eSports

[IN-DEPTH] Vainglory Dead Game? BUKAN! Ini Kata TSM.FlashX Soal Keadaan Vainglory Kini!

Banyak yang bilang Vainglory menuju dead game? Tapi apa benar? Ini pendapat FlashX soal hal tersebut

Setelah ditinggal beberapa organisasi eSports besar, banyak yang menganggap Vainglory kini sedang sekarat dan bakal mati dalam waktu dekat. Menanggapi hal tersebut, eks-pemain TSM Michael ‘FlashX’ Valore membuat video opini seputar isu tersebut. Jadi sebenarnya apa yang sedang terjadi pada Vainglory saat ini? Berikut kata FlashX seputar isu tersebut

Ambil Langkah Mundur untuk Maju


Sumber: superevilmegacorp.com

Kalau kamu merasa Vainglory saat ini seolah mengalami kemunduran, minim kompetisi beberapa bulan belakangan, berbagai organisasi eSports terkenal meninggalkan Vainglory, semua itu ternyata bukanlah sinyal kalau Vainglory sedang sekarat menuju kematian. Bukan! FlashX menjelaskan bahwa saat ini SEMC sedang mengambil langkah mundur, mengevaluasi strategi marketing mereka, untuk nantinya melangkah maju lebih jauh.

Marketing eSports Tidak Bekerja dengan Baik


Sumber: youtube.com

Kenapa SEMC mengambil langkah mundur? Sebab mereka merasa langkah yang mereka ambil selama ini salah. Tahun 2017 kamu bisa lihat eSports Vainglory begitu merekah. Tetapi semua itu notabene adalah strategi marketing dari SEMC untuk mempromosikan Vainglory lewat para organisasi eSports.

FlashX menceritakan ketika itu SEMC menjanjikan para organisasi sistem franchise, jadi mereka dibayar untuk bergabung di dalam kancah kompetitif Vainglory. Semua organisasi tersebut mendapat bayaran dari SEMC seperti gaji, uang operasional, dan lain sebagainya. Gantinya para organisasi diberi kewajiban oleh SEMC untuk membuat konten-konten seputar Vainglory lewat kanal-kanal media sosial mereka, entah itu streaming bermain Vainglory, nge-tweet, atau konten kreatif yang selama ini sering dibuat oleh TSM itu sendiri.

Tapi satu hal yang tidak disangka adalah ternyata para organisasi tersebut tidak membuat dan mempromosikan konten-konten tersebut. Alhasil kamu bisa lihat sendiri bagaimana pertumbuhan jumlah pemain Vainglory cenderung tidak meningkat secara signifikan di 2017. Padahal uang yang dikeluarkan Vainglory untuk investasi marketing di eSports ketika itu sudah begitu besar.

Lanjut ke halaman sebelah gaes.