Dunia Games

Kisah Dunia Naruto: Apa Sebenarnya Peran Para Daimyo dan Hubungan Mereka dengan Desa Ninja?

Apa sih sebenarnya pekerjaan daimyo alias presiden dunia Naruto? Dan seperti apa hubungan mereka dengan desa ninja? Nah, intip penjelasannya di sini!

Kage bukanlah pemerintah utama atau absolut dalam dunia Naruto, mengingat mereka adalah pemimpin sebuah desa ninja saja dan bukan pemimpin suatu negara. Desa ninja tersembunyi macam Konohagakure juga masih merupakan bagian dari negara, dan negara-negara yang menampung desa ninja itu (beserta wilayah lain) dipimpin oleh orang yang menjabat sebagai daimyo.

Para daimyo ini memang tidak sering terlihat dan bahkan saat mereka mendapat sorotan di waktu Perang Dunia Shinobi Keempat, daimyo-daimyo dari berbagai negara cuma terlihat bersantai dan bermain kartu sambil dijaga pasukan Aliansi Shinobi! Sebenarnya apa sih peran mereka? Kalau sudah penasaran, yuk simak pembahasan daimyo Naruto kali ini!


Fungsi Dasar Daimyo sebagai Pemimpin Negara

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Daimyo adalah pemimpin politik negara-negara yang ada di dunia ninja. Tapi berbeda dengan perdana menteri atau presiden yang kekuasaannya masih dibagikan dan dibatasi pada lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif lain macam DPR-MPR-DPD, daimyo memiliki kuasa penuh pada negara yang mereka pimpin dan hanya dibantu oleh sekelompok penasihat.

Daimyo bertanggung jawab atas semua keputusan mengenai negara baik yang berurusan dengan permasalah desa ninja maupun warga negara biasa. Dari mengatur hubungan antarnegara, anggaran tahunan, hingga memberikan hak-hak istimewa pada desa ninja tersembunyi.

Bahkan keputusan pemilihan Kage baru juga bisa masuk ke dalam wewenang para daimyo. Di Konohagakure misalnya, jika seorang Hokage belum menentukan penerus saat mereka meninggal dunia atau tidak sadarkan diri/koma, daimyo bisa memilih siapa yang akan menjadi Hokage selanjutnya. Keputusan daimyo dibantu oleh saran dari sekelompok panitia, Dewan Konoha, Komandan Jonin, dan representatif Anbu. Saat kandidat sudah terpilih, calon atau Hokage sementara harus disetujui oleh seluruh anggota Jonin sebelum dia bisa menjabat secara resmi.

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Maka dari itu daimyo merupakan orang atau posisi paling penting di seluruh negara dan memegang kekuasaan politik tertinggi, sampai mereka mendapat perlindungan khusus oleh Aliansi Shinobi pada Perang Dunia Shinobi Keempat.

Meski memiliki kuasa besar, para daimyo hanyalah orang biasa tidak seperti ninja yang memiliki kekuatan ninjutsu. Dianggap egois dan tidak pernah menyaksikan langsung konflik yang memakan banyak korban jiwa, muncul lah Gengo dan pasukan ninja-nya yang ingin membuat Perang Dunia Ninja baru dalam rangka menggulingkan pemerintahan pada kisah Shikamaru Hiden: Awan Mengambang di Atas Kegelapan yang Sunyi (atau anime Naruto Shippuden episode 489-493).

Hubungan Desa Ninja dengan Daimyo dan Negara Asal

Masashi Kishimoto/Mikio/Ikemoto/Ukyo Kodachi/Shueisha/Studio Pierrot

Desa ninja tersembunyi sendiri adalah bagian dari suatu negara. Pemimpin mereka, Kage, mempunyai kedudukan yang kurang-lebih setara dengan daimyo. Desa ninja tersembunyi memiliki hubungan yang sangat transaksional dengan negara asal mereka, sudah terlihat ketika pertama kali Hashirama Senju dan Madara Uchiha membentuk Desa Konohagakure. Setelah mengadakan perjanjian untuk mendapat wilayah, Konohagakure dibebaskan berunding dengan desa-desa dari negara lain dan bahkan membagikan kekuatan sebesar Siluman Berekor.

Secara teknis para desa ninja merupakan entitas independen yang mempunyai wilayah yurisdiksi tersendiri lepas dari negara, mampu mengatur kondisi politik secara otonom dan bekerja untuk negara lain. Contoh paling jelas adalah seperti yang dilakukan oleh Negara Angin, menyewa jasa Konohagakure yang lebih murah dari Sunagakure hingga membuat ekonomi desa terpuruk dan berujung pada Invasi Konoha. Akan tetapi jika negara secara keseluruhan terlibat perang maka desa ninja juga diwajibkan membantu dan mengikuti peperangan negara asal yang bersangkutan.

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Novel Gaara Hiden: Fatamorgana Padang Pasir memperdalam hubungan politik tersebut. Diceritakan walau Daimyo Negara Angin dengan senang mengeluarkan uang untuk membayar seluruh upaya perang menuju kemenangan Perang Dunia Shinobi Keempat, mereka tidak merasa perlu mendanai permasalahan yang muncul setelah perang usai seperti kompensasi bagi keluarga ninja yang tewas atau biaya rehabilitasi pasukan yang terluka karena menganggapnya sebagai permasalahan kaum/desa ninja sendiri.

Maka dari itu bisa diasumsikan bahwa desa ninja bekerja layaknya seseorang yang menyewa kamar kontrakan; dengan daimyo atau negara adalah pemilik gedungnya. Desa ninja mendapatkan tempat dengan menjalin hubungan terhadap sebuah negara namun harus menaati dan membayar beberapa tanggung jawab dan peraturan yang ditetapkan daimyo.

Hal serupa juga terjadi pada negara-negara feodal Abad Pertengahan, baik di Jepang maupun Eropa. Sebuah kelompok atau klan yang memiliki angkatan bersenjata disewa oleh penguasa daerah setempat (daimyo, pemimpin feodal) dan dibayar dengan emas, tanah/wilayah, dan/atau beras/makanan seperti halnya Klan Sanada yang mengabdi pada Klan Takeda yang lebih besar pada masa Perang Saudara Jepang.

Para penguasa daerah memiliki pasukannya sendiri (kalau di Naruto seperti 12 Ninja Pelindung Negara Api, sekumpulan ninja pengawal daimyo yang kesetiaannya tidak terikat dengan desa asal) namun tetap mengandalkan angkatan bersenjataan sewaan tadi sebagai pendukung dan pasukan militer utama mereka. Beberapa kelompok yang loyal terhadap penguasa daerah dan terbukti bermanfaat biasanya akan diberikan hak-hak khusus.

twitter.com/ospreybooks


Nah kurang lebih itu dia penjelasan mengenai daimyo dunia Naruto. Semoga bermanfaat dan nantikan lagi pembahasan Naruto dari DuniaGames yang selanjunya, ya!

Sumber: Reddit.com

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
LINE@: @duniagames 

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}