Dunia Games

Inilah 5 Game Sepak Bola Berkualitas Selain FIFA dan PES

Bosan dengan kedua franchise terkenal di atas? 5 game sepak bola berikut ini akan menyajikan variasi yang kamu cari!

Bicara mengenai game sepak bola, tentu tidak bisa lepas dari dua nama, Pro Evolution Soccer alias PES dan juga FIFA. Setiap tahun, dua seri ini rutin merilis game baru dan bersaing untuk merebut perhatian para penggemar sepak bola. Bahkan, kedua seri ini juga memiliki banyak penggemar fanatik, alias tidak mau memainkan game lain selain seri yang digemarinya. Kuatnya persaingan dua judul ini membuat game sepak bola seolah-olah “two horse race”, hampir tidak ada judul lain yang terlibat dalam persaingan tersebut.

Namun bukan berarti tidak pernah ada judul lain yang coba mengganggu persaingan FIFA dan PES ini. Sebenarnya di era PlayStation generasi pertama, ada banyak game sepak bola selain dua judul tersebut. Sayangnya, karena kalah bersaing, judul-judul ini pun akhirnya karam meskipun sempat konsisten merilis beberapa seri. Nah, kali ini Dunia Games mengajakmu kembali menyimak beberapa judul game sepak bola selain FIFA dan PES yang sempat dirilis, minimal muncul sampai generasi PlayStation 2.

Pure Football (Ubisoft)

Sumber gambar: Playstation Lifestyle

Apa yang ada di benakmu saat penulis mengatakan Ubisoft? Teringat dengan Assassin’s Creed, atau mungkin Rayman? Yap, Ubisoft memang dikenal dengan game-game action dan adventure-nya. Namun jangan salah, Ubisoft juga pernah lho terjun di ranah game sepak bola lewat Pure Football ini. Dengan mengusung Steven Gerrard sebagai bintang cover-nya, game ini menyajikan gameplay yang lebih mengarah ke arcade, mirip dengan PES.

Sayangnya, game ini banyak memiliki kekurangan, salah satunya ada dari segi lisensi klub dan pemain. Game ini hanya menyediakan 17 timnas dunia dan tiga tim spesial saja. Bandingkan dengan FIFA yang mendapatkan lisensi resmi hampir semua timnas di dunia, atau PES yang berjaya dengan lisensi kompetisi eropanya seperti Liga Champions dan Europa League.

Rocket League (Psyonix)

Sumber Gambar: Gamespot

Jika beberapa game di atas banyak yang sudah tidak dirilis untuk konsol generasi sekarang, maka beda dengan Rocket League ini. Rocket League ini tergolong baru, karena dirilis pada tahun 2015 untuk PS4 dan PC, lantas diikuti dengan versi Xbox One-nya pada 2016 ini. Apa yang menarik dari Rocket League ini adalah kamu bisa bermain sepak bola bukan dengan berlari, melainkan dengan menggunakan berbagai mobil bertenaga roket!

Dalam game ini, pertandingan sepak bola akan berjalan delapan lawan delapan, dimana masing-masing tim dibekali dengan satu mobil dengan kekuatan roket. Kamu bisa melakukan banyak aksi dan stunt menggunakan mobil-mobil bertenaga roket ini guna menceploskan bola ke gawang lawan. Elemen fisika sangat berpengaruh dalam game ini, dimana mobilmu bisa terlempar atau rusak saat tertabrak mobil milik pemain lain.

Football Manager (Sports Interactive)

Sumber Gambar: Gamespot

Jika mencari judul game sepak bola yang rutin merilis game di luar FIFA dan PES, Football Manager adalah jawabannya. Football Manager bisa bersaing dengan FIFA dan PES karena memiliki gameplay yang sangat berbeda, dimana dalam Football Manager ini kamu bukan bermain sepak bola sebagai tim seperti FIFA atau PES, melainkan berperan sebagai manajer! Jadinya, kamu bertanggung jawab untuk menentukan strategi, formasi, transfer pemain, hingga pembangunan stadion baru.

Sayangnya, Football Manager ini tidak pernah dirilis untuk konsol. Hanya sempat dirilis untuk PC, PSP dan mulai beberapa tahun terakhir juga sudah menjamah mobile. Selain dikenal dengan kompleksitas permainan, Football Manager juga dikenal memiliki data yang akurat, sehingga tak jarang game ini dijadikan referensi oleh berbagai pihak, mulai tim sepak bola seperti Everton hingga stasiun televisi untuk menganalisis sebelum pertandingan dimulai.

FIFA Street (EA Sports)

Sumber Gambar: EA

Meskipun sama-sama mengusung nama FIFA, namun FIFA Street menawarkan gameplay yang jauh berbeda. Kamu masih akan tetap bermain sepak bola dalam game ini, namun bukannya bermain di lapangan sesungguhnya antara 11 lawan 11, melainkan sepak bola jalanan yang menandingkan lima lawan lima di setiap tim. Gameplay-nya pun berlangsung cukup cepat, dan kamu bisa bebas melakukan berbagai trik layaknya pemain sepak bola jalanan.

Meskipun temanya sepak bola jalanan, namun kamu akan tetap bertemu dengan pemain-pemain sepak bola dunia nyata seperti Lionel Messi yang sempat menjadi bintang cover-nya tahun 2012 lalu. Selain lima lawan lima, game ini juga menawarkan berbagai gameplay menarik satu lawan satu serta pertandingan futsal.

SEGA Soccer Slam (SEGA)

Sumber Gambar: Xbox Marketplace

Di zaman PlayStation era 90an lalu sempat booming satu game sepak bola super konyol berjudul Bakuretsu Soccer alias Super Shot Soccer. Konyol karena masing-masing tim memiliki berbagai jurus andalan yang disesuaikan dengan ciri khasnya, sebagai contoh timnas Arab Saudi bisa menumpahkan oli agar bek-bek lawan yang mengejar terpeleset dan jatuh. Nah, di era Xbox dan PS2, ada satu game serupa berjudul SEGA Soccer Slam, yang mengkombinasikan sepak bola dengan genre fighting!

SEGA Soccer Slam menghapus beberapa peraturan sepak bola konvensional seperti lemparan ke dalam dan tendangan bebas. Sebagai gantinya, kamu bebas “menghajar” pemain lain, baik dengan pukulan, tendangan atau berbagai macam skill menarik lainnya. Berbagai manuver juga bisa kamu lakukan untuk mengumpan bola, menekel musuh, hingga merebut bola dari kaki musuh!

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}