Mobile Games

Setelah Gatot Kaca di Mobile Legends, Kini ada Penari Api dari Bali di Vainglory?

Melihat tampilan Reza di Vainglory? Apakah benar ia terinspirasi penari api dari Bali?

Akhir-akhir ini budaya Indonesia sepertinya semakin dilirik untuk dimasukkan ke dalam konten game. Sebelumnya sendiri ada Gatot Kaca yang akhirnya benar-benar dirilis pada Mobile Legends, setelah sebelumnya dianggap hanya sekadar spekulasi saja.

Meski begitu, kehadiran budaya Indonesia di dalam game juga sebenarnya bukanlah perkara baru. Sebelumnya pada Lost Saga, game yang dikembangkan oleh I.O Entertainment dan diterbitkan oleh Gemscool di Indonesia, bisa dibilang sebagai game pertama yang membawa kearifan lokal lewat karakter Gatot Kaca di dalam game mereka.

Jeda beberapa bulan setelah perilisan Gatot Kaca di Mobile Legends, Vainglory kini merilis sesosok hero yang bernama Reza. Dari segi nama, Reza bisa dibilang bukan nama yang aneh untuk seorang hero di dunia Vainglory, mengingat sebelumnya juga pernah ada hero dengan nama Idris seorang pejuang padang pasir di Halcyon Fold.

Tetapi setelah dilihat lagi, Reza ternyata punya unsur kearifan lokal Indonesia yang lebih dari sekadar nama. Apakah kamu sudah menyadarinya? Ya! Jawabannya adalah gaya pertarungannya. Gaya bertarung Reza menggunakan dua buah rantai cambuk yang di ujungnya memiliki sesuatu seperti bola besi yang terbakar. Dalam pertarungan, Reza memutar mencambukkan senjatanya tersebut kepada musuh-musuh yang dilawannya.

Melihat gaya bertarung ini, kamu mungkin jadi teringat dengan tarian api yang biasa ditampilkan di Bali sebagai salah satu sarana hiburan turis. Senjata yang digunakan oleh Reza sendiri terbilang mirip dengan Poi, sebuah alat menggunakan rantai dengan ujung berupa sumbu api, yang biasa digunakan oleh para penampil tarian api. 

Sumber: balifiredancers.com

Meski begitu, tarian api akrobat ini sendiri mungkin bisa dibilang bukan sepenuhnya khas Indonesia. Mengingat tarian api ini tak hanya ditampilkan di bali saja, tetapi juga ada di tempat hiburan lainnya, biasanya tempat wisata pantai di berbagai belahan dunia. Namun, di Indonesia sendiri, tarian api modern dengan gaya akrobatik terbilang menjadi salah satu hiburan khas untuk para pelancong yang datang ke Bali.

Ditambah, kalau kamu cermat, kamu mungkin bisa melihat kalau pada bagian punggung baju Reza terlihat ada sosok barong yang menjadi pola baju miliknya. Barong sendiri merupakan salah satu karakter atau makhluk mitologi di Bali dengan bentuk seperti singa. Makhluk ini dianggap sebagai jelmaan Ratu Gede Mecaling, penguasa alam gaib di laut selatan bali.

Hal ini ternyata juga dikonfirmasi oleh Akane Yoshizaki, Marketing & Communication Manager dari Super Evil Megacorp, bahwa Reza memang terinspirasi dari bali. Semesta kisah Vainglory sendiri memang banyak terinspirasi budaya dari berbagai belahan dunia. Sementara untuk karakter Reza, dikatakan kisahnya memang terinspirasi dari budaya Bali, namun Reza tetaplah karakter orisinal buatan tim Super Evil Megacorp.

Keren ya mengetahui bahwa Reza terinspirasi dari tarian api di Bali. Melihat dari nama dan gaya bertarungnya, bukan tidak mungkin salah satu dari tim pengembang Vainglory mendapat ide membuat hero ini setelah berwisata ke Bali dan melihat tarian api tersebut. Jangan lupa untuk selalu ikuti media sosial duniagames.co.id untuk berbagai berita, cerita, serta, tips dan trik seputar Vainglory ya!
---
FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames