Dunia Games

Kisah Dunia Naruto: Kumogakure, Desa Ninja dengan Kekuatan Militer Terbesar

Kumogakure, Desa Awan yang tersembunyi di Negara Petir ini adalah desa ninja yang sangat militeristik! Ayo intip sejarah mereka di sini!

Selain Konohagakure, terdapat empat desa ninja lain yang menjadi bagian dari 'Lima Desa Ninja Besar' dunia Naruto; salah satunya adalah Kumogakure. Sebagai anggota lima desa besar, Kumogakure bukan hanya menjadi desa yang berdiri saat berakhirnya masa Perang Saudara tetapi juga menyimpan kekuatan besar sampai mempunyai reputasi yang sangat disegani di seantero dunia ninja.

Yuk kita coba ungkap sekilas sejarah Kumogakure, desa ninja yang berdiri di Negara Petir berikut ini!


Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Kumogakure adalah desa ninja tersembunyi yang terletak di Negara Petir. Didirikan oleh A sang Raikage Pertama setelah Era Perang Saudara, Kumogakure mengambil lokasi di pegunungan tinggi yang terselimuti awan. Sejauh ini sudah ada lima Raikage yang menjadi pemimpin Desa Awan ini. Sesuai dengan tempatnya di Negara Petir dan tinggal di daerah tinggi, mayoritas ninja Kumogakure menguasai teknik Elemen Petir; dengan sebagian kecil dari mereka kemudian mempelajari teknik lanjutan seperti Listrik Hitam langsung dari Raikage atau kekkei genkai Elemen Badai.

Bisa dibilang pada awalnya mereka berusaha menjalin hubungan baik dengan Konohagakure. Tidak lama setelah Desa Kumogakure berdiri, Hashirama Senju selaku Hokage Pertama menjual dua Siluman Berekor pada desa tersebut. Kemudian memasuki era Raikage dan Hokage Kedua, mereka sempat berusaha membuat perjanjian perdamaian antara kedua desa ninja; yang sayangnya diganggu oleh Dua Bersaudara Kin dan Gin, melukai dan nyaris menewaskan Tobirama Senju sang Hokage Kedua.

Sampai akhirnya saat Perang Dunia Shinobi Pertama pecah, Konoha dan Kumo berada di sisi yang berlawanan dengan Angkatan Kinkaku berhasil membunuh Hokage Kedua. Kedua desa ini kembali berseteru di masa Perang Dunia Shinobi Ketiga, di mana Minato Namikaze, Hokage Keempat masa depan, seringkali berhadapan dengan A, yang diangkat menjadi Raikage Keempat setelah tewasnya Raikage Ketiga (sekaligus ayah A) ketika berhadapan melawan 10.000 ninja musuh selama tiga hari tiga malam tanpa henti.

Sisi Militeristik Kumogakure yang Keras

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Berbeda dengan desa-desa lain, Kumogakure sangat menjunjung tinggi kekuatan militer dan selalu mencari cara untuk meningkatkan kekuatan angkatan bersenjata desa mereka. Di saat seluruh desa lain mengurangi jumlah pasukan mereka dan membuat perjanjian damai di masa tenang, pihak Kumo seringkali secara diam-diam tidak mengikutinya dalam rangka selalu memiliki keunggulan jikalau perang kembali terjadi.

Terdapat tiga strategi utama Kumogakure untuk mengumpulkan kekuatan: mencuri rahasia desa lain, menculik ninja yang memiliki kelebihan dari desa lain, dan mengumpulkan Siluman Berekor.

Beberapa tahun sebelum terjadinya Perang Dunia Shinobi Ketiga, mereka sempat berusaha menculik Kushina Uzumaki untuk mempelajari chakra spesial yang dimilikinya namun rencana itu digagalkan oleh Minato. Setelah Perang Dunia Shinobi Ketiga, Kumogakure mengirim Kepala Ninja ke Konohagakure dalam rangka menandatangani perjanjian damai; yang ternyata hanya kedok demi mencuri Byakugan dari Klan Hyuuga. Kejadian yang dikenang sebagai Insiden Hyuuga. Kemudian bertahun-tahun setelahnya, mereka kembali berusaha mencuri Byakugan ketika Otogakure menyerang Konoha, tapi rencananya kembali gagal.

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Perihal Siluman, sebelum membeli penawaran Hokage, mereka sempat menugaskan Kinkaku dan Ginkaku untuk menyegel Siluman Ekor Sembilan menggunakan Lima Harta Rikudo Sennin tapi tidak berhasil dilakukan. Setelah mendapatkan Siluman Ekor Dua dan Delapan, mereka disebut sering gagal mengendalikan kekuatan monster-monster itu; terutama Siluman Ekor Delapan yang kerap kali mengamuk ketika Jinchuuriki-nya tidak mampu menahan kekuatan dahsyat siluman tersebut. Akan tetapi berkat pengalaman itu, Kumogakure pun dianggap sebagai desa ninja yang memiliki metode dan 'teknologi' terbaik untuk mengendalikan Siluman Berekor, di mana mereka berhasil membuat kuil khusus yang mampu menahan amukan dan chakra seekor siluman yang terkurung di dalamnya.

Perang Dunia Shinobi Keempat dan Kumogakure di Era Baru Boruto

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Walau sifat keras kepala Kumogakure membuat mereka tidak dipercayai oleh desa ninja lain, ancaman Perang Dunia Shinobi Keempat Akatsuki membuat Desa Awan menjadi salah satu pihak yang dengan lantang menentang rencana jahat tersebut dan langsung bergabung dengan Aliansi Shinobi. Kekuatan militer mereka juga lah yang membuat Raikage Keempat diangkat menjadi Panglima Perang Tertinggi dan Desa Kumogakure ditunjuk sebagai markas utama Aliansi.

Namun hal itu juga lah yang membuat mereka terkena dampak terbesar menjelang berakhirnya Perang Dunia Shinobi Keempat -- demi melumpuhkan kekuatan dan pusat strategi Aliansi Shinobi, Siluman Ekor Sepuluh menembakkan Bijuudama ke Kumogakure, menghabisi puluhan nyawa ninja dan penduduk di sana serta sebagian dari desa mereka.

Setelah perang usai, Kumogakure dan seluruh desa ninja memiliki hubungan yang erat dan berhasil menciptakan perdamaian dunia. Tapi 'ekspansi militer' mereka tampak tidak pernah berhenti. Saat Toneri Otsutsuki mengancam akan menjatuhkan bulan ke bumi, pihak Kumogakure mengeluarkan senjata rahasia berupa meriam chakra raksasa untuk menghancurkan bulan yang sempat membuat para Kage terkejut.

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
Youtube: Dunia Games
LINE@: @duniagames

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}