Dunia Games

Profil Ninja Naruto: Terbongkar! Ini Alasan Anko Mitarashi Gemuk Ketika Menjadi Guru di Era Boruto!

Memasuki era Boruto, sosok kunoichi rupawan Anko Mitarashi malah jadi berubah wujud! Apa alasannya? Coba kita ungkap bersama dengan matematika!

Anko Mitarashi merupakan salah satu kunoichi cantik yang sempat menjadi karakter favorit penggemar cerita Naruto. Akan tetapi masuk ke cerita Boruto, ternyata Anko malah jadi gemuk! Alasannya sebenarnya sederhana memang: dia sangat gemar makan makanan manis.

Dalam buku panduan Naruto: The Secret Scroll of Confrontation (Naruto Hiden: Rin no Sho), terungkap kalau selain hobi makan cemilan manis tradisional Jepang dango dan oshiruko, sebelum cerita Naruto Shippuden Anko memiliki data diri sebagai berikut:

  • Usia: 24 tahun;
  • Tinggi: 167 cm;
  • Berat: 45.8 kg.

Ini sudah merupakan tiga poin yang mencukupi untuk menghitung jumlah kalori makanan yang dibutuhkan oleh seseorang dan memengaruhi berat badan mereka. Di sisi lain, berapa banyak kalori yang biasanya diserap oleh Anko ketika dia iseng ngemil? Nah, hal itu tersibak di buku panduan lainnya -- Naruto: The Secret Scroll of Soldier (Naruto Hiden: Hyo no Sho).

Di halaman 105 tertulis kalau saat beristirahat di Ujian Chuunin (Naruto Volume 6, halaman 69) dia bisa menghabiskan sebanyak 53 butir dango dalam sekali duduk! Menurut buku satu butir dango memiliki 120 kKal (kilo kalori). 53 x 120 = 6.360 kKal.

Masalah belum selesai. Karena Anko juga gemar menenggak sekaleng sup kacang merah sambil memakan dango -- yang memiliki 370 kKal. Maka total dia bisa mengonsumsi panganan sebesar 6.730 kKal; kalori perempuan dewasa untuk empat hari; hanya dalam waktu satu hari! 

Ya, sudah jelas kalau Anko bisa menelan banyak kalori cuma sekali makan. Tapi mari kita coba menghitung jumlah Total Kalori yang diperlukan oleh tubuh manusia normal menggunakan rumus yang dijabarkan oleh ahli gizi klinis, D. Ida Gunawan, MS, SpGK, seperti yang dikutip dari Kompas.com. Yuk langsung kita lakukan bersama-sama!

1. Menentukan Berat Badan Ideal (BB)

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Berat badan ideal bisa dihitungkan dengan mudah, yaitu: 0,9 x (Tinggi - 100). Perhitungan ini gunanya menentukan berat badan yang seharusnya kamu miliki. Dari hitung-hitungan ini maka BB ninja pengguna ular ini seharusnya adalah 60,3 kg. Wah cukup jauh juga loh, 20 kilo bedanya.

2. Menghitung Kebutuhan Basal (KB)

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Selanjutnya kita melihat kebutuhan basal (KB); jumlah minimal untuk memenuhi kebutuhan energi dan kalori paling mendasar menggerakan organ vital saat sedang beristirahat. Untuk menghitung KB perempuan adalah dengan memakai rumus BB x 25 kKal. Dikalikan 30 kKal kalau kamu mau menghitung untuk laki-laki.

Dari sini terhitung KB Anko Mitarashi adalah sebesar 1.507,5 kKal. Secara teori kKal adalah jumlah energi atau panas yang diperlukan agar bisa menaikkan suhu 1 kg air sebesar 1 derajat Celcius.

Baca Juga: >> Profil Karakter Naruto: Bikin Ngakak! Rupanya Ini Alasan Kenapa Shino Selalu Memakai Kacamata Hitam!

Hitung-hitungan belum selesai! Ungkap rahasia melebarnya badan Anko Mitarashi ke halaman dua!

Halaman : 1 2

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}