Dunia Games

Bukan Cuma Sharingan dan Byakugan, Inilah 8 Macam Dojutsu yang Ada di Dunia Naruto

Inilah 8 macam dojutsu terkuat di Naruto! Kira-kira apa saja kah mereka?

Sumber gambar atas: Kanal Youtube Kelsey Johnsoh

Dojutsu, memiliki arti sebagai "jurus mata", merupakan kekkei genkai khusus yang hanya bisa digunakan melalui ninja yang mempunyai mata tertentu. Tiap dojutsu pun memiliki kekuatannya masing-masin; ada yang bisa membaca chakra, mengeluarkan genjutsu, mengendalikan gravitasi, hingga memanipulasi darah.

Yuk bersama kita lihat ada apa saja jenis dojutsu terkuat di Naruto!

1. Byakugan

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Memiliki arti Mata Putih, ini merupakan kekkei genkai yang dimiliki oleh Klan Hyuuga dan Otsutsuki. Kekuatan mata ini merupakan salah satu jutsu yang diturunkan oleh Kaguya Otsutsuki kepada para penduduk bumi. Byakugan umumnya diaktifkan ketika merasakan tekanan/stres pada saat bertempur.

Ketika berhasil diaktifkan, pengguna Byakugan mampu mendapat penglihatan tembus pandang nyaris tanpa cela seluas hampir 360 derajat sudut pandang -- dengan kelemahan berupa titik buta tepat di belakang tulang leher. Memiliki Byakugan juga memungkinkan seseorang melihat aliran chakra dalam tubuh orang lain serta mengetahui "aura" chakra milik seseorang sehingga bisa dipakai untuk membongkar genjutsu.

Kaguya sendiri mampu meningkatkan kekuatan Byakugan hingga memberikannya kemampuan membaca pikiran dan perasaan serta meningkatkan jarak penggunaan genjutsu hingga berkali-kali lipat.

2. Sharingan

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Kekkei genkai yang diturunkan oleh Hagoromo Otsutsuki pada anaknya, Indra, dan para keturunannya yaitu Klan Uchiha. Hanya para Uchiha yang telah merasakan kehilangan hubungan yang berharga akan mampu mengaktifkan Sharingan.

Begitu aktif, maka pengguna Sharingan akan bisa membaca reaksi orang lain berkali-kali lipat dari biasanya. Namun awalnya tubuh mereka akan kesulitan dalam menyesuaikan penglihatan baru mereka yang sangat cepat tersebut. Sharingan memberikan penggunanya 2 jenis kekuatan dalam 1 paket:

  1. Mata Wawasan: Bisa melihat chakra yang diaktifkan lawan dan membaca sekaligus meniru seluruh gerakan anggota tubuh orang lain.
  2. Mata Hipnotis: Teknik genjutsu yang terjadi ketika orang lain melakukan kontak mata dengan Sharingan.

3. Rinnegan

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Rinnegan disebut sebagai mata terkuat dari "Tiga Dojutsu Legendaris". Merupakan kekuatan langka, Rinnegan hanya bisa muncul ketika seseorang mendapatkan chakra dari anggota Klan Otsutsuki dan keturunannya atau melalui penggabungan Sharingan dengan Sel Hashirama.

Kelangkaan mata ini memberikan penggunanya beragam kekuatan dahsyat, mulai dari kemampuan menguasai 5 Elemen Chakra, mengendalikan gravitasi, membuat tongkat hitam yang dapat dialiri chakra dan mengendalikan tubuh orang lain, hingga membuka jalan ke dimensi lain maupun menyerap chakra.


Masih ada 5 dojutsu keren lainnya di halaman berikutnya loh, yuk lanjut ke halaman 2!

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}