Tips & Tricks

Sebelum Ganti Hape Baru untuk Main Game, Perhatikan 5 Komponen Penting Ini Dulu!

Ingin ganti hape baru biar main game makin lancar? Perhatikan beberapa komponen ini dulu sebelum beli ya gaes!

Punya smartphone canggih khusus buat main game mungkin udah jadi hal yang nggak aneh lagi di era seperti ini. Selain sebagai alat komunikasi, kini smartphone juga sering digunakan untuk bermain game. Nah memasuki tahun 2018 ini semakin banyak produsen smartphone tengah gencar merilis produk-produk terbaru yang cukup menggiurkan. Tak hanya menawarkan spesifikasi tinggi, tetapi juga banyak yang menawarkan berbagai macam fitur menarik.

Sebelum mengganti smartphone, tentunya kalian harus memperhitungkan dan memperhatikan setiap detil smartphone yang akan dibeli. Jangan sampai kalian membeli kucing di dalam karung, alias membeli barang tanpa memeriksa dan mengeceknya terlebih dahulu. Kalau tidak, smartphone yang dibeli justru tidak bisa memberikan pengalaman bermain game yang kalian harapkan. Lantas, komponen-komponen apa saja yang wajib kalian ketahui sebelum membeli smartphone (untuk main game)? Berikut informasinya gaes!

1. Chipset

Sumber gambar: androidauthority.com

Prosesor atau chipset memang memegang kendali penuh atas smartphone, mulai performa hingga kualitas fitur yang dibawa. Bagi kalian yang belum mengerti, mulai saat ini ada baiknya untuk mengenal jenis-jenis chipset dan mencari informasi lebih detail mengenai komponen tersebut. Dengan komponen chipset tinggi, maka proses loading ketika bermain game mobile dan menjalankan berbagai macam aplikasi bersamaan akan menjadi sangat lancar, tanpa lag.

2. RAM

Sumber gambar: androidauthority.com

Selain chipset, RAM (Random Access Memory) juga menjadi komponen yang wajib kalian perhatikan. Untuk saat ini, smartphone entry-level dengan harga sejutaan sudah dibekali dengan RAM hingga 2GB. Sedangkan smartphone kelas menengah biasanya sudah dibekali dengan RAM 3 hingga 4 GB. Untuk smartphone kategori flagship sendiri malah telah tersedia dengan kapasitas RAM yang mencapai 6 dan 8GB. Kapasitas RAM yang digunakan di dalam sebuah smartphone memang tidak seratus persen mempengaruhi tingkat efisiensi dan performa smartphone. Untuk itulah, kembali lagi Anda harus melihat dengan chipset apa RAM tersebut disandingkan. Semakin tinggi RAM, maka akan semakin cepat juga loading game mobile yang ingin dimainkan.

BACA JUGA >> Lima Tips Untuk Mengurangi Lag Jaringan Pas Main Game Mobile!

3. GPU atau Pengolah Grafis

Sumber gambar: androidauthority.com

Komponen ini memang sering tidak diperhatikan bagi calon pembeli smartphone. Padahal, komponen ini juga memegang peranan penting dalam sebuah smartphone yang ingin digunakan untuk bermain game. Semakin bagus GPU yang digunakan maka tampilan visual dan animasi di dalam game akan jauh lebih baik dan tajam. Dengan GPU yang memiliki spesifikasi tinggi, fitur-fitur di dalam game bisa kalian jalankan tanpa harus takut mengalami lag atau FPS drop.

Lanjut ke halaman 2 yuk!