Tips & Tricks

Wajib Paham! Micro dan Macro Game, Konsep Penting Dalam MOBA Untuk Menangkan Game!

Micro dan macro game? Jenis makaroni apa itu? Jangan salah, istilah ini wajib kamu pahami supaya bisa lebih mudah memenangkan game di MOBA!

Walau kini genre MOBA bisa dibilang sudah lewat masa keemasannya, namun tetap saja game ini jadi game yang seru untuk dimainkan. Beberapa hal yang membuat genre ini jadi menarik untuk dimainkan dan dipelajari adalah beragamnya karakter, permainan PvP tim, dan juga sistem yang kompleks -- salah satunya adalah micro dan macro game.

Istilah 'ilmiah' micro game dan macro game ini bisa dibilang singkatnya merupakan cara untuk mempelajari hero; dari skill-nya sampai sampai menilai saat-saat penting untuk melakukan sesuatu. Nah, jadi apa sih maksud macro game atau micro game yang lebih lengkap? DuniaGames bakal bahas satu per satu, dan kali ini mari kita bahas dari macro game!

Micro dan Macro Game, Melihat Permainan Lebih dari Sekadar Hero dan Pertarungan!


Sumber: reddit.com

Dalam permainan MOBA, aspek hero dan aspek gameplay bisa dibilang jadi dua hal yang berbeda. Hal ini yang membagi permainan menjadi dua bagian yaitu micro dan macro. Dua istilah ini sendiri datang dari moyang genre MOBA, yaitu RTS.

Sesuai arti dari kata mikro yaitu kecil, micro game bisa dibilang merupakan aspek permainan yang sifatnya berskala kecil dan berkutat pada apa yang kamu kendalikan langsung. Contoh sederhananya adalah memahami cara main dari suatu hero, fungsi dari masing-masing skill hero, serta bagaimana skill tersebut bisa dikombinasikan.

Lalu apa itu macro game? Simpel saja. Kalau micro adalah skala kecil permainan, maka macro game ini adalah skala besar permainan yang fokusnya adalah jangka panjang; untuk menghancurkan bangunan inti dan memenangkan permainan.

Contoh sederhana dari macro game adalah map awareness. Kalau kamu belum tahu, maksud map awareness adalah tingkat kesadaran kamu dengan hal-hal apa saja yang sedang terjadi di minimap -- pergerakan karakter timmu dan lawan, kondisi Tower, creep, dan lain-lain.

Ada juga time awareness yang menggambarkan tingkat kesadaranmu dengan jalannya waktu permainan. Pokoknya semua yang berkaitan dengan objektif besar permainan, bisa dianggap sebagai macro game.

Baca Juga: >> Wajib Tahu Kalau Mau Tambah Jago! Inilah 5 Istilah Asing di Berbagai Game MOBA!

Penerapan Micro dan Macro Game di Dalam MOBA


Sumber: mobilegamerhub.com

Contoh penerapan macro game paling sederhana di dalam MOBA sendiri adalah permainan dengan strategi split push. Permainan ini sangat berfokus kepada macro game karena lebih mengejar objektif permainan untuk menghancurkan bangunan sampai ke inti, dibanding mencari cara untuk memenangkan teamfight.

Strategi ini juga biasanya cenderung menghindari pertarungan skala besar sehingga kemampuan map awareness dan rotasi hero yang merupakan bagian penting dari macro game jadi luar biasa penting untuk dikuasai.

Namun macro game juga tidak melulu soal map awareness. Karena ada juga time awareness atau timing; kamu harus paham kapan waktu yang tepat untuk mencari pertarungan. Kalau di AoV contohnya adalah mencari waktu yang tepat untuk memperebutkan Abyssal Dragon atau Dark Slayer. Kalau di Mobile Legends, kapan waktu yang tepat untuk mengambil Turtle atau Lord.

Misal kamu ingin melatih pemahaman macro game, coba mainkan peran sebagai support yang biasanya roaming atau keliling dari satu lane ke lane lain. Role yang satu ini memaksa kamu untuk memahami macro game, karena fokus kamu adalah memperhatikan kondisi kawan di berbagai lain dan juga memperhatikan apa yang terjadi seiring waktu permainan berjalan; dibanding menjadi carry yang fokusnya lebih micro game yaitu memenangkan lane yang kamu tempati.

BACA JUGA >> Inilah Lima Skill Hero Mobile Legends yang Mirip Banget Sama Skill Hero Dota 2!

Itu dia kurang lebih pembahasan singkat soal micro dan macro game di dalam MOBA. Ikuti terus media sosial duniagames.co.id untuk berbagai bahasan seputar game ya!

SUMBER GAMBAR UTAMA: kroizat.deviantart.com

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games