Dunia Games

Profil Klan Naruto: Klan Hyuuga, Pemilik Mata Putih Byakugan yang Bisa Melihat Segalanya

Klan Hyuuga, pemilik dojutsu Byakugan, ternyata menyimpan rahasia di balik tewasnya Hizashi dan konflik dengan Kumogakure! Simak sejarahnya di sini!

Dalam kisah Naruto, Klan Hyuuga adalah keluarga ninja di Desa Konohagakure yang sangat terkenal karena memiliki dojutsu Byakugan; memberikan kaum Hyuuga kekuatan melihat tembus pandang dan pandangan hampir 360 derajat!

Namun walau menyimpan jutsu yang kuat, Klan Hyuuga juga menyimpan sebuah rahasia kelam: pertentangan antara anggota klan yang terbagi menjadi dua dan juga konflik mereka dengan Desa Kumogakure. Apa yang sebenarnya terjadi? Mari simak sejarah singkat kaum Hyuuga berikut ini!


Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Klan Hyuuga merupakan salah satu dari empat klan bangsawan Konohagakure dan dianggap sebagai salah satu klan terkuat desa ninja tersebut. Kehebatan Hyuuga masih sangat dikenang sampai pada Perang Dunia Shinobi Keempat seorang ninja Kumogakure mengatakan kalau mereka sempat dibuat kesulitan pada masa perang terdahulu.

Sebagai keturunan Klan Otsutsuki, terutama dari garis keluarga Hamura Otsutsuki, mereka pun mewarisi kekkei genkai Byakugan yang memberikan mereka beberapa macam kekuatan unik seperti: pandangan nyaris 360 derajat, penglihatan jarak jauh, kemampuan melihat menembus objek, dan membaca aliran chakra.

Akan tetapi meski semua anggota klan mewarisi Byakugan dan menunjukkan ciri fisik mata berwarna abu-abu atau putih, mereka harus menjalani latihan keras terlebih dahulu agar bisa mengaktifkan kekuatan asli dari dojutsu tersebut dan tampaknya tidak semua Hyuuga dapat melakukannya.

Selain itu mereka juga mempunyai kemampuan untuk melepaskan chakra dari titik tenketsu dalam tubuh sebagai metode menyerang dan bertahan melalui teknik taijutsu Juken alias Tinju Lembut. Mereka dapat melumpuhkan lawan dengan memotong aliran chakra mereka hanya melalui sentuhan lembut yang dialiri chakra ke tubuh musuh

Politik dalam Rumah Tangga Keluarga Besar Hyuuga

Untuk menjaga rahasia Byakugan dari tangan pihak-pihak lain yang ingin mencurinya, keluarga besar Hyuuga membentuk sebuah sistem politik internal yang cukup kompleks; yakni dengan membagi keluarga menjadi dua bagian: Rumah Utama dan Rumah Cabang yang dibedakan berdasarkan urutan kelahiran atau keturunan bagian keluarga tertentu.

Anggota Rumah Utama mengatur klan secara total sementara Rumah Cabang bertugas melindungi mereka dan mendapatkan segel terkutuk yang terpampang di dahi mereka. Segel tersebut tidak hanya berfungsi untuk menyegel Byakugan ketika pemiliknya tewas, tetapi juga memberikan kuasa penuh bagi Rumah Utama karena mereka dapat menyiksa atau bahkan membunuh anggota Rumah Cabang dengan satu gerakan tangan.

Merasa diperlakukan seperti budak dan kebebasan Rumah Cabang dibatasi, walau bertujuan menjaga rahasia klan namun segala hal yang berkaitan dengan pemisahan Rumah dan segel itu sering kali memicu konflik dalam tatanan Keluarga Hyuuga.

Peristiwa Hyuuga, Konflik Kumogakure, dan Tewasnya Hizashi

Berhubungan dengan konflik internal klan dan kemampuan mereka, sempat terjadi kecelakaan yang kemudian dikenal sebagai Peristiwa Hyuuga.

Kejadian ini terjadi sembilan tahun sebelum Naruto menjadi Genin dan Konohagakure masih berperang melawan Kumogakure. Dalam upaya menyelesaikan konflik antardesa, kedua belah pihak setuju untuk menandatangani perjanjian damai (yang bersamaan dengan ulang tahun ketiga Hinata Hyuuga). Akan tetapi para Hyuuga tidak mampu melihat menembus rencana licik Kumogakure. Perjanjian tersebut hanyalah kedok yang digunakan oleh Kepala Ninja Kumogakure untuk menculik Hinata dan mencuri Byakugan. Untungnya rencana ninja Kumo itu berhasil digagalkan oleh Hiashi Hyuga -- yang sekaligus menghabisi nyawanya.

Menyangkal segala tuduhan, Kumogakure justru meminta Hiashi selaku pelaku pembunuhan dieksekusi sebagai kompensasi tewasnya ninja berpangkat penting dari desa mereka, mengikuti peraturan perjanjian damai yang telah disetujui.

Tidak ingin saudaranya meninggal dan rahasia Byakugan jatuh ke tangan desa musuh, Hizashi Hyuuga yang merupakan saudara kembar Hiashi dan anggota Rumah Cabang yang memiliki segel memutuskan untuk menukar nyawanya meski ditentang oleh Hiashi dan ayah mereka.

Peristiwa tersebut masih terbekas di ingatan para petinggi Desa Konohagakure dan menilainya sebagai pelanggaran berat dari sisi Kumogakure.

Anggota Klan Hyuuga yang Terkenal

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm/Bandai Namco

  • Hiashi Hyuuga; pemimpin klan dan Rumah Utama
  • Hinata Hyuuga; anak perempuan pertama Hiashi dan istri Hokage Ketujuh
  • Hanabi Hyuuga; adik Hinata dan pewaris Klan Hyuuga
  • Hizashi Hyuuga; saudara Hiashi, paman Hinata, dan ayah Neji
  • Neji Hyuuga; anak laki-laki Hizashi, tewas di Perang Dunia Shinobi Keempat
  • Natsu Hyuuga; pelayan dan pengawal Hiashi
  • Hoheto Hyuuga; anggota Divisi Serangan Kejutan Aliansi Shinobi
  • Iroha Hyuuga; anggota Tim Kekkai Kumo Aliansi Shinobi
  • Kou Hyuuga; pengawal Hinata
  • Tokuma Hyuuga; anggota Tim Infiltrasi dan Pengintaian Aliansi Shinobi

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}