Just For Fun

Sedih, Meski Punya Gaming Headset, Ujung-Ujungnya Mereka Pakai Earbuds Musik Saat Tanding!

Ternyata earbuds musik sering dipakai oleh pemain-pemain pro lho! Kenapa ya kira-kira?

sumber: esport.aftobladet.se

 

Bagi kalian yang sering menonton atau menyaksikan pertandingan-pertandingan Esports di luar sana, pasti ada yang memperhatikan pemain-pemain pro tersebut menggunakan 2 hingga 3 jenis penyuara kuping secara bersamaan. Banyak yang sampai saat ini belum memahami kenapa mereka melakukan hal tersebut. Nah, sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya kalian mengetahui tipe-tipe dan definisi dari tiap penyuara kuping tersebut.

 

Berbagai macam jenis penyuara kuping. Sumber: androidpit.com

 

  • Earphone    = Penyuara kuping yang ukurannya relatif kecil tanpa dilengkapi oleh pengeras suara (mic)

 

  • Earset         = Sama dengan Earphone namun memiliki tambahan pengeras suara (mic)

 

  • Earbuds      = Sama dengan Earphone namun desainnya masuk ke dalam telinga dan menghambat suara dari luar masuk (noise-cancelling)

 

  • Headphone = Penyuara kuping dengan ukuran yang besar dan biasanya menutup keseluruhan telinga. Ada yang noise-cancelling ada yang tidak.

 

  • Headset      = Sama dengan Headphone namun memiliki tambahan pengeras suara (mic) 

 

Ramai dan riuhnya event LAN LoL. Sumber: xgames.espn.com

 

Pemain-pemain pro yang bertanding pada turnamen Local Area Network (LAN), biasanya menggabungkan antara Earbuds dengan Headset. Headset disini adalah Headset dengan kemampuan noise-cancelling yang baik, dan biasanya disediakan langsung oleh panitia. Kenapa ya? Kenapa mereka tidak pakai Headset Gaming yang selama ini mereka pakai waktu latihan? Jadi begini, dalam setiap turnamen LAN, bisa dipastikan suara-suara yang sampai ke atas panggung tempat pemain bertanding akan sangat keras. Baik itu yang datang dari komentator, pembawa acara, hingga penonton. Suara-suara ini tidak hanya mengganggu konsentrasi dari para pemain, tetapi juga bisa mempengaruhi jalannya pertandingan jika pemain sampai mengetahui apa yang sedang lawannya lakukan dari apa yang diucapkan oleh komentator atau penonton.

 

Earbuds milik Apple. Sumber: cnet.com

 

Maka dari itu para pemain harus benar-benar kedap dari suara luar. Suara dalam game mereka dapatkan dari Earbuds yang memiliki kemampuan noise-cancelling. Lucunya banyak dari pemain yang menggunakan Earbuds untuk musik. Yang populer tentu salah satu Earbuds yang biasa didapat dari produk-produk Apple. Menurut mereka kualitas dari Earbuds Apple cukup baik dan harganya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan merk-merk lain. Selanjutnya mereka harus menggunakan Headset yang juga noise-cancelling. Dengan Headset tersebut, tidak hanya menutup suara luar yang masuk, namun mereka juga memanfaatkan mikrofon yang ada untuk melakukan komunikasi tim, via program komputer, seperti Team Speak misalnya.

 

Pernyataan Pronax soal headset. Sumber: team-dignitas.net

 

Buat kalian yang bermain game RPG atau MOBA mungkin tidak terlalu ambil pusing perihal penggunaan Earbuds dalam game. Sebab kebutuhan audio dalam game-game tersebut tidak menjadi faktor yang begitu krusial. Lain halnya dengan game bertipe FPS. Audio sangat berperan penting dalam menentukan sebuah keputusan. Suara langkah musuh, suara asal tembakan, suara bom, tentu perlu didengar secara tepat dan jelas. Tak heran banyak pemain yang rela membeli Headset-Headset canggih dan mahal hanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Padahal menurut pengakuan salah satu pemain pro CSGO Markus "Pronax" Wallsten, hampir seluruh pemain pro menggunakan Headphones musik (MP3) saat bertanding di event-event yang ramai!


Wah, kalian sendiri gimana nih? Ngaruh banget nggak sih pakai headset khusus gaming sama yang khusus musik? Jangan lupa ikuti terus DuniaGames untuk update info-info menarik lainnya seputar gaming!

 

sumber: reddit.com, team-dignitas.net, steamcommunity.com, hltv.org, twitter.com

 

Baca Juga:

>> Ini 4 Momen Tergokil Dari Berbagai Cabang Game di Kancah eSport Internasional

 

FANPAGE: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

Voucher

Mulai dari harga
Rp 12.500
Mulai dari harga
Rp 10.000
Mulai dari harga
Rp 13.000
Mulai dari harga
Rp 26.000
Mulai dari harga
Rp 13.000

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}