Dunia Games

Luar Biasa! Ini 5 Fakta Asal-Usul dan Prestasi PlayStation 1 yang Tak Banyak Diketahui Gamer!

Pernah main atau punya PS1? Ketahui beberapa fakta menarik konsol pertama buatan Sony tersebut di sini gaes!

Tak terasa usia konsol PlayStation 1 sudah akan memasuki usia 23 tahun. Usia yang cukup tua bagi sebuah konsol yang pernah sukses tahun 2000an. Keberhasilan tersebut tak lepas dari usaha Sony yang terus mempromosikan konsol miliknya secara besar-besaran dan menggandeng sejumlah developer video game untuk merilis video gamenya untuk konsol PlayStation 1.

Konsol PlayStation 1 juga telah melahirkan banyak video game keren yang tidak mudah dilupakan begitu saja. Beberapa berakhir menjadi pondasi untuk lebih banyak seri game lain yang sukses saat ini; walaupun tidak sedikit pula yang harus mati muda, namun tetap menyisakan memori yang tidak tergantikan. Nah tidak banyak yang tahu bahwa PlayStation 1 ini memiliki beberapa fakta menarik tak banyak diketahui oleh gamer. Penasaran apa saja fakta menarik mengenai asal-usul dan prestasi PlayStation 1? Langsung saja simak berikut ini gaes!

1. PlayStation Bukan Murni Ide Sony

Sumber gambar: trustedreview.com

Tahukah kalian kalau PlayStation 1 ternyata bukan sepenuhnya ide Sony, pembuatan konsol tersebut ternyata juga melibatkan perusahaan raksasa Nintendo. Hal tersebut bermula ketika salah satu petinggi Nintendo, Hiroshi Yamauchi menandatangani kontrak kerja sama proyek SNES-CD dengan Sony. Kerja sama tersebut bermula untuk menyaingi Sega yang telah lebih dulu membuat konsol yang menggunakan kepingan CD (Sega CD). Dalam kontrak antara kedua pihak, disebutkan bahwa Sony berhak mendapatkan kendali untuk seluruh proyek SNES-CD tersebut. Tak ingin disaingi, Nintendo akhirnya memutuskan kontrak kerja sama dengan Sony secara diam-diam. Untungnya, Sony juga telah mendapatkan beberapa informasi tentang seluk beluk konsol, sehingga terciptalah sebuah purwarupa yang bernama Play Station (saat itu namanya masih dipisah), dan pada saat diumumkan ke pulik namanya diubah menjadi PlayStation X alias PlayStation.

2. PlayStation Menjadi Pelopor Controller Dual Analog

Sumber gambar: commons.wikimedia.org

Tahukah kalian kalau Sony membuat controller PlayStation dengan mengadaptasi controller dari Super Nintendo Entertainment System (SNES)?! Dari peletakkan tombol keduanya sangat benar-benar mirip dengan controller milik Nintendo tersebut. Akan tetapi, pada tahun 1997 lalu Sony melakukan revolusi pada controller-nya dengan menambahkan fitur baru, yakni dengan menambahkan fitur 'getar' yang disebut sebagai DualShock. Controller DualShock menjadi populer karena gamer dapat merasakan pengalaman bermain yang baru dengan menggunakan joystick dan efek getar yang menyesuaikan dengan situasi di dalam permainan.

BACA JUGA >> 10 Video Game Eksklusif Ini Jangan Sampai Dilewatkan Oleh Pengguna PlayStation 4

3. Berhasil Terjual 102 Juta Unit di Seluruh Dunia

Sumber gambar: racketboy.com

Sony telah mengumumkan bahwa penjualan PlayStation 1 adalah sebanyak 102 juta unit di seluruh dunia sampai dengan tahun 2004. Penjualan tersebut, merupakan rekor yang berhasil dipecahkan oleh Sony dalam penjualan sebuah konsol untuk pertama kalinya. Tak hanya varian yang biasa, Sony juga berhasil menjual berbagai varian mulai dari edisi normal sampai edisi eksklusif.

Lanjut ke halaman 2 yuk!

Halaman : 1 2

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 3.000
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}