Dunia Games

ExpensiveWalls, Virus Baru yang Sudah Menyerang Lebih dari 4,2 Juta Pengguna Android!

Waspada guys, terutama yang nge-game pakai Android, soalnya virus ini bisa nyolong pulsa kamu!

Hampir sebagian besar gamer mobile masih menggunakan device dengan sistem operasi Android sebagai pilihan utamanya. Selain mudah dioprek, harganya juga lebih terjangkau bila dibandingkan dengan device iOS buatan Apple. Tetapi di lain sisi, kelebihan Android ini juga menjadi kekurangannya. Mudahnya pengguna melakukan perubahan dan modifikasi, membuat Android rentan terserang oleh berbagai macam virus (malware).

Sumber: ibtimes.co.uk

Nah, baru-baru ini Android kembali diserang oleh virus bernama ExpensiveWalls. Virus ini datang melalui aplikasi yang diunduh oleh para pengguna di Play Store. Ketika pengguna memasang sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut akan meminta berbagai macam izin untuk mengakses opsi pengaturan yang ada di dalam device. Salah satunya izin menggunakan fitur Short Message Service (SMS). Berikut ini skema jahat dari virus ExpensiveWalls:

1. Pengguna mengunduh aplikasi melalui Play Store
2. Pengguna memberikan semua akses yang diminta oleh aplikasi
3. Aplikasi mulai ter-install, sekaligus memasang virus yang menjadi satu dengan APK
4. Virus melakukan pengiriman SMS premium secara otomatis ke server mereka
5. Tak sadar pulsa pun dirampok atau tagihan dari pengguna akhirnya membengkak

Sumber: checkpoint.com

Sejauh ini, virus ExpensiveWalls banyak disematkan ke aplikasi-aplikasi wallpaper gratis yang sangat diminati oleh banyak orang. Menurut thehackernews, sekitar 50 aplikasi di Play Store terdeteksi mengandung ExpensiveWalls, dan tidak menutup kemungkinan untuk merambah ke aplikasi-aplikasi lain. Lebih dari 4.2 juta pengguna Android sudah terserang oleh virus ini. Kejadian ini bukanlah kasus pertama bagi Android. Sebelumnya sudah sempat terjadi beberapa kasus serupa yang sangat merugikan penggunanya.

Buat kalian pengguna Android yang belum terkena virus ini, disarankan untuk mengunduh dan memasang aplikasi anti-virus gratis yang sudah disediakan oleh Google, yaitu Play Protect. Aplikasi ini akan mendeteksi setiap gerak-gerik mencurigakan pada device kalian, dapat mencegah program-program yang tak diinginkan terpasang. Jangan lupa untuk update terus versi Android karena Play Protect tak bisa berjalan di Android versi lama. Yang terakhir, jangan asal memasang aplikasi gratis, terlebih lagi jika berasal dari sumber yang tak terpercaya!


Kalau kalian punya tips dan pengalaman lain menghadapi virus ini, langsung sampaikan di bawah ya! Jangan lupa ikuti terus Dunia Games untuk info menarik lainnya!

Sumber gambar utama: migliorblog.it

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 3.000
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}