telah bergabung dengan Ekor 10 di Bulan dalam pertempuran sengit berbulan-bulan lamanya.

Ke-2 bersaudara Otsutsuki itu pun berpisah: di mana Hagoromo menetap di Bumi dan memandu umat manusia menuju jalan perdamaian, Hamura memutuskan tinggal di Bulan demi menjaga segel Ekor 10 dari kebangkitan.

 

Garis Keturunan Hagoromo Otsutsuki

narutopants.deviantart.com

 

Selama hidupnya, Hagoromo beserta istrinya yang meninggal dunia karena komplikasi saat melahirkan dikaruniai 2 orang anak: Indra Otsutsuki dan Ashura Otsutsuki. Mendapatkan warisan kekuatan dari ayahnya, pada akhirnya ke-2 orang anak tersebut menempuh jalan berbeda dan saling bertarung satu sama lain; bahkan melewati puluhan generasi.

Indra

Anak sulung keluarga Hagoromo. Dia memiliki bakat luar biasa bahkan sejak kecil. Terhasut oleh provokasi Zetsu Hitam dan tidak ditunjuk oleh ayahnya sebagai penerus pemimpin ajaran ninshu, dia menyerang keluarganya sendiri lalu mengasingkan diri.

Keturunan-keturunan Indra mendapatkan kekuatan dari "mata Hagoromo", memberikan mereka energi spiritual, pasokan chakra yang besar, serta kemampuan mata spesial Sharingan. Maka dari itu terdapat 2 hal yang diturunkan oleh Indra ke generasi selanjutnya:

  1. Klan Uchiha, keluarga ninja yang mendapat warisan kekuatan Sharingan.
  2. Kutukan Kebencian, siklus kebencian yang muncul saat mereka kehilangan seseorang yang sangat disayangi dan akan membangkinkan Sharingan mereka. Melanjutkan kepercayaan Indra bahwa perdamaian baru akan muncul jika ada kekuatan yang memaksa orang-orang untuk berdamai. 

 

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Ashura

Anak bungsu keluarga Hagoromo yang tidak memiliki talenta namun karismanya membuat Ashura selalu menjadi teman dan pemimpin orang banyak. Berkat kecakapannya membangun hubungan dengan sesama, sang ayah menunjuknya sebagai penerus ajaran ninshu.

Keturunan-keturunan Ashura mendapatkan kekuatan dari "tubuh Hagoromo", memberikan mereka energi kehidupan serta pasokan chakra yang besar. Sementara itu, Ashura menurunkan kekuatan-kekuatan berikut:

  1. Klan Senju, meski tidak memiliki kemampuan khusus seperti Uchiha namun seluruh anggotanya dapat menguasai Elemen Kayu dan berbagai teknik ninjutsu lain dengan mudah.
  2. Klan Uzumaki, saudara jauh Klan Senju yang diberkati dengan keahlian fuinjutsu, chakra, dan daya tahan tubuh yang hebat.
  3. Semangat Api, merupakan adaptasi dari ideologi Ashura. Di mana perdamaian tumbuh karena perasaan cinta.

Selain ke-2 orang anaknya tersebut, Hagoromo juga memiliki warisan lain yang dia tanamkan di Bumi:

  • 9 Siluman Berekor: Setelah menyegel Ekor 10 ke dalam tubuhnya, Hagoromo memakai Banbutsu Sozo no Jutsu untuk membagi chakra monster tersebut dan menciptakan para siluman berekor.
    Para siluman tersebut dibentuk untuk mencegah kebangkitan Ekor 10 serta menjaga dan menyeimbangkan kedamaian dunia. Akan tetapi kekuatan mereka justru memecah-belah pertemanan 9 siluman itu sendiri dan membuat takut penduduk dunia.
  • Ninshu: Aslinya merupakan cara untuk membawa kedamaian pada dunia yang dilanda perang, Hagoromo membagikan chakra-nya pada seluruh penduduk dan mengajari mereka teknik untuk memahami perasaan satu sama lain secara spiritual serta memberikan kekuatan menyembuhkan.
    Sayangnya, dengan pengkhianatan Indra dan kematian Hagoromo, umat manusia menyalah gunakan teknik ninshu sebagai senjata perang -- dan mengubahnya menjadi apa yang kita kenal sebagai ninjutsu.
  • Kinkaku dan Ginkaku: Keturunan jauh Hagoromo. Berkat kekuatan fisik yang luar biasa, mereka bisa menyerap sebagian kekuatan Ekor 9 dari memakan dagingnya.

 

Garis Keturunan Hamura Otsutsuki

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

 

Di Bulan, Hamura meneruskan Klan Otsutsuki bersama pengikut-pengikutnya. Akan tetapi setelah wafatnya Hamura, Klan Bulan terpecah menjadi 2 kubu: Utama dan Cabang; di mana mereka saling berkonflik karena perbedaan kepercayaan. Klan Cabang menganggap Hamura ingin mereka menghancurkan Bumi jika manusia menyalahgunakan ilmu dari Hagoromo.

Meski akhirnya Klan Cabang menang, mereka hampir punah karena peperangan saudara tersebut -- dengan pria bernama Toneri Otsutsuki menjadi 1-1nya anggota Klan Otsutsuki yang tersisa di dimensi ini.

Sementara itu sebagian dari pengikut Hamura yang tetap tinggal di Bumi kemudian memiliki keturunan bernama Klan Hyuga, yang mendapatkan kekuatan mata Byakugan. 

 

Baca Juga:

>> Lore Naruto: Awal Terbentuknya Sharingan dan Sejarah Panjang Uchiha

 

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

Komentar Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}