Dunia Games

Mengapa Hampir Semua Game Mobile Menerapkan Sistem Energi? Ternyata Ini 4 Alasan Utamanya!

Suka kesel gak sih kalo lagi seru-serunya main game mobile terus tiba-tiba 'energi' habis?

 

Sumber gambar utama: gameogre.com

Beberapa tahun belakangan game-game bertipe mobile memang sedang berkembang dengan sangat pesat. Salah satu penyebabnya adalah kemajuan teknologi yang memungkinkan game-game dengan grafik indah bisa dimainkan di perangkat mobile. Tidak seperti konsol pada umumnya, game mobile ini juga sangat fleksibel karena bisa dimainkan kapan saja dan di mana saja.

Namun ada satu hal yang membuat game mobile menjadi begitu berbeda dengan game konsol pada umumnya. Ya, penerapan sistem energi. Dengan sistem energi ini kamu tidak bisa melakukan grinding (bermain secara terus-menerus) seperti yang bisa kamu lakukan di konsol. Penasaran apa alasan di balik penerapan sistem energi ini? Simak langsung pembahasannya ya!

Sumber: theverge.com

1. Mencegah Pemain Overpower

Pemain Overpower adalah pemain yang biasanya memiliki kemampuan atau status jauh di atas rata-rata pemain lainnya. Bisa itu berupa mata uang game yang melimpah, item langka yang bervariasi, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin saja mereka dapatkan jika sanggup bermain secara non-stop. Kehadiran sistem energi jelas membuat mereka tak bisa melakukan hal ini. Setelah kehabisan energi, mau tidak mau harus menunggu agar energi terisi kembali.

2. Meminimalisir Kehadiran BOT

Masih berkaitan dengan poin nomor satu, hampir sebagian besar pemain yang sanggup melakukan grinding secara non-stop menggunakan program ketiga alias BOT. Lewat program tersebut memungkinkan karakter pemain untuk bergerak sendiri dan melakukan aktivitas di dalam game. Meski kebanyakan game-game mobile sudah menyediakan fitur auto yang terintegrasi, dengan adanya pembatasan energi, kehadiran BOT pun tidak akan memberi pengaruh yang signifikan.

Sumber: pinterest.com

3. Agar Gadget Tak Cepat Rusak

Jika tidak ada pembatasan energi, bisa jadi mereka-mereka yang sudah kecanduan sebuah game akan memainkan game tersebut sepanjang hari. Hal ini tentu akan banyak mengonsumsi daya yang ada pada gadget kalian. Bermain game sambil mengisi ulang daya gadget, adalah sesuatu yang sangat berbahaya! Gadget akan menjadi sangat panas dan bisa saja meledak. Di samping itu baterai yang diisi ulang terlalu sering dan cepat, akan membuat usia dari baterai tersebut jadi lebih singkat. Jangan kaget bila tiba-tiba baterai kalian bocor, dan harus menggantinya dengan baterai baru.

4. Monetisasi dari Pihak Pengembang

Sebuah game diciptakan tentunya sebagai sebuah produk bisnis. Dalam suatu proses pembuatan dan pemeliharaan game pastinya membutuhkan biaya; baik untuk membayar tenaga kerja, menjaga dan memelihara server, hingga mengembangkan game tersebut ke depannya. Tak heran meski diberi embel-embel "free to play", bagi kalian yang memang menyukai game tersebut, pasti rela merogoh kocek agar bisa menikmati pengalaman yang lebih baik. Salah satunya dengan membeli energi tambahan. Dengan energi yang lebih banyak, kalian akan mendapat keuntungan tersendiri di dalam game. Begitu pula pihak pengembang yang juga mendapat keuntungan berupa uang.


Nah, sudah tercerahkan kan sekarang kenapa hampir semua game mobile pakai sistem energi? Kalian sendiri lebih suka sistem energi, atau tanpa energi? Beri komentar di bawah ya! Jangan lupa ikuti terus DuniaGames untuk info-info menarik lainnya seputar game mobile!

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 3.000
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}