Mobile Games

Wajib Tahu! Buff, Nerf, Rework, Glitch, dan Bug, Istilah-Istilah Patch dalam Game MOBA

Di dalam game MOBA, ada istilah-istilah asing yang digunakan seperti buff, nerf, dan lainnya. Apa ya arti dari kata-kata tersebut?

Di berbagai macam jenis game, ada berbagai istilah yang tentunya asing di telinga para gamer, termasuk game genre MOBA. Berbagai istilah ini biasanya dipakai untuk mewakili suatu hal yang terjadi dalam game tersebut. Beberapa di antaranya misalnya saja istilah buff, nerf, rework, bug, atau bahkan glitch yang sering terlihat di berbagai patch notes. Apa sih arti sebenarnya dari istilah-istilah ini? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Buff

Sumber: Youtube

Buff yang dimaksud di sini bukan masker buff ya guys! Buff merupakan istilah di game MOBA di mana satu atau lebih hero maupun item yang dirasa terlalu lemah pada patch sebelumnya dibuat menjadi lebih kuat pada patch saat terbaru. Tujuan diberikan buff ini pun untuk membuat hero atau item tersebut bisa berguna lebih baik dan seimbang.

Nerf

Sumber: Youtube

Kebalikan dari buff, nerf merupakan istilah di dalam game di mana hero atau item dirasa terlalu kuat pada patch sebelumnya sehingga potensi kekuatannya diturunkan sedikit demi menjaga keseimbangan game. Sayangnya, nerf terkadang justru membuat hero maupun item tersebut jadi terlalu lemah bahkan sampai tidak terpakai lagi.

Rework

Sumber: Youtube

Berbeda dengan buff maupun nerf, rework terjadi pada hero yang sudah tidak lagi memiliki potensi di dalam game setelah di buff maupun nerf sehingga harus dilakukan rework. Biasanya rework akan mengubah berbagai aspek dari sebuah hero maupun item dengan mengganti efek skill ataupun penampilan. Namun yang sering terjadi biasanya rework justru membuat seorang hero atau item tersebut justru jadi jauh berbeda dibanding sebelumnya.

Cek istilah lain di halaman selanjutnya!

Halaman : 1 2

Voucher

Mulai dari harga
Rp 12.500
Mulai dari harga
Rp 10.000
Mulai dari harga
Rp 13.000
Mulai dari harga
Rp 26.000
Mulai dari harga
Rp 13.000

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}