PC Games

Resmi, Capcom Bakal Fokus Kembangkan eSports Jepang 2018 Ini!

Setelah selama ini hanya fokus secara global saja, Capcom secara resmi menyatakan tahun ini akan lebih fokus kembangkan eSports di Jepang.

Jepang selama ini selalu dianggap sebagai salah satu raksasa di industri game. Bagaimana tidak, Jepang memang selalu terdepan dalam soal game. Konsol gaming yang paling populer selama ini, PlayStation, datang dari Jepang, serial RPG kenamaan seperti Final Fantasy, Dragon Quest, Legend of Zelda, berasal dari Jepang.

Meski begitu kalau bicara soal eSports, bisa dibilang negara ini tertinggal cukup jauh. Dalam cabang-cabang game besar seperti Dota 2, atau League of Legends, jarang sekali kita bisa melihat pemain yang berasal dari Jepang. Kesukaan gamer Jepang akan game-game yang sifatnya single player mungkin salah satu alasannya, tapi ternyata bukan hanya itu saja.

Hal ini ternyata salah satunya disebabkan oleh peraturan hukum yang asalnya ditarget untuk menyelesaikan masalah perjudian di Jepang, yang berdampak kepada lambatnya perkembangan eSports di Jepang. Peraturan hukum tersebut bernama Act Against Unjustifiable Premius and Misleading Representation, yang tadinya dibuat untuk mengatasi masalah kejahatan teroganisir Jepang, Yakuza, yang menggunakan perjudian sebagai cara mendapatkan uang.


Hirokazu Hamamura, wakil ketua Japan eSports Union. Sumber: houstonchronicle

Hukum tersebut secara tidak langsung menghambat scene eSports di Jepang, sebab gara-gara hukum tersebut hadiah uang dari sebuah kompetisi yang digunakan untuk promosi suatu produk dibatasi maksimal hanya 100.000 Yen (tidak sampai Rp10 juta). Sadar peraturan tersebut membatasi industri eSports di Jepang, akhirnya peraturan tersebut dihilangkan dan dibuatlah sebuah organisasi eSports bernama JESU (Japan Esport Union).

Melihat kesempatan tersebut, Capcom, yang memang sudah lama cukup memfokuskan eSports di luar Jepang lewat game Street Fighter, kini putuskan untuk lebih fokus lagi kembangkan kompetisinya di tanah kelahiran mereka. Hal tersebut mereka nyatakan sendiri lewat sebuah siaran pers.

Dalam siaran tersebut Capcom mengatakan akan lebih fokus lagi mengembangkan bisnis eSports mereka di Jepang, salah satunya dengan mengadakan kompetisi eSports Street Fighter di Jepang.

Bukan hanya itu saja, mereka juga mengatakan akan fokus mengembangkan komunitas; salah satu yang akan dibuat pada 17 Februari mendatang adalah membuat Capcom Esports Club. Klub ini dibuat Capcom dengan tujuan untuk mengembangkan komunitas para pemainnya.

Lalu dari sisi kompetisi mereka juga punya rencana menggelar Capcom Pro Tour Japan Premier Tournament tahun 2018 ini di dalam event game kenamaan Jepang, Tokyo Game Show. Kabarnya Capcom juga menawarkan memberi semacam 'lisensi' profesional gamer untuk juara kompetisi ini.


Selama ini Capcom lewat cabang AS sudah fokus kembangkan eSports Street Fighter secara global, tetapi malah belum kembangkan di Jepang. Sumber: capcomprotour.com

Soal fungsi lisensi, hal tersebut tak banyak dijelaskan. Dilansir dari situs esportobserver.com dikatakan hal ini memang salah satu rencana JESU, yaitu memberi lisensi pemain profesional kepada pemain terbaik di dalam suatu kompetisi.

Tetapi rincian soal lisensi ini sendiri masih belum dibocorkan lebih jauh. Apa fungsinya, bagaimana cara mendapatkannya, apa keuntungan memilikinya, apakah pemain asing non-jepang juga perlu untuk memilikinya; semuanya masih menjadi tanda tanya besar yang belum diungkap oleh pihak JESU.

Dengan revolusi ini, semoga saja dunia eSports jadi semakin bervariasi dan kita bisa melihat lebih banyak talenta pemain dari Negeri Bunga Sakura ini ya! Ikuti terus media sosial dunigames.co.id untuk berbagai pembahasan seru seputar eSports.

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
Youtube: Dunia Games
LINE@: @duniagames

Voucher

Mulai dari harga
Rp 12.500
Mulai dari harga
Rp 10.000
Mulai dari harga
Rp 13.000
Mulai dari harga
Rp 26.000
Mulai dari harga
Rp 13.000

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}