PC Games

Cantik dan Pintar, Kisah Komentator Dota 2 Perempuan, Jorien 'Sheever' van der Heijden

  • Muhammad 'Uncanny!' Akbar
  • 19 June 2017

Berawal dari iseng-iseng, ternyata begini kisah Jorien 'Sheever' van der Heijden menjadi seorang komentator Dota 2

 

Kalau kamu sudah beberapa saat ini mengikuti kancah eSport internasional, kamu tentu kenal dengan sosok yang satu ini. Dia bisa dibilang merupakan salah satu shoutcaster perempuan ternama di kancah Dota 2 Internasional. Dia adalah Jorien van der Heijden atau yang lebih dikenal dengan nama kecil Sheever. Penasaran bagaimana kisah hidupnya? Yuk simak kisah Sheever berikut ini.

 

Suka Main Game Sejak Kecil

Sumber: sheevergaming.com

 

Jorien atau Sheever lahir pada 26 April 1985. Ia merupakan anak ketiga dari enam bersaudara. Sheever tumbuh besar di sebuah desa kecil di Belanda, dan ia sangat suka bermain game sedari kecil. Pertama kali Sheever mengenal game bisa dibilang berkat kakak perempuannya yang juga suka main game.

Ia memasuki dunia gamers ketika kakak perempuannya memperkenalkan Warcraft III dan dunia Battle Net. Sejak saat itu ia sangat menyukain juga custom game yang ada di Warcraft seperti Tower Defense, dan juga Defense of the Ancient.

 

Mulai Gila Main Game Setelah Lulus Kuliah

Sumber: sheevergaming.com

 

Pada awalnya ia bermain game hanya sebagai hiburan saja. Menjadi salah satu dari enam bersaudara membuat Sheever tak mudah untuk mengakses komputer rumahnya yang hanya satu buah. Sebelum mulai gila main game, Sheever mungkin bisa dibilang seperti kebanyakan anak perempuan.

Ia terbilang seorang siswi yang serius, ia belajar dengan giat, demi mendapatkan kuliah di universitas yang ia inginkan. Lulus dari SMA, ia pun pindah ke Belanda utara untuk belajar marketing. Pada saat itu Sheever belum terlalu hanyut ke dalam game, ia sangat aktif dalam kehidupan sosialnya seperti kebanyakan mahasiswa.

Selesai dari kuliahnya, Sheever mendapat posisi sebagai sales untuk menjual hardware PC di suatu tempat bernama The Hague. Pada saat ini lah Sheever benar-benar jadi lebih serius main game karena waktu luang yang dimilikinya. Ketika itu ia bermain World of Warcraft dengan sangat serius, menyiapkan strategi raid dan membuat guide melawan boss.

 

Menjadi Komentator Dota 2 Professional Karena Pekerjaan

Sumber: sheevergaming.com

 

Setelah beberapa lama menjadi seorang pemain RPG hardcore, Sheever akhirnya mendapatkan beta key untuk Dota 2 pada tahun 2011. Ketika main, ia pun melakukan streaming untuk menunjukkan bagaimana game Dota 2 tersebut.

Pertama kali menjadi komentator Dota 2, adalah ketika Sheever diminta untuk menjadi admin di sebuah kompetisi Dota 2 amatir. Ketika menjadi admin, Sheever memutuskan untuk memberi sedikit komentar sembari ia menunjukkan apa yang terjadi di dalam permainan.

Berawal dari komentator amatir, Sheever akhirnya putuskan untuk serius menjadi seorang komentator juga analis saat suatu hari perusahaan tempat ia kerja mengalami kemalangan. Ia pun jadi dipecat, yang membuat ia putuskan menjadi komentator Dota 2 penuh waktu.

Kini jadilah Sheever yang sekarang kita kenal, yang seringkali mengisi menjadi panelis, pembawa acara, atau pewawancara di acara-acara besar Dota 2. Sayangnya pada Mei 2017, Sheever didiagnosa terkena kanker payudara. Menghadapi hal tersebut, Sheever pun kini mengurangi kegiatannya di dunia profesional Dota 2, setidaknya sampai kondisinya pulih kembali.

 

BACA JUGA

>> Dari Call of Duty ke Dota 2, Kisah di balik Tobi 'TobiWan' Dawson Komentator Dota 2 Paling Heboh!

 

Ternyata kisah Sheever sampai menjadi sosok ternama di dunia Dota 2 mengalami cukup banyak dinamika ya. Jangan lupa terus ikuti media sosial duniagames.co.id untuk berbagai informasi terbaru seputar sosok sosok inspiratif di dunia eSport Dota 2 dan game lainnya ya!

---

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames

INSTAGRAM: duniagames.co.id

LINE@: @duniagames

 

 

Komentar Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}