Anime

7 Macam Latihan Keras yang Dijalani Ninja Naruto Demi Mengasah Keahlian Bertarung

Untuk menjadi ninja yang handal, para shinobi dunia Naruto harus menjalani 5 jenis latihan ini -- tapi awas, jangan kamu tiru, ya!

Orang-orang yang mengambil jalan hidup sebagai ninja di dunia Naruto tidak melakukannya hanya untuk sekedar bermain-main saja. Mereka memutuskan belajar menjadi seorang ninja untuk melindungi desa tempat tinggal sekaligus berperan sebagai seorang prajurit; yang mana tugas mereka adalah menghabisi nyawa ninja lain demi kepentingan dan keamanan desa.

Karena itu agar mereka bisa selamat dalam pertempuran serta menyelesaikan misi, tentu seorang ninja tidak hanya perlu dibekali perlengkapan yang memadai seperti baju pelindung atau senjata saja, tetapi juga kemampuan dasar untuk bertahan hidup. Nah berikut adalah latihan-latihan yang mereka lakukan agar bisa menjadi ninja yang hebat.

1. Latihan Shuriken

Salah satu latihan dasar yang bisa dilakukan oleh ninja, calon ninja, atau orang biasa sekalipun. Sesuai sebutannya, latihan ini akan mengajak pesertanya untuk melempar shuriken, kunai, atau senjata jarak jauh lain setepat mungkin ke arah papan target. Tujuannya jelas untuk melihat apakah mereka mampu mengenai sasaran dengan tepat atau tidak serta melatih akurasi lemparan.

Ninja yang sudah sangat mahir mampu menembak tepat banyak target sekaligus di titik tengah dalam 1 gerakan. Awas, jangan sampai kamu mainan benda-benda tajam, karena ini teknik ninja dan bukan untuk permainan orang biasa seperti kita!

2. Kumite

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Alias latih tanding, metode latihan jenis ini biasa dipakai di Akademi Ninja Konohagakure untuk menilai kemampuan dasar seorang calon ninja.

Menurut peraturan resminya, Kumite baru dimulai ketika 2 anak yang bertanding telah membentuk 'Segel Konfrontasi' di tangan mereka sebagai tanda bahwa mereka siap berhadapan dengan 1 sama lain. Setelah pertandingan usai, maka mereka harus membentuk 'Segel Perdamaian' dengan menyilangkan jari 1 sama lain, menandakan meski bertarung mereka tetap bersahabat.

3. Latihan Berjalan di Pohon/Tembok

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Selain mengasah ilmu beladiri tangan kosong maupun dengan senjata, ninja juga harus mampu mengendalikan kemampuan kontrol chakra mereka; bagaimana caranya mengolah, mengeluarkan, dan menjaga aliran chakra dengan tepat.

Cara paling mudah untuk mempelajari hal itu adalah dengan menjalani latihan jalan di pohon. Dengan menyalurkan jumlah chakra yang benar ke kaki secara konstan maka seorang ninja mampu berjalan kaki di lahan vertikal maupun di langit-langit secara terbalik.

Jika aliran chakra terlalu sedikit, maka kaki akan lepas dari pohon. Sementara kalau terlalu banyak, kaki akan mendorong tubuh dari pohon dan merusak bagian terakhir yang diinjak.