Anime

Tidak Terduga? Teman-Teman Naruto Ini Ternyata Masih Chuunin Sampai Sekarang, Loh

Bertahun-tahun lewat sampai berkeluarga, ternyata teman-teman Naruto ini masih ada di tingkat Chuunin dan belum menjadi Jonin? Siapa saja mereka?

Jonin merupakan pangkat tertinggi setelah Chuunin yang bisa diraih oleh ninja biasa di dunia Naruto -- selain menjadi pemimpin desa, Kage, tentunya. Berada di puncak dalam angkatan militer desa, para Jonin sangat diandalkan untuk menjalankan misi-misi penting berbahaya -- sehingga bukan hal aneh kalau ada ninja-ninja hebat yang memilih untuk menetap sebagai Chuunin; mungkin mereka merasa tidak mampu meninggalkan keluarganya, merasa tidak layak naik pangkat karena suatu kegagalan, atau karena alasan pribadi lain. Toh selain itu naik tingkat juga tidak diwajibkan.

Dan ternyata teman-teman Naruto juga masih banyak yang menetap di posisi Chuunin! Informasi mengenai teman-teman Naruto berpangkat Chuunin ini diambil berdasarkan data resmi terakhir yang ditampilkan baik di manga, anime, ataupun buku-buku suplemental seperti databook atau novel. Mungkin akan berubah di kemudian hari, mungkin tidak. Tapi untuk saat ini karena pemberitahuannya sudah dijabarkan biar tidak salah kaprah; mari kita lihat siapa saja mereka yang belum jadi Jonin!

8. Kiba Inuzuka

Masashi Kishimoto/Mikio Ikemoto/Ukyo Kodachi/Shueisha/Studio Pierrot

Kemungkinan Kiba merasa sudah mendapatkan kehidupan yang cukup memuaskan di titik ini; ikut menjaga ketentraman desa dengan menjadi anggota Kepolisian Konoha dan memiliki pendapatan yang besar sebagai bintang iklan perlengkapan hewan peliharaan.

7. Tenten

Masashi Kishimoto/Mikio Ikemoto/Ukyo Kodachi/Shueisha/Studio Pierrot

Berbeda dengan Neji yang dulu lompat jadi Jonin atau Rock Lee yang disebutkan naik tingkat ke Jonin selama jeda antara Naruto Shippuden dan Boruto di salah satu buku suplemen, tidak ada kabar kalau murid perempuan Guy ini meneruskan karir ninjanya. Namun dia tetap sibuk bekerja sebagai penjual senjata dan salah satu pengawas Ujian Chuunin.

6. Shino Aburame

Masashi Kishimoto/Mikio Ikemoto/Ukyo Kodachi/Shueisha/Studio Pierrot

Sepertinya alih-alih mempersiapkan diri untuk menjadi Jonin, Shino lebih memilih banting setir dan belajar menjadi guru Akademi Ninja sehingga dia merasa nyaman tetap menjadi Chuunin.

Baca Juga: >> Walau Masih di Tingkat Chunin, 6 Ninja Naruto Ini Punya Kekuatan yang Tidak Bisa Diremehkan