Dunia Games

Japan-cyclopedia: Tankoubon, Manga 'Kompilasi' dari Majalah Komik dan Apa Saja Jenisnya?

Mungkin kamu pembaca manga sering mendengar istilah tankoubon. Apa sih itu tankoubon? Dan apa saja jenisnya? Yuk kita bahas bersama-sama!

Pembahasan Jejepangan Japan-cyclopedia sudah lama tidak muncul, ya? Nah minggu ini kami datang kembali dan membahas sebuah istilah yang pastinya sering didengar pembaca manga: tankoubon. Tankoubon sendiri merupakan istilah yang sangat lazim di kalangan orang-orang Jepang, tapi mungkin ada beberapa dari kamu yang belum tahu artinya. Yuk langsung saja kita bahas bersama -- dan silakan dikoreksi kalau ada salah arti maupun penulisan!

Tankoubon dan Majalah Komik Jepang

thehypedgeek.com

Tankoubon memiliki arti sebagai buku (cetakan) independen atau volume terpisah. Sesuai namanya, dulunya istilah ini dipakai untuk satu buku lengkap yang berdiri sendiri dan bukan merupakan bagian dari suatu serial. Tapi sejak manga menjadi bacaan sehari-hari tankoubon pun digunakan untuk menyebut satu volume 'kompilasi' dari sebuah judul manga yang awalnya terbit di majalah komik.

Umumnya manga-manga di Jepang diterbitkan dalam sebuah majalah sangat tebal berisi 400-500 halaman seminggu atau sebulan sekali. Sekali cetak maka majalah komik itu menampung banyak judul manga berbeda yang dibuat oleh mangaka yang berbeda-beda pula. Majalah ini dicetak menggunakan kertas koran murah sekali pakai agar mudah di daur-ulang.

Pastinya kamu kenal betul dengan beberapa nama manga tankoubon terkenal yang berasal dari majalah komik berikut ini, kan? Naruto, Boruto, One Piece, Dragon Ball, Bleach, Boku no Hero Academia, Black Clover, Slam Dunk, Captain Tsubasa; semua awalnya terbit per bab ramai-ramai di majalah Weekly Shonen Jump.

Kenapa Harus Dicetak Ulang dalam Bentuk Tankoubon?

goodereader.com

Tentunya repot banget dong kalau kamu mau baca Naruto atau Dragon Ball saja tapi dipaksa beli satu majalah tebal? Nah, format tankoubon pun mengumpulkan beberapa bab (jumlah tidak tentu, tapi biasanya mengisi total 180 halaman) dari satu judul manga dan mencetaknya memakai kertas dengan kualitas yang lebih baik dari versi majalah. Namun semua halaman bonus berisi ilustrasi berwarna dari majalah biasanya ikut dicetak secara grayscale -- entah untuk mengurangi biaya cetak maupun membuat versi cetakan lain tetap berharga lebih bagi kolektor.

Biasanya jika ada kesalahan gambar atau penulisan nama/jurus di versi majalah maka akan dibetulkan dalam versi tankoubon. Lucunya, warga Jepang kadang suka menyebut manga tankoubon sebagai 'komik' (komikkusu) untuk membedakannya dengan manga bentuk majalah.

kaorinusantara.co.id

Di Indonesia sendiri manga-manga dari dulu biasanya dicetak langsung dalam bentuk volume tankoubon. Akan tetapi versi majalah sempat diterbitkan di pertengahan 2000-an dan belakangan ini sejumlah penerbit komik lokal populer mencoba format majalah komik seperti di Jepang; sebut saja re:ON, Shonen Fight, GorengansKosmik, dan lainnya.

Baca Juga: >> [FEATURE] Japan-cyclopedia: OVA, OAV, OAD, dan ONA; Apa Saja Arti Kategori Anime Tiga Huruf Ini?

Tapi ternyata tankoubon dicetak lagi dalam beberapa jenis berbeda loh! Yuk intip jenis-jenis tankoubon di halaman dua!