Dunia Games

AMPUN SULTAN! Demi eSports Fortnite, Tencent Investasi 210 MILYAR RUPIAH

Sultan dari Tiongkok ini memang nggak ada obat! Lihat potensi Fortnite, Tencent langsung investasi 210 MILYAR untuk program seSport eksklusif!

Tahun 2018 mungkin bisa dibilang jadi tahunnya industri eSports. Beriringan dengan perkembangan infrastruktur internet dan lain sebagainya yang sudah semakin maju, begitu juga dengan game-game kompetitif yang menjadi ladang bagi industri eSports.

Nah, kalau bicara soal eSports, tahun 2018 juga jadi tahunnya game-game bertema Battle Royale. Setelah PUBG mendadak tenar pada awal tahun, tren ini lalu diikuti oleh game lainnya yaitu Fortnite Battle Royale. Secara perkembangan jumlah pemain dan juga jumlah penonton, Fortnite pun terus berkembang begitu pesat seiring waktu.

Melihat perkembangan yang teramat pesat tersebut, maka tak aneh jika game ini menarik perhatian dari perusahaan besar, termasuk Tencent yang terkenal sebagai salah satu perusahaan raksasa di dalam industri game. Dengan potensi tersebut, Tencent tak main-main dan melakukan investasi besar-besaran ke Epic Games, pengembang dan pemilik hak distribusi game Fortnite.

Nilai investasi yang dikucurkan pun bukan nilai yang kecil, yakni mencapai Rp 210 MILYAR! Atau sekitar US$15,75 JUTA! Investasi ini dilakukan oleh Tencent untuk mendapatkan hak distribusi program eSports secara eksklusif terhadap game Fortnite untuk pasar Tiongkok.

Melihat potensinya, kirakira bakal sampai sebesar apa Fortnite akan berkembang ya? Sumber: epicgames.com

Sebelumnya Tencent memang sudah memegang 45% saham dari Epic Game sendiri. Investasi sebelumnya dilakukan Tencent untuk mendapatkan hak distribusi game Fortnite di Tiongkok. Sejauh ini, secara jumlah pemain Fortnite memang sudah jadi raksasa di dalam industri game.

Tercatat sudah ada 45 juta pemain yang memainkan game Fortnite mengacu ke laporan yang diluncurkan oleh situs Fortnite pada bulan Januari kemarin. Pada data lain yang diterbitkan oleh Newzoo pada bulan Maret lalu, dari 30% gamer yang memainkan game Battle Royale, tercatat 16,3% dari proporsi tersebut memainkan Fortnite.

Sementara sang pesaingnya, PUBG, beda tipis dengan Fortnite secara proporsi pemain dengan hanya memegang 14% pemain dari total 30% gamer yang memainkan game Battle Royale.

Dengan Fortnite yang kemungkinan besar bakal jadi eSports di Tiongkok, hal ini tentu memunculkan tanda tanya tersendiri; apa cocok Fortnite yang begitu casual dan fun dijadikan game eSports?!

Ikuti terus media sosial duniagames.co.id untuk berbagai bahasan seru seputar eSports lokal dan internasional ya!

Sumber gambar utama: variety.com

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}