Dunia Games

Profil Ninja Naruto: Sannin, 3 Ninja Legendaris asal Konohagakure

Apa yang membuat Sannin menjadi legenda? Dari mana asal kata Sannin dan mengapa mereka mendapat julukan itu? Yuk intip kisahnya!

Sannin merupakan sebutan untuk 3 ninja legendaris asal Konohagakure; yaitu Jiraiya, Orochimaru, dan Tsunade. Disebut-sebut sebagai ninja terhebat di masanya kata 'Sannin' sendiri sebenarnya hanya berarti '3 Orang', namun sebutan lengkap mereka adalah Densetsu no Sannin yang memiliki arti harafiah 3 Orang Legendaris.

Seperti apa sebenarnya kisah legendaris mereka? Dari mana asal kata Sannin dan mengapa mereka mendapat julukan itu? Yuk bersama-sama kita intip kisahnya!


Sebagai Genin, para Sannin belajar langsung dari Hiruzen Sarutobi, ninja hebat yang menjadi Hokage Ke-3. Meski bersama-sama Tim Hiruzen berhasil menyelesaikan dan mencapai hal-hal hebat, mereka ber-3 selalu cekcok dan tidak pernah akur. Hingga akhirnya begitu menjadi ninja yang mampu menjaga dirinya masing-masing tim ini pun dibubarkan secara resmi.

Sepak Terjang Sannin di Dunia Ninja 

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Walau resmi bubar, Sannin masih tetap bersama untuk beberapa waktu terutama pada masa Perang Dunia Shinobi Ke-2. Menjadi 3 orang yang berhasil selamat dari serangan Hanzo, pemimpin Amegakure, di sini lah Jiraiya, Orochimaru, dan Tsunade mendapat gelar sebagai 'Sannin'; sebagai bentuk penghargaan dari Hanzo karena mampu bertahan hidup menghadapi serangannya yang mematikan di usia mereka yang relatif muda sementara rekan-rekan mereka tidak.

Selain itu mereka juga terkenal karena kemampuannya memanggil hewan Kuchiyose terkuat: kodok dari Gunung Myoboku, ular dari Gua Ryuichi, dan siput dari Hutan Shikkotsu. Tiap hewan raksasa tersebut memiliki kekuatan yang tidak kalah hebat dibanding seekor Bijuu.

Sayangnya di sini pula para Sannin terlihat bertempur bersama. Ketika bertemu dengan 3 anak kecil penduduk Amegakure yang menjadi yatim-piatu karena perang, Jiraiya beradu mulut dan menentang keputusan Orochimaru membunuh mereka untuk mengakhiri penderitaan mereka. Jiraiya kemudian memutuskan untuk berpisah, menetap di Desa Ame, mengajarkan para anak kecil tersebut ilmu-ilmu ninja dan cara bertahan hidup.

Menghabiskan waktu beberapa tahun di negara asing, begitu kembali ke Konohagakure Jiraiya menemukan bahwa teman-temannya telah 'menghilang'; Tsunade berhenti bekerja sebagai ninja dan pergi bertualang sementara Orochimaru yang ketahuan melakukan eksperimen terlarang diusir dari desa.

Ke-3 ninja tersebut tidak pernah memperbaiki hubungan mereka seusai Perang Dunia Shinobi Ke-2, namun mereka selalu memiliki hubungan yang lekat antara satu sama lain:

  1. Ketika Orochimaru dikabarkan telah tewas, meski lega dia tidak menjadi ancaman lagi Tsunade dan Jiraiya tetap merasa sedih saat mendengarnya.
  2. Saat Jiraiya menginvestigasi gerak-gerik Pain, Tsunade bertaruh dia tidak akan selamat -- dengan harapan hokinya yang buruk akan memberikan efek yang terbalik. Saat mengetahui kematiannya, Tsunade memilih untuk berkabung seorang diri.
  3. Pada Perang Dunia Shinobi Ke-4, Tsunade mengatakan pada Orochimaru jika saja dia 'berubah' lebih cepat maka Jiraiya bisa selamat. Namun Orochimaru membalas dengan mengatakan semua orang bisa berubah jika diberikan waktu yang cukup dan Jiraiya lebih baik tewas daripada dirinya harus berubah menjadi sesuatu yang lebih buruk di masa depan; menghargai sifat dan tekad Jiraiya yang sangat keras. 

Warisan dan Kehebatan Para Sannin

zerochan.net

Sebagai ninja hebat dan legendaris, bukan hanya sepak-terjang mereka saja yang membuat nama mereka terus diingat, namun juga warisan yang diturunkan pada generasi-generasi selanjutnya.

  1. Tsunade: mengubah total sistem medis dunia ninja, menciptakan 4 aturan bagi ninja medis, serta membuat seorang ninja medis harus selalu dimasukan ke dalam suatu regu pertempuran; menciptakan ilmu Sozo Saisei; menjadi Hokage Ke-5.
  2. Orochimaru: menemukan berbagai kinjutsu baru dari eksperimennya; membuka jalan untuk pemanfaatan Sel Hashirama; membongkar misteri Edo Tensei; mendirikan Desa Otogakure.
  3. Jiraiya: pengarang novel populer Icha Icha dan Kisah Shinobi yang Gagah; secara tidak langsung membantu mendirikan Akatsuki; guru Hokage Ke-4; membantu Konohagakure bertahan dari serangan Pain berkat informasinya.

Para Sannin sendiri juga pernah ditawarkan atau dipertimbangkan untuk menjadi Hokage. Jiraiya telah 3 kali ditawarkan dan semuanya ditolak, kecerdasan Orochimaru membuatnya sempat dipertimbangkan menjadi Hokage, dan terakhir Tsunade berhasil dibujuk oleh Jiraiya untuk menjadi Hokage.

Dari mana asal istilah 'Sannin'? Simak di halaman 2 yah.

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}