Anime

Profil Klan Naruto: Empat Alasan Anggota Klan Uchiha Jarang Terlihat Memakai Kage Bunshin

Padahal salah satu jutsu imba, tapi kenapa Klan Uchiha jarang memakai Kage Bunshin? Empat alasan ini mungkin akan menjawab pertanyaan itu!

Tidak bisa dipungkiri, teknik Kage Bunshin merupakan salah satu jutsu yang luar biasa berguna dan multifungsi di dunia Naruto. Dengan menciptakan tiruan yang bisa berpikir sendiri dan pengetahuan mereka dapat diserap lagi jika menghilang, tidak heran sosok Naruto Uzumaki sering mengecoh lawan-lawannya memakai Kage Bunshin.

Akan tetapi meski terbilang sangat bermanfaat kenapa tidak banyak orang yang terlihat sering memakainya -- terutama anggota Klan Uchiha? Tapi jarang bukan berarti 'tidak pernah' atau 'tidak bisa' loh, ya, seperti yang ditunjukkan oleh Sasuke di cerita Boruto. Hanya saja mereka sepertinya enggan menggunakan teknik kuat penuh tipuan ini.

Masashi Kishimoto/Mikio Ikemoto/Ukyo Kodachi/Shueisha/Studio Pierrot

Kira-kira kenapa alasannya? Mari kita coba cari tahu bersama-sama!

1. Sharingan Boros Chakra

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Memiliki dojutsu Sharingan, Klan Uchiha sangat mengandalkan kekuatan itu selama bertarung dan biasanya mengaktifkannya begitu berhadapan dengan lawan. Dan bahkan mulai dari mata berubah warna, Sharingan sudah akan menyerap chakra penggunanya secara perlahan.

Sementara itu tiap kali menciptakan tubuh Kage Bunshin, chakra yang tersimpan dalam tubuh akan terbagi ke dalam tubuh-tubuh tiruan itu agar mereka memiliki sebagian kekuatan pengguna aslinya.

Dari dua kekurangan itu jelas penyeimbangan chakra dalam pertarungan merupakan kepentingan nomor satu bagi Klan Uchiha sehingga mereka lebih memilih untuk menyelesaikan pertarungan secepat mungkin dan tidak memperpanjangnya memakai teknik-teknik Kage Bunshin yang identik dengan serangan jebakan atau kejutan.

2. Gaya Bertarung yang Berbeda

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Poin kedua kurang-lebih masih berhubungan dengan poin sebelumnya, tapi ini lebih menggambarkan cara berpikir Klan Uchiha di medan pertempuran. Dari gaya bertarung Uchiha yang terlihat sejauh ini; baik Madara, Obito, Sasuke, bahkan Itachi; mereka selalu memilih untuk bertarung seorang diri dan melancarkan jurus-jurus yang bertujuan menghancurkan banyak lawan dalam sekali serang. Sebut saja seperti Susano'o atau beragam jutsu Elemen Api khas Uchiha.

Tampaknya rasa kepercayaan diri mereka datang dari leluhurnya. Jika kita mengingat lagi cerita Hagoromo akan kedua anaknya, Indra dan Asura, dia menyebutkan Indra berhasil mendapatkan kekuatan besar dari usahanya sendiri berbeda dengan Asura yang mendapat dukungan banyak orang.

Begitu pula urusannya dengan Kage Bunshin; mereka jarang merasa perlu membuat tiruan dirinya sendiri untuk mengeroyok lawan karena sudah sangat yakin diri mereka sendiri mampu mengalahkan apapun yang menghalangi jalan mereka.

Baca Juga: >> Profil Klan Naruto: 5 Alasan Kenapa Klan Uchiha Amat Ditakuti dan Disegani Ninja-ninja Lain