Review

[REVIEW] ASUS TUF Gaming FX504, Laptop Gaming Terjangkau yang Bukan ROG

Penasaran dengan spesifikasi dan performa dari ASUS TUF Gaming FX504, laptop gaming yang bukan bagian dari ROG? Yuk simak ulasannya di sini!

Pada bulan Mei 2018 lalu ASUS telah memperkenalkan seri terbaru laptop gaming-nya. Tak tanggung-tanggung, terdapat tiga produk yang diperkenalkan untuk tiga segmen yang berbeda; di mana ketiga laptop gaming tersebut telah menggunakan prosesor Intel generasi kedelapan, Coffe Lake. Salah satu yang diunggulkan adalah varian ASUS TUF Gaming FX504, di mana varian tersebut merupakan produk terbaru ASUS yang diperuntukan bagi gamer yang mencari sebuah laptop gaming berkualitas namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Sumber gambar: DuniaGames

Brand The Ultimate Force (TUF) pada awalnya hanya digunakan pada varian motherboard produksi ASUS, dimana motherboard tersebut memiliki sepertifikasi daya tahan yang sangat baik sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang. Meskipun mengusung brand yang sama, tetapi keunggulan dari laptop ini bukan dari motherboard-nya, melainkan pada daya tahan pemakaian dan diklaim memiliki umur yang lebih panjang dari laptop gaming biasanya.

Mungkin kamu bakal mempertanyakan mengapa ASUS menciptakan laptop gaming dengan merek TUF dan bukannya Republic of Gaming atau ROG seperti yang sudah-sudah?

ASUS menjawab alasannya adalah karena merek produk ROG kini telah naik kelas dan rata-rata produk yang diciptakannya memiliki harga yang lebih mahal. Oleh sebab itu, ASUS menciptakan merek produk baru bernama TUF agar dapat memberikan sebuah laptop gaming berkualitas layaknya ROG namun dengan harga yang lebih enak dikantong.

Sumber gambar: DuniaGames

BACA JUGA >> ASUS FX503, Laptop Entry Gaming Powerfull Harga Miring!

Lini TUF Gaming sendiri dipastikan menghadirkan produk dengan harga lebih terjangkau, namun tetap memiliki durabilitas dan performa tinggi serta berbagai fitur gaming dari seri ROG yang telah diadaptasi sesuai dengan kebutuhan para gamer saat ini.

TUF Gaming FX504 sendiri mengusung layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD (FHD). Sedangkan untuk sektor dapur pacunya, laptop ini diperkuat dengan beberapa varian prosesor; di antaranya adalah Intel Core i7-8750H 2.2Ghz dan Intel Core i5-8300HQ 2.3Ghz. Diperkuat lagi dengan RAM 8 GB DDR4, memori penyimpanan 1 TB HDD ditambah SSD 128 GB, serta juga dua varian kartu grafis yang bisa dipilih: yakni Nvidia GTX 1050 Ti dan GTX 1050.

Kebetulan DuniaGames mendapatkan kesempatan untuk mencicipi laptop gaming ASUS TUF FX504 versi Intel Core i5-8300HQ 2.3Ghz dengan 4 GB Nvidia GTX 1050. Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari laptop gamingtersebut.

Sumber gambar: DuniaGames

Sumber gambar: DuniaGames

Sumber gambar: DuniaGames

Sumber gambar: DuniaGames

ASUS TUF Gaming FX504 yang kru DuniaGames pegang ini merupakan versi mainstream. Disamping harganya yang mampu bersaing dengan beberapa merek lainnya, spesifikasi yang ditawarkan juga dapat diandalkan. Layar Full HD menggunakan panel IPS berukuran 15,6 inci, membuat komputer jinjing ini memiliki bobot hanya sekitar 2,3 kg. Ditambah dengan adapter yang tidak terlalu besar, membuat laptop ini tidak terlalu berat ketika dibawa kemana-mana.

Meskipun spesifikasi yang ditawarkan adalah prosesor Intel Core i5 generasi kedelapan, tetapi laptop ini tetap bisa diandalkan untuk bermain video game kelas AAA dengan setting-an rendah hingga menengah.

Kapasitas memori atau RAM dari ASUS TUF Gaming FX504 memang telah terpasang 8 GB DDR4, tetapi tersedia slot RAM tambahan yang memungkinkan kamu untuk memasang memori tambahan. Selain itu apabila kapasitas penyimpanan terasa kurang luas, terdapat juga slot M.2 PCIe SSD sebagai tempat penyimpanan kedua agar kinerjanya ini semakin mantap.

Lalu bagaimana dengan desain dan kualitas performa dari ASUS TUF Gaming FX504? Lanjut ke halaman berikutnya yuk!