Dunia Games

Team Liquid Buat Divisi Arena of Valor, Kata Co-Founder: Kami Mengikuti Tren

Tahun 2017 lalu Team Liquid mengumumkan divisi arena of Valor miliknya. Begini kata sang co-founder Victor Goossen seputar eSports mobile !

eSports mobile memang bisa dibilang sedang naik daun mulai dari akhir tahun 2017 kemarin, terlebih di negeri kita, Indonesia. Kalau di Indonesia sendiri hype eSports mobile dimulai dari Mobile Legends yang lalu dilanjutkan dengan kesuksesan game-game MOBA mobile lainnya seperti Arena of Valor dan juga Vainglory yang jadi populer lagi setelah kedapatan mode 5v5.

Lalu bagaimana kalau di luar negeri sendiri? Sejauh ini yang scene eSports mobile-nya sangat terlihat adalah Vainglory. Lalu Arena of Valor sendiri baru akan menggelar kompetisi internasional miliknya di Los Angeles tahun 2018 ini. Memang kalau di luar sana gaung eSports mobile masih belum sebesar di Indonesia.

Tetapi beberapa nama besar sudah terlihat mulai terjun ke dalamnya, salah satunya adalah Team Liquid. Tim yang terkenal punya prestasi luar biasa di kancah kompetitif Dota 2 ini, pada November 2017 lalu memasuki kancah eSports mobile lewat game Arena of Valor. Terkait keputusan tersebut Victor Goossen, Co-Founder Team Liquid angkat suara lewat situs esportsobserver.com.


Salah satu pemain divisi Arena of Valor dari Team Liquid. Sumber: Youtube Team Liquid

Dalam wawancara tersebut Victor sedikit bercerita seputar keputusan yang dilakukannya tersebut. Ia merasa bahwa keputusan Team Liquid untuk membuat divisi Arena of Valor ketika itu adalah karena misi Team Liquid yang tetap konsisten mengikuti tren sosial. Memang hype Arena of Valor sendiri tak hanya terjadi di Indonesia saja, sebelum rilis di Indonesia pun game ini sudah jadi buah bibir di berbagai belahan negara di Asia.

Setelah resmi rilis di pasar Eropa dan juga Amerika Serikat, Tencent selaku pengembang, tetap ingin mempertahankan tahta Arena of Valor sebagai salah satu game eSports mobile terpopuler.

Victor lalu melanjutkan bahwa di luar dari semua tren tersebut, ia merasa bahwa MOBA mobile masih belum dalam posisi yang dapat menggantikan game MOBA PC. Walau Arena of Valor punya banyak pemain, tapi tetap saja para pemain tersebut punya kecenderungan untuk menonton versi PC dari game tersebut, yaitu League of Legends.

Victor menambahkan lagi bahwa sebenarnya potensi eSports mobile sendiri ada pada game yang tak bisa direplika sepenuhnya untuk platform PC. Game yang ia bicarakan tersebut adalah Clash Royale, yang mana dianggap sebagai game yang benar-benar dibuat untuk mobile dan punya potensi untuk menjadi eSports.

Kembali lagi ke Indonesia, memang sejauh ini di balik hype eSports mobile lewat game MOBA mobile, asosiasi eSports bisa dibilang masih belum terpisah dari game PC ataupun konsol. Tetapi di sisi lain potensi mobile untuk menjadi eSports pun tak bisa diingkari. Potensi ini berhasil dilihat oleh salah satu organisasi eSports lokal yang namanya terlebih dahulu dikenal lewat komunitas Vainglory, yakni Elite 8.


Elite 8 yang berkat prestasinya jadi disponsori oleh Telkomsel. Sumber: Twitter @Elite8_eSports

Melihat semakin besarnya potensi eSports mobile Elite 8 pun mengembangkan sayapnya ke cabang eSports mobile lain, terutama MOBA. Sekarang, kamu bisa melihat ada Elite 8 Critical Reborn yang bertengger di peringkat ketiga dalam Mobile Legends Professional League 2018 (MPL).

BACA JUGA >> Kerja Sama dengan Alienware, Team Liquid Bikin Bootcamp Canggih Super Keren!

Nah, menurut kamu sendiri bagaimana sih potensi eSports mobile? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar di bawah ya. Satu hal yang pasti sih hadiah kompetisinya besar-besar kalau di Indonesia! Ikuti terus media sosial duniagames untuk berbagai bahasan seru seputar eSports ya!


Sudahkah kamu tahu kalau DuniaGames-Telkomsel menyelenggarakan event eSports terbesar di Tanah Air, yakni Indonesia Games Championship! Bakal ada pertandingan Dota 2, Arena of Valor, Mobile Legends, Vainglory, dan Let's Get Rich yang berhadiah total ratusan juta rupiah lho. Untuk informasi cara ikutannya kamu bisa langsung menuju ke igc.duniagames.co.id.


Sumber gambar utama: redbull.com

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}