Tips & Tricks

Frame Per Second (FPS): Fitur di Dalam Game yang Sering Bikin Salah Kaprah!

Gan, sinyal ane penuh tapi kok FPS nya rendah banget ya? Bro, FPS game ga ada hubungannya sama kualitas koneksi! Hehe

Frame Per Second atau yang sering disingkat FPS ini adalah sebutan untuk berapa banyak frame (layar) yang bisa dihasilkan oleh perangkatmu tiap detiknya dalam sebuah game. Semakin tinggi atau semakin banyak jumlah FPS yang dihasilkan, maka gerakan yang terasa di dalam game akan semakin halus dan lancar. Untuk perangkat konsol dan PC, angka FPS yang direkomendasikan adalah 60Hz. Sedangkan pada perangkat mobile sering kali dibatasi hanya pada 30Hz atas alasan kenyamanan (baterai dan suhu).

Sumber: youtube.com

Besar kecilnya FPS yang bisa kamu dapat di dalam game sebagian besar dipengaruhi oleh kemampuan atau kapasitas dari perangkat yang kamu gunakan, terutama pada sektor kartu grafis dan monitor. Dibutuhkan kartu grafis yang mumpuni agar potensi visual dari sebuah game keluar secara maksimal. Namun tanpa monitor khusus gaming, FPS yang bisa kamu rasakan akan terkunci di angka 60Hz saja, meski pada alat ukur (benchmark) FPS-nya berada di atas itu.

Sampai saat ini, angka FPS tertinggi yang bisa dicapai oleh sebuah perangkat PC ada diangka 240Hz. Dengan angka setinggi itu kalian jelas akan merasakan sensasi bermain game yang luar biasa. Bahkan pergerakan karakter yang ada dalam game akan terasa begitu alami seperti sebuah objek riil yang bergerak di depan mata; sayangnya tidak demikian dengan game-game mobile yang kini tengah diminati oleh masyarakat luas.

Hampir semua gadget atau smartphone layarnya berbasis 60Hz. Itu artinya mereka sanggup menjalankan game dengan FPS hingga 60Hz, jika didukung dengan chip yang memadai. Tetapi perlu kalian semua ketahui, secanggih apapun perangkat yang digunakan tak akan memberi efek apa-apa jika memang dari game-nya sendiri menutup fitur High Frame Rate. Alasannya? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, yaitu karena membuat baterai boros dan suhu cepat panas.

Hal lain yang juga sering bikin gamer salah kaprah, tinggi rendahnya FPS sering kali dikaitkan dengan kualitas koneksi atau jaringan. Memang benar ketika terjadi FPS drop, maka tampilan didalam game mendadak jadi patah-patah seperti terjadi lag gangguan koneksi. Namun kalian wajib tahu jika FPS sama sekali tak ada hubungannya dengan permasalahan koneksi. Itu semua murni dari kapasitas perangkat yang kalian gunakan.

BACA JUGA >> Inilah Bedanya Main Mobile Legends dengan dan Tanpa Fitur High Frame Rate!

Gimana guys? Mudah-mudahan setelah membaca info di atas, kalian tak lagi menyalahkan jaringan ya apabila mendadak mengalami FPS drop. Jangan lupa ikuti terus DuniaGames untuk info-info penting lain seputar permasalahan teknis pada game!

Sumber gambar utama: techteamgb.co.uk

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
Youtube: Dunia Games
LINE@: @duniagames

Voucher

Mulai dari harga
Rp 12.500
Mulai dari harga
Rp 10.000
Mulai dari harga
Rp 13.000
Mulai dari harga
Rp 26.000
Mulai dari harga
Rp 13.000

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}