Dunia Games

Kisah Dunia Naruto: Nukenin, Ninja Pelarian yang Tidak Bertuan dan Tidak Berumah

Nukenin, missing-nin, atau ninja pelarian -- sebutan yang diberikan kepada mereka yang meninggalkan desa ninja kesayangan!

Nukenin alias 'ninja pelarian' merupakan sebutan yang diberikan pada ninja-ninja yang meninggalkan desa asal mereka di dunia Naruto. Umumnya ninja yang diberi label sebagai nukenin merupakan seorang kriminal; baik sebelum maupun karena pergi dari desa asal yang dimaksud, meninggalkan tugas dan kewajiban sebagai seorang ninja.

Karena dinilai sebagai kriminal serta dianggap membelot dan membawa lari rahasia desa, nama mereka yang sudah menjadi nukenin akan masuk ke dalam Buku Bingo -- buku panduan mengenai nama-nama penjahat yang dipegang oleh Jonin dan Anbu. Dan jika berhasil ditemukan, maka para nukenin akan langsung dibunuh di tempat.

Terkadang ninja-ninja pelarian yang disebut juga sebagai missing-nin ini masih suka memakai ikat kepala berlambang desa asal mereka, namun secara resmi sudah tidak lagi mengabdi dan bertugas dengan desa yang dimaksud. Beberapa dari mereka ada yang menggores lambang di ikat kepala; menekankan fakta bahwa mereka telah memutuskan hubungan terhadap desa itu, seperti yang dilakukan oleh seluruh anggota Akatsuki.

Seperti yang sudah dibahas sekilas tadi, biasanya Jonin dan Anbu lah yang ditugaskan untuk mengejar nukenin. Akan tetapi Kirigakure memiliki divisi Anbu yang memiliki tugas khusus untuk memburu nukenin. Mereka disebut sebagai Hunter-nin atau korps ninja pemburu dan bisa diidentifikasi dari topeng putih bercorak.

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Akan tetapi tidak semua ninja yang meninggalkan desa mereka akan langsung dicap menjadi nukenin. Dan ada pula ninja yang sudah dianggap sebagai nukenin tapi tidak dikejar-kejar oleh pemerintah desa asal mereka. Berikut adalah beberapa contohnya:

  1. Tsunade - Berhenti menjadi ninja dan meninggalkan Konohagakure setelah Perang Dunia Shinobi Ke-2, namun tidak diburu oleh ninja Konoha. Tapi Jiraiya menyebutkan kalau Tsunade membantu Orochimaru -- musuh besar Konoha -- maka keadaan akan berubah dan Jiraiya akan terpaksa membunuhnya.
  2. Itachi Uchiha - Secara resmi dianggap sebagai nukenin setelah membantai Klan Uchiha, namun tidak diburu karena dia melaksanakannya atas perintah rahasia petinggi Konoha.
  3. Roshi - Jinchuuriki Siluman Ekor 4 yang pergi dari Iwagakure dalam rangka mengendalikan kekuatan sang siluman dalam dirinya. Meski membawa pergi aset peperangan, dia tidak dikejar petinggi Iwa.
  4. Sasuke Uchiha - Kabur dari Konoha untuk belajar pada Orochimaru kemudian sempat bergabung dengan Akatsuki. Tsunade yang saat itu menjabat sebagai Hokage Ke-5 memutuskan untuk membiarkan Sasuke karena permintaan Naruto. Keleluasaan berhenti begitu Danzo naik menjadi kandidat Hokage sementara, yang langsung memutuskan untuk mengeksekusi Sasuke.

Ikuti terus media sosial DuniaGames untuk info-info menarik seputar dunia Naruto, Boruto, dan anime lainnya!

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}