Dunia Games

Berawal dari Main-Main, Sekarang Pria Ini Buat Minecraft Jadi Pekerjaan Seni!

Berawal dari hanya hobi saja, kini pria ini menjadikan pekerjaan membuat dunia di Minecraft sebagai peluang usaha.

Zaman sekarang memang sudah menjadi zamannya ketika hobi main game bisa menjadi pekerjaan alias kesibukan yang menghasilkan uang. Kalau di dalam industri game, kamu bisa melihat bukti nyata hal tersebut lewat scene eSports; di mana main game secara kompetitif kini jadi karir layaknya atlit olahraga. Meski begitu, mencari uang lewat game ternyata tak terbatas pada eSports saja.

Salah satunya terjadi pada seorang pria berusia 20 tahun bernama Florian Funke, ketika hobinya bermain game Minecraft ternyata bisa dijadikan peluang usaha. Bagi kamu yang mungkin belum tahu, Minecraft adalah game yang dikembangkan oleh Mojang dan Microsoft. Game ini merupakan game sandbox yang bertemakan crafting, resource gathering, dan banyak lagi.

Game ini sudah berada di pasaran selama hampir 10 tahun dan masih punya penggemarnya setianya sendiri. Memang salah satu kelebihan game ini adalah kamu bisa membuat apapun di sini, hanya imajinasi kamu saja yang menjadi batasannya. Hal tersebut lalu dijadikan peluang oleh Florian dengan mendirikan Spark Squared, sebuah perusahaan yang menerima jasa membuat dunia di Minecraft.


Sumber: kotaku.com

Karena kamu bisa membuat APAPUN dengan bebasnya di Minecraft, maka kamu bisa membuat dunia fantasimu sendiri, menirukan dunia yang ada di media populer lain, atau membuat diorama dari bangunan yang ada di dunia nyata. Pada dasarnya minecraft ini mirip mainan Lego, hanya saja bersifat virtual.

Dalam pelaksanaannya Florian menceritakan bahwa proses pembuatan 'dunia' ini tidaklah mudah. Tidak hanya serta merta membuat 'dunia' saja, tapi juga melibatkan proses coding yang cukup menguras waktu dan tenaga. Mereka pun membuat berbagai hal seperti custom tool atau plugin untuk server Minecraft mereka, supaya 'dunia' yang dibuat bisa jadi senyata mungkin.

Florian bercerita bahwa Spark pada awalnya hanyalah sekumpulan bocah remaja yang suka main game Minecraft saja. Tapi sekarang mereka sudah semakin membesar dengan mempekerjakan beberapa pegawai, bahkan mempekerjakan sampai sekitar 40 orang freelancer.


Sumber: kotaku.com

Melihat peluang yang begitu besar Florian bercerita kepada situs kotaku.com bahwa ia berencana untuk bekerja sama dengan sebuah instansi agar dunia Minecraft yang dibuatnya bisa digunakan untuk sarana edukatif. Saat ini mereka sudah berhasil menjalin kerja sama dengan pemerintahan Inggris, terkait  kegiatan pembuatan dan peremajaan jalan tol.

Tujuan kerja sama Spark dengan instansi tersebut adalah membuat anak-anak jadi lebih tertarik dengan ilmu teknik bangunan dan membantu mereka belajar lewat game Minecraft.

BACA JUGA >> Kalau Karakter Boruto dan Naruto Mudik, Mereka Bakal Naik Apa Ya?

Menarik memang melihat game simpel seperti Minecraft bisa punya potensi sebesar itu. Dari yang awalnya cuma sekedar iseng-iseng main game, para pemainnya kini bisa membuat terobosan baru dalam bidang pendidikan dan tentu saja menghasilkan banyak uang. Ikuti terus media sosial duniagames.co.id untuk berbagai bahasan menarik seputar game ya!

SUMBER GAMBAR UTAMA: twitter @spark_squared

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}