Review

[REVIEW] Kurang-Lebih: Batman Ninja, Aksi Memukau Kesatria Kegelapan di Zaman Jepang Kuno

Ninja kok Batman? Walaupun anime Batman Ninja ini merupakan kombinasi unik, tapi tetap merupakan tontonan asyik! Simak kelebihan dan kekurangannya!

Kehadiran anime Batman Ninja bisa dibilang tidak dapat diduga oleh siapa pun. Kartun bertema superhero Amerika digarap oleh studio Jepang sih sudah biasa, tapi apa jadinya kalau ide dari dua belahan dunia itu dicampur-aduk? Apakah bakal jadi penuh warna dan manis seperti es campur? Atau malah tidak berbentuk lagi dan pahit seperti jus sayur?

Tanpa basa-basi lagi, mari simak ulasan Kurang-Lebih film anime Batman Ninja berikut ini!

Tiga Kelebihan Batman Ninja:

1. Kombinasi Visual 3D dan 2D yang Mantap

Warner Bros. Animation/DC Entertainment/Kamikaze Douga/Yamatoworks/Barnum Studio

Tidak dapat dipungkiri keunggulan paling utama dari film anime kolaborasi jepang-Amerika ini adalah visualnya yang luar biasa cantik. Tim studio penggarap bukan cuma mampu meniru gambar tangan dengan meyakinkan melalui tampilan 3D bertekstur kaligrafi, tapi juga kemudian menyatukannya dengan gambar 2D dan pola-pola bergaya Jepang kuno; baik untuk mengisi bagian latar belakang maupun depan dari seluruh adegan film ini.

2. Cerita Isekai yang Ringan dan Menghibur

Tren genre isekai (dunia lain) memang luar biasa populer belakangan ini di cerita-cerita anime; mulai dari .hack, Sword Art Online, sampai KonoSuba. Batman Ninja pun tampaknya tidak mau ketinggalan. Di adegan awal kita langsung diajak melihat Batman yang berusaha menghentikan upaya Gorilla Grodd mengacaukan susunan ruang-waktu -- yang gagal dan mereka semua malah terbawa ke era Sengoku Jidai (Perang Saudara) Jepang.

Untungnya cerita yang dihadirkan sama sekali tidak serius dan berhasil mengukuhkan konsep mengenai penyatuan ide Barat dan Timur serta menjadi wadah sempurna bagi tim produksi untuk 'bermain-main' dengan efek visual dan desain karakter yang lebih nyeleneh.

3. Sulih Suara Jepang Maupun Inggris yang Mumpuni

Warner Bros. Animation/DC Entertainment/Kamikaze Douga/Yamatoworks/Barnum Studio

Baik kamu yang sudah nyaman mendengar suara Batman dan teman-teman dalam bahasa Inggris maupun ingin mencoba ranah baru di mana para penjahat dan jagoan Kota Gotham jadi fasih berbahasa Jepang, tidak perlu khawatir, karena Batman Ninja diisi oleh pengisi suara kelas berat dari kedua pihak! Mari kita lihat beberapa nama di baliknya:

  • Versi Bahasa Inggris: Batman diperankan Roger Craig Smith (Chris Redfield, Resident Evil; Ezio, Assassin's Creed), Gorilla Grodd diperankan Fred Tatasciore (Hulk, kartun-kartun Marvel), dan Harley Quinn diperankan Tara Strong (Raven, Teen Titans).
  • Versi Bahasa Jepang: Batman diperankan Koichi Yamadera (Beerus, Dragon Ball Super; Shun Akiyama, Yakuza), Joker diperankan Wataru Takagi (Obito Uchiha, Naruto), dan Harley Quinn diperankan Rie Kugimiya (Nagi Sanzenin, Hayate the Combat Butler).

Baca Juga: >> Tujuh Anime Bertema Superhero yang Tidak Boleh Dilewatkan Penggemar Kisah Pahlawan Super

Namun bukan berarti film Batman Ninja merupakan film sempurna yang tidak memiliki cela! Simak kekurangannya di halaman kedua!