Review

[REVIEW] ASUS ROG STRIX GL702ZC, Notebook Gaming Khusus untuk Pecinta Ryzen!

Kamu penggemar AMD Ryzen? Apakah notebook gaming ROG STRIX GL702ZC buatan ASUS ini bisa memikat hati kamu? Yuk simak ulasannya di sini!

Pada tahun 2017 lalu AMD akhirnya resmi mengumumkan prosesor terbarunya, Ryzen. Seri ini bisa dikatakan sebagai sebuah comeback bagi AMD yang telah lama tidak meluncurkan prosesor dengan arsitektur baru. Walaupun AMD sangat fokus untuk memberikan yang terbaik untuk pengguna desktop PC namun sayangnya AMD belum memberikan prosesor yang dikhususkan untuk laptop high end khusus gamer. Nah melihat respon pengguna AMD yang luar biasa, ASUS akhirnya membuat inovasi dengan menciptakan sebuah laptop gaming menggunakan prosesor dan kartu grafis tertinggi milik AMD ini.

Sumber gambar: DuniaGames

Menjelang akhir tahun 2017 kemarin, ASUS akhirnya memperkenalkan seri ROG terbaru mereka yang bernama ROG STRIX GL 702ZC. Model terbaru kali ini merupakan laptop gaming premium yang dirancang untuk satu tujuan, yaitu mendobrak batas tertinggi. Untuk kebutuhan tersebut, ASUS ROG STRIX GL 702ZC dirancang dan dibekali komponen terkuat serta fitur terbaik.

Walaupun disebut sebagai laptop gaming, komponen prosesor dan kartu grafis yang diusung ASUS dalam ROG STRIX GL 702ZC justru menggunakan versi PC! Untuk prosesor, ASUS memilih prosesor AMD Ryzen 7 1700, dedangkan kartu grafisnya menggunakan AMD Radeon RX 580 4 GB GDDR5!

Berikut detail lengkap dari ROG STRIX GL 702ZC yang bisa kalian lihat.

Sumber gambar: DuniaGames

Sumber gambar: DuniaGames

Sumber gambar: DuniaGames

BACA JUGA >> ASUS ROG Strix GL503VS Scar, Laptop Gaming IMBA Seharga Motor Ninja!

Karena ASUS ROG STRIX GL 702ZC ini menggunakan prosesor dan kartu grafis komponen desktop, maka ukuran dari laptop ini terbilang cukup besar. Dengan layar Full HD menggunakan panel IPS berukuran 17,3 inci jangan heran kalau laptop ini memiliki berat sekitar 3 kg. Apalagi ditambah dengan adapter yang lumayan besar, sehingga bobot total untuk laptop ini adalah sekitar 5 kg.

Konfigurasi hardware desktop yang ditanamkan pada laptop ini memungkinkan penggunanya dapat memainkan game AAA dengan settingan tertinggi. Meskipun menggunakan prosesor Ryzen 7 1700, konsumsi daya TDP-nya (Thermal Design Power) mencapai 65 Watt. Prosesor dengan basis arsitektur CPU Zen ini pun tidak dapat dianggap remeh mengingat ia adalah prosesor desktop yang memiliki delapan core (Octa-core). Ryzen 7 1700 juga memiliki nilai base clock speed sebesar 3 GHz dengan nilai Turbo Core clock speed sebesar 3,7 GHz.

Sumber gambar: DuniaGames

Pada bagian komponen kartu grafis, ASUS ROG STRIX GL 702ZC menggunakan Radeon RX 580 dengan GPU Ellesmere Polaris 20 berbasiskan arsitektur GCN 4th Gen. Sama dengan varian versi dekstop, GPU ini juga memiliki chip memori yang sama yaitu GDDR5 dengan memory bus 256-bit. Kecepatan kerja GPU laptop gaming ini berada di angka 1077 MHz atau sedikit lebih rendah dari versi desktop.

Kapasitas memori atau RAM dari ASUS ROG STRIX GL 702ZC adalah 24 GB, dikarenakan laptop ini menggunakan konfigurasi dua keping memori atau RAM dengan kapasitas masing-masing 16 GB dan 8 GB. Asyiknya konfigurasi dual channel memory ini selalu aktif sehingga performa pada penggunaan maksimal tetap dapat dicapai.

Melihat bagian penyimpanan, ASUS ROG STRIX GL 702ZC dilengkapi dengan media penyimpanan M.2 SATA SSD 256 GB yang dipadukan dengan 1TB HDD 5400 RPM, yang memberikan ruang penyimpanan yang relatif cukup besar.

Lalu bagaimana dengan desain dan kualitas performa dari ASUS ROG STRIX GL 702ZC? Lanjut ke halaman berikutnya yuk!