Dunia Games

Empat Jenis Lag dalam Game Online yang Mesti Kamu Ketahui Penyebabnya!

Lag? Lag gara-gara apa dulu nih? Ternyata macam-macam lho penyebabnya, simak yuk!

Lag dalam game online adalah sebuah kondisi dimana gerakan yang terjadi pada game tidak sesuai timing-nya dengan eksekusi yang kita lakukan. Akibatnya terjadi jeda yang sering menimbulkan kerugian hingga kekalahan pada karakter kita. Lag merupakan musuh terbesar bagi tiap pemain game online yang sebisa mungkin akan mereka hindari.

Namun hingga saat ini masih banyak pemain yang belum bisa membedakan penyebab dari lag itu sendiri, padahal dengan mengtahui penyebabnya, kalian bisa mencari solusi sehingga hal serupa tak terulang kembali. Nah, berikut ini adalah empat jenis lag yang wajib kalian ketahui berdasarkan penyebabnya!

Sumber: ee.co.uk

1. Ping

Ping merupakan bagian dari koneksi internet yang sering disepelekan. Secara ringkas ping bisa diartikan seberapa cepat respon bolak-balik yang terjadi antara pemain (client) dengan server game yang bersangkutan. Satuan yang sering digunakan adalah milisecond (ms), semakin kecil angka yang didapat, akan semakin nyaman juga kalian bermain. Sebuah game online dikatakan tak layak dimainkan jika ping berada di atas angka 100 ms. Semakin dekat jarak antara client dengan server, sudah pasti angka ping yang didapat akan semakin rendah.

2. Bandwidth

Bandwidth merupakan bagian dari koneksi internet yang bisa diibaratkan seperti kecepatan melaju sebuah kendaraan. Semakin cepat kendaraan tersebut melaju, tentu makin cepat sampai. Begitu pula proses unggah dan unduh yang akan cepat selesai jika bandwidth-mu besar. Namun hal ini tidak begitu berpengaruh ketika kalian bermain game online. Hampir semua game online hanya memakai sedikit bandwidth ketika dimainkan. Itu sebabnya ping kecil lebih diprioritaskan. Tetapi ping tersebut bisa mendadak naik jika bandwidth-mu kecil, terlebih saat melakukan aktivitas berat lain seperti download dan streaming di saat yang bersamaan!

Sumber: pcgamer.com

3. Visual

Lag yang satu ini memang tak ada kaitannya dengan koneksi internet. Hal ini muncul jika spesifikasi komputer yang kalian milik tidak cukup kuat untuk memainkan game yang bersangkutan. Biasanya perangkat yang paling berpengaruh dan mempunyai beban berat adalah kartu grafis. Oleh karena itu tak ada salahnya jika kalian berinvestasi lebih pada kartu grafis demi mendapatkan pengalaman bermain yang memuaskan.

4. Server

Walaupun ketiga hal tadi sudah kalian atasi, ternyata ada penyebab lain yang hanya bisa diselesaikan oleh pihak ketiga, yaitu server. Sebaik apapun koneksi internet dan perangkat yang kalian gunakan, semuanya menjadi sia-sia jika memang server dari game tersebut bermasalah. Hal ini sangat sering terjadi pada server game-game online yang baru rilis. Padatnya traffic yang masuk dan keluar akan menimbulkan gangguan koneksi.


Itu tadi empat jenis penyebab lag yang biasa kalian temui ketika bermain game online. Mudah-mudahan dengan informasi tersebut kalian bisa mengatasi masalah lag sehingga tak terulang kembali! Jangan lupa ikuti terus Dunia Games untuk info-info menarik lainnya!

Sumber gambar utama: mommysbusy.com

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}