Dunia Games

Dari Genin sampai Jonin, Ini 5 Tingkat Kekuatan Seorang Ninja di Naruto

Genin, Chunin, Jounin. Ada tingkatan kelas apa lagi yang bisa diraih oleh seorang ninja? Simak selengkapnya di sini!

Angkatan bersenjata ninja merupakan dasar dari sistem Desa Ninja Tersembunyi. Mereka yang memutuskan untuk menjadi seorang ninja akan menjadi bagian dari angkatan bersenjata desa mereka masing-masing.

Dengan bergabung sebagai pasukan desa ninja, maka mereka diwajibkan untuk menjalani berbagai misi yang diterima oleh Desa Ninja; melalui misi-misi tersebut, para pemberi misi akan membayar desa dan menjadi penggerak ekonomi utama sebuah Desa Ninja.

Selain menjalankan misi, para ninja juga memiliki tugas lain seperti menjaga keamanan, melatih calon-calon ninja baru di Akademi, dan lain-lain.

Tugas dan misi yang harus dijalankan oleh seorang ninja dibedakan menurut tingkatan kelas yang mereka miliki. Melalui serangkaian ujian dan pengalaman bertempur, maka ninja tersebut dapat naik tingkat. Mari kita lihat tingkatan kelas apa saja yang bisa diraih oleh seorang ninja.

Murid Akademi

Masashi Kishimoto/Ukyo Kodachi/Mikio Ikemoto/Shueisha/Studio Pierrot

Para calon ninja yang masih menempuh masa pelajaran dan penyesuaian terhadap kehidupan ninja di Akademi. Karena masih mempelajari ilmu-ilmu dasar, mereka tidak dianggap sebagai bagian dari angkatan bersenjata suatu desa ninja.

Namun bila terpaksa, murid-murid Akademi bisa direkrut sebagai anggota pasukan.

Seorang calon ninja yang masih duduk di kursi Akademi terlihat dari pakaian bebas dan belum mengenakan ikat kepala ninja.

Genin

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Genin adalah tingkatan ninja terendah yang didapat ketika seseorang telah lulus dari Akademi.

Begitu mencapai tingkat ini, seorang ninja sudah diwajibkan mengikuti suatu misi dalam sebuah kelompok kecil yang berisi 3 Genin dan 1 Chuunin/Jounin. Umumnya para Genin ditugaskan menjalani misi-misi ringan berupa pekerjaan kasar di Rangking D. Tapi terkadang mereka juga bisa menjalankan misi Rangking C yang lebih berbahaya.

Seorang ninja resmi menjadi Genin ketika mereka sudah mendapatkan ikat kepala. Namun mereka boleh mengenakannya di pundak ataupun sebagai kalung, asalkan lambang desa tetap terlihat.

Chunin

Ninja yang telah mencapai tingkat Chunin dianggap telah memiliki pemikiran yang dewasa/matang dan mampu memimpin ninja lain dalam menjalankan misi. Genin bisa naik ke tingkat Chunin dengan mengikuti Ujian Chunin.

Umumnya ketika sudah mencapai tingkat Chunin, seorang ninja selalu ditugaskan pada misi Rangking C atau B.

Beberapa ninja Chunin bertugas sebagai pemimpin tim seperti Shikamaru. Sementara beberapa di antaranya memilih sebagai guru seperti Iruka dan Shino Aburame.

Beberapa Chunin mengenakan seragam abu-abu saat mengawasi Ujian Chuunin, ada pula yang sudah mengenakan jaket hijau dengan dalaman seragam biru lengan panjang, dan beberapa lebih memilih memakai jaket dengan baju bebas.

Tokubetsu Jonin

Tokubetsu Jonin merupakan kelas Jonin khusus. Berbeda dari Jonin biasa yang merupakan ninja elit dan ahli dalam menangani berbagai skenario pertempuran, Tokubetsu Jonin merupakan ninja yang sangat ahli di bidang tertentu saja, contohnya seperti:

  • Ibiki Morino: ahli dalam memahami pikiran manusia dan teknik interogasi
  • Ebisu: ahli dalam pelatihan privat bagi ninja-ninja elit

Ketika menjalankan misi, umumnya para Tokubetsu Jonin ditugaskan sebagai bawahan seorang Jonin.

Tokubetsu Jonin tidak memiliki seragam khusus.

Jonin

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Tingkat tertinggi yang bisa diraih oleh seorang ninja biasa. Ninja yang mampu naik sampai menjadi Jonin biasanya hanyalah mereka yang sudah sangat berpengalaman di medan pertempuran dan bertugas sebagai pemimpin pasukan.

Dianggap mampu menggunakan setidaknya 2 jenis elemen chakra, menangani dan menggunakan genjutsu, serta memiliki kemampuan taijutsu di atas rata-rata, Jonin sering kali menjalankan misi Rangking A atau S seorang diri.

Sebagian besar Jonin terlihat selalu memakai seragam lengkap: jaket hijau, dalaman biru lengan panjang, dan celana biru. Tapi ada beberapa dari mereka yang tidak memakai seragam lengkap atau mengganti dalamannya dengan baju ketat.


Selain tingkatan Genin, Chunin, dan Jonin, terdapat beberapa ninja yang memiliki gelar khusus. Contohnya adalah:

  • Kepala Ninja: Peringkat khusus di Kumogakure. Setingkat di bawah Raikage, seorang Kepala Ninja membantu memimpin angkatan bersenjata serta berperan sebagai perwakilan Kumogakure secara resmi untuk menggantikan Raikage.
  • Komandan Jonin: Pemimpin pasukan ninja dan para Jonin di Konohagakure yang dipilih dari Jonin-Jonin terbaik. Juga bertugas sebagai wali pasukan saat ada rapat dengan pemimpin desa.

Tingkatan kelas ninja ini juga sebenarnya tidak mewakili kekuatan asli yang dimiliki oleh seorang ninja. Hal ini terlihat paling jelas dalam diri Naruto dan Sasuke, yang tidak tembus sampai tingkat Jonin namun mampu menjadi ninja terkuat sepanjang masa.

Begitu pula Might Duy dan Kosuke Maroboshi, 2 orang yang dinilai sebagai "Genin Abadi" namun menguasai teknik 8 Gerbang atau memiliki kekuatan setingkat Jonin.

 

 

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames 

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}